Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

Saat ini banyak ditemukan beberapa produk kecantikan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Mulai dari beberapa krim hingga alat-alat yang diklaim dapat membuat wajah terlihat beberapa tahun lebih muda. 

Untuk mengetahui cara mencegahnya perlu bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya. Penyebab utama terjadinya penuaan dini adalah berkurangnya kadar kolagen dan elastin pada jaringan kulit. Itulah mengapa penuaan dini dikaitkan dengan kulit yang mengendur dan keriput. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Artikel berikut ini akan membahas tentang penuaan dini dan cara mencegahnya.

Penyebab Penuaan Dini

Penuaan dini adalah beberapa tanda penuaan yang muncul sebelum waktunya. Penuaan dini identik dengan munculnya keriput pada bagian wajah. Penyebab utamanya adalah berkurangnya kadar kolagen dan elastis pada jaringan kulit. Sementara itu penyebab dari berkurangnya kadar kedua zat tersebut adalah beberapa kebiasaan buruk yang tidak kita sadari seperti:

  • Tidak menggunakan tabir surya ketika beraktivitas outdoor
    Selain mengeluarkan panas, sinar matahari juga mengandung sinar ultraviolet yang dampaknya kurang baik pada tubuh. Beberapa dampak buruk tersebut adalah kulit yang terpapar menjadi keriput sebelum waktunya, muncul bintik-bintik kecoklatan, dan pastinya kulit menjadi lebih gelap warnanya.

    Daerah yang sering terkena dampak adalah bagian wajah, tangan dan kaki. Bila kulit terus-menerus terpapar sinar ultraviolet dapat mengakibatkan kanker kulit. Untuk mengurangi dampak tersebut sebaiknya Anda menggunakan topi, payung, pakaian longgar tertutup.

    Apabila mungkin gunakan juga tabir surya yang dikenal dengan sunblock yang memiliki SPF minimal 15 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Gunakan sunblock baik di waktu cerah maupun mendung karena kadar ultraviolet paling banyak terdapat pada pukul 11  siang hingga 3 sore. 
  • Merokok
    Merokok tidak baik bagi kesehatan organ pernapasan. Selain itu juga berdampak buruk pada kulit Anda. Hal ini karena dengan merokok sebenarnya Anda memasukkan racun ke dalam tubuh.

    Racun tersebut berperan dalam menghambat nutrisi yang seharusnya diterima oleh bagian-bagian kulit. Selain itu kulit yang sering terkena asap rokok dapat berubah menjadi kusam dan cepat keriput. 
  • Minum minuman beralkohol secara berlebihan
    Minum minuman beralkohol kurang baik bagi tubuh karena alkohol dapat mengurangi kadar zat penting bagi tubuh seperti vitamin A, B3 dan C. Ketiga vitamin tersebut adalah antioksidan yang berperan penting untuk regenerasi sel-sel dalam tubuh. Selain mencegah penuaan dini, antioksidan tersebut dapat menghalau efek radikal bebas pada tubuh. 
  • Kurang istirahat
    Tidur yang berkualitas berpengaruh pada kesehatan tubuh dan penuaan dini. Kurang berkualitasnya tidur dapat menyebabkan kulit nampak kurang segar dan bila tidak segera ditangani kulit akan cepat keriput. 
  • Makan makanan kurang sehat
    Sekarang banyak ditemui makanan instan dan cepat saji di sekitar Anda. Makanan tersebut mengandung gizi yang buruk dan menyebabkan penuaan dini. Makanan tersebut mengandung lemak trans gula dan karbohidrat berlebih yang memicu peradangan kronis dan berkurangnya kadar kolagen pada jaringan kulit.

    Untuk mencegah hal buruk tersebut sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti kacang-kacangan, buah berry, teh hijau, brokoli dan wortel. Makanan tersebut kaya akan vitamin E dan A yang baik untuk kulit. 

Cara Mencegah Penuaan Dini

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama dari penuaan dini, Anda pasti ingin mengetahui cara untuk mencegahnya. Untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan hasil yang optimal sebaiknya berkonsultasi pada dokter spesialis kulit. Namun Anda juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara mencegah penuaan dini:

  • Memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat
    Terdapat pepatah bahwa kesehatan dalam tubuh akan terpancar melalui wajah. Bila tubuh sehat maka kulit akan terlihat cerah. Agar diperoleh tubuh yang sehat, Anda perlu menjaga pola makan menjadi lebih sehat dan rajin berolahraga.

    Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan manis karena makanan manis dapat merusak kolagen dan menghancurkan antioksidan yang berada dalam tubuh. Sama halnya dengan merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Mengurangi stress
    Stress ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit lho! Penjelasannya adalah karena kondisi psikologis ketika stres leukosit telomere mengalami pemendekan. Pemendekan leukosit tersebut memicu terjadinya penuaan dini pada seseorang. Itu sebabnya seseorang yang sedang stres biasanya mukanya suram dan cepat sekali keriput. 
  • Menggunakan tabir surya secara teratur
    Seperti dijelaskan sebelumnya pemakaian tabir surya mencegah sinar ultraviolet mengenai kulit secara langsung. Sinar ultraviolet dapat menghambat proses pembentukan kolagen pada kulit. Kulit yg terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa menggunakan tabir Surya biasanya lebih gelap, kering dan kasar.
  • Menggunakan krim malam sebelum tidur
    Jika pada pagi hari Anda menggunakan tabir surya maka pada malam hari Anda akan diresepkan oleh dokter untuk menggunakan krim malam. Krim malam ini biasanya digunakan 5 sampai 10 menit sebelum tidur.

    Krim malam ini biasanya mengandung retinoic acid atau tretinoin pada dosis paling rendah (0,25%). Tretinoin adalah turunan dari vitamin A yang berfungsi untuk memicu tubuh menghasilkan kolagen. Kadar kolagen yang cukup pada kulit dapat menyamarkan kerutan pada wajah. 

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best Anti-Aging Tips of All Time. Health.com. (https://www.health.com/beauty/best-anti-aging-tips)
Fighting against Skin Aging. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6047276/)
Can the Aging Process Be Reversed or Prevented? 5 Things to Know. University of Pennsylvania Health System | Penn Medicine. (https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2019/july/anti-aging)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app