Pengaruh Permen Karet Xylitol pada Gigi Berlubang

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pengaruh Permen Karet Xylitol pada Gigi Berlubang

Permen karet bebas gula yang sudah banyak beredar diklaim oleh produsennya memiliki kandungan zat Xylitol sebagai substitusi atau pengganti gula di permennya. 

Kandungan ini diyakini dapat mencegah gigi berlubang dan mampu memperkuat gigi Anda. Apakah hal tersebut benar ? Atau hanya pemanis iklan saja? Berikut ini penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Kenali terlebih dahulu, apa itu xylitol ?

Xylitol merupakan jenis karbohidrat alami yang memiliki bentuk dan rasa mirip gula pasir biasa. Namun, gula pasir dibuat dari olahan tebu, sedangkan zat xylitol dibuat dari ekstraksi tanaman berserat kayu, misalnya pohon Birch (Betula pendula/papyrifera). 

Selain itu juga terdapat dalam buah dan sayur, sepertikembang kol, stroberi, dan buah plum. Untuk xylitol dalam permen karet bebas gula, produsen mengekstraksi dari sumber daya yang lebih terbarukan, yaitu kayu keras dan bonggol jagung.

Xylitol memiliki kandungan rendah kalori (2,4 kcal/gr) dibandingkan gula pasir (4 kcal/gr). Perbedaan rasa keduanya adalah saat xylitol dikonsumsi, tidak meninggalkan sensasi eneg namun terasa dingin. Sedangkan gula pasir biasanya akan menjadikan sensasi eneg.

Cara kerja permen karet xylitol dalam mencegah gigi berlubang

Gigi berlubang diakibatkan oleh asam yang diproduksi oleh bakteri plak gigi. Dimana ketika Anda mengkonsumsi gula, manis gula akan dijadikan sumber makanan bakteri, sehingga bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak. Kemudian menghasilkan asam yang mampu mengikis lapisan enamel gigi Anda.

Xylitol diyakini dapat mencegah gigi berlubang karena zat ini tidak dapat diserap oleh bakteri, karena sifatnya yang merupakan ekstrak tanaman sehingga tidak mudah dipecah. 

Maka, akan menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi. Selain itu, juga xylitol mampu menetralkan tingkat pH mulut sehingga tidak ada sifat asam yang mengikis gigi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Selain manfaat di atas, xylitol juga mampu membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut yang berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut Anda. 

Konsumsi gula yang berlebihan akan mengganggu produksi air liur. Jika Anda konsumsi gula satu sendok dalam sehari, sistem pertahanan dalam mulut Anda oleh air liur masih bisa bekerja secara optimal.

Sebuah studi mengungkapkan fakta bahwa konsumsi zat xylitol dapat membantu Anda memperbaiki terjadinya kerusakan pada lapisan enamel gigi. Dibuktikan bahwa air liur dengan kandungan xylitol di dalamnya lebih bersifat basa dibandingkan yang mengandung gula biasa. 

Konsumsi xylitol, mampu menaikkan tingkat asam amino dan ammonia pada air liur serta plak, selain itu, pH plak juga mengalami peningkatan. Saat pH lebih dari tujuh, kalsium dan fosfat garam yang terkandung di dalam air liur Anda akan mulai melapisi enamel gigi dan menguatkannya.

Apakah terbukti permen karet xylitol efektif untuk merawat gigi?

Banyak penyebab gigi berlubang, termasuk juga keturunan. Dibuktikan oleh sebuah studi bahwa orang tua dengan riwayat kerusakan gigi juga dapat menyebabkan anaknya yang baru lahir rentan terhadap kerusakan gigi. Maka banyak juga anak-anak yang mengalami gigi busuk/berlubang.

Studi di Skandinavia membuktikan dari penelitiannya dimana seorang anak yang rutin selama tiga tahun, sikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride dan kandungan xylitol di dalamnya mengalami penurunan risiki hingga tiga belas persen dari gigi berlubang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Namun, pembuktian manfaat kandungan xylitol yang diyakini mampu menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang masih dianggap sedikit oleh para peneliti. 

Bahkan tidak ada sama sekali bukti manfaat kandungan ini di produk seperti sirup dan tablet hisap serta permen karet bebas gula. Justru peneliti mengaitkan konsumsi xylitol yang berlebihan (>50 gram sehari) dapat mengakibatkan efek pencahar atau diare.

Jadi, kesimpulannya adalah manfaat baik dari xylitol di produk permen karet bebas gula belum diyakini sepenuhnya. Walaupun, manfaat kandungan ini pada pasta gigi anak sudah terbukti, tetapi mungkin dapat berbeda jika pada permen karet bebas gula. 

Maka dari itu, guna menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang, dokter menyarankan, selain mengkonsumsi permen karet bebad gula, sebaiknya Anda rutin menyikat gigi dua kali sehari, melakukan kumur dengan obat kumur, membersihkan lidah Anda dan melakukan flossing menggunakan benang gigi. Selalu konsultasi dan periksakan ke dokter jika Anda mengalami keluhan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Xylitol: Uses, effects, and possible benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324155.php)
Cavities/tooth decay - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/cavities/DS00896/DSECTION=symptoms)
Xylitol: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-996/xylitol)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Beda Karies Gigi Dan Gigi Berlubang
Beda Karies Gigi Dan Gigi Berlubang

Karies gigi terjadi karena rusaknya struktur dan lapisan gigi. Kerusakan ini terjadi secara bertahap. Berawal dari terkikisnya lapisan terluar gigi atau enamel gigi, kerusakan berlanjut dengan rusaknya dentin atau lapisan tengah gigi.

Buka di app