Pemilihan Produk Kecantikan Untuk Ibu Hamil

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Pemilihan Produk Kecantikan Untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang menjalani masa kehamilannya memang rentan sekali dengan segala macam produk yang dipakai ataupun yang dikonsumsi karena apa yang dipakai dan dikonsumsi oleh ibu hamil juga akan berpengaruh kurang dan lebih nya pada janin yang dikandung si ibu hamil. 

Nah bagaimana dengan obat-obatan dan produk kecantikan, apakah ibu hamil aman dalam memakai segala macam obat dan produk kecantikan? Ya memang layaknya wanita lain pada umumnya, ibu hamilpun tentunya ingin terlihat cantik dan glowing di masa-masa kehamilannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Oleh karena itu di artikel kali ini, kita akan sharing produk dan obat obat kecantikan mana saja yang aman dipakai oleh para ibu hamil.

Produk – produk kecantikan untuk Ibu Hamil

Perawatan bagi ibu hamil memang wajar dan lumrah dilakukan layaknya wanita lain pada umumnya. Pada trimester pertama kehamilan mungkin akan muncuk beberapa keluhan pada kulit wajah akibat adanya perubahan hormon pada ibu hamil dan akan membaik di trimester kedua karena tubuh si ibu sudah dapat menyeimbangkan dan beradaptasi dengan perubahan hormon – hormon tersebut. 

Nah dibawah ini ialah produk produk kecantikan yang harus Anda perhatikan pemakaiannya selama masa kehamilan berlangsung seperti :

Lipstick

Produk pemerah bibir ini memang merupakan salah satu make up wajib yang selalu dan sering dipakai oleh setiap wanita. Lalu bagaimana keamannya untuk para bumil yang tentunya juga ingin memoleskan lipstick pada bibirnya? 

Pemakaian lipstick pada ibu hamil harus diperhatikan dengan lebih ekstra lagi pada bagian kandungan bahan dan material apa saja yang terdapat pada lipstick tersebut. Ingat untuk tidak mengkonsumsi lipstick dengan kandungan timbal di dalamnya karena dapat menyebabkan keracunan.

Kandungan timbal sendiri sering ada pada lipstick karena mampu menguatkan warna lipstick agar lebih tahan lama menempel di bibir si pemakai. Oleh karena itu harap memperhatikan setiap kandungan lipstick sebelum Anda memakainya.

Kuteks

Sedari dahulu, pemakaian kuteks ialah wajib adanya untuk para wanita yang mempercantik ingin jari jari kuku tangan dan kakinya. Lalu amankah pemakaian kutesk atau cat kuku ini bagi para ibu hamil?

Sebenarnya kuteks yang dipakai oleh para ibu hamil sifatnya aman aman saja selama tidak mengandung kandungan phthalates. Ini dikarenakan kandungan phthalates dapat meningkatkan resiko bayi lahir cacat sehingga sangat berbahaya bila dipakai oleh para ibu hamil.

Bila para ibu hamil ingin tetap menggunakan kuteks, pakaila kuteks yang aman dan berlabel phthalates-free, jangan lupa untuk kutekan di tempat yang terbuka sehingga ibu hamilpun tidak banyak menghirup bahan bahan kimia yang terdapat pada kuteks.

Produk Perawatan Wajah

Sebenarnya sah sah aja saat seorang ibu hamil ingin tetap menggunakan produk produk perawatan wajahnya selama masa kehamilan. Namun yang butuh para ibu hamil ketahui bahwa ada beberapa kandungan yang sebaiknya tidak ada dalam produk perawatan kecantikan yang dipakai selama masa kehamilan. 

Adapun beberapa kandungan yang dilarang dipakai saat masa kehamilan ialah kandungan accutane (isotretinoin), retin-A (tretinoin), retinol, asam retinoat, BHA, beta hydroxy acid, differin (adapelene), asam salisilat, dan tetrasiklin. Hal ini dikarenakan penggunaan perawatan wajah yang mengandung bahan bahan terlarang seperti diatas dapat meningkatkan resiko cacat lahir serta berbagai komplikasi dan masalah kehamilan lainnya.

Zat zat terlarang tersebut biasanya banyak ditemukan pada toner wajah, obat jerawat, pembersih wajah serta produk perawatan anti aging atau penuaan. Nah ada juga beberapa kandungan yang aman yang terdapat dalam beberapa produk perawatan wajah yang dapat para ibu hamil pakai selama masa kehamilan seperti kandungan AHA (alpha hydroxy acid), asam glikolat atau asam laktat, asam azelat, eritromisin, klindamisin dan benzoil peroksida .

Cat Rambut

Sesuai namanya, pemakaian cat rambut banyak digunakan sekarang ini selain untuk menutupi uban dan rambut putih, namun juga sebagai trend kecantikan dimana warna rambut para muda mudi jama sekarang ini memang beraneka rupa baik satu warna, dua warna sampai campuran beberapa warna yang dikenal dengan sebutan rambut ombre.

Untuk pemakaian cat rambut sendri belum ada penelitian medis yang melarang para ibu hamil dalam mengecat rambut namun dokter akan menyarankan untuk tidak mengecat rambutmu selama masa kehamilan karena dikhawatirkan akan terserap oleh tubuhmu dan membawa dampak bagi kesehatan janin yang sedang dikandung oleh para ibu hamil. 

Semoga informasi kali ini berguna bagi para ibu hamil. Menjadi cantik selama kehamilan memang wajar dan sah sah saja kok guys, namun yang terpenting perhatikanlah kandungan apa saja yang ada dalam produk kecantikan agar Anda dan kandungan janin selalu aman dan terlindungi. 

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pregnancy Skincare: What's Safe for Your Face and Body. Parents. (https://www.parents.com/pregnancy/my-life/beauty/pregnancy-skincare-whats-safe-for-face-and-body/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app