Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Manfaat dan Cara Melakukan HIIT

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 608.882 orang

HIIT atau high intensity interval training merupakan kombinasi latihan kardio intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi singkat. Latihan HIIT biasanya dilakukan dalam waktu 20-50 menit. Meskipun dilakukan dalam durasi yang singkat, latihan ini memiliki dampak luar biasa. 

Melakukan HIIT dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak baik selama latihan maupun setelahnya. Selain itu, olahraga HIIT juga praktis dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Durasi yang singkat, membuat latihan HIIT dapat dilakukan disela-sela jadwal yang padat.

Cara Melakukan HIIT

Anda bisa melakukan HIIT menggunakan olahraga yang disukai. Misalnya jika olahraga yang Anda sukai adalah sepeda, maka bersepedalah selama 2 menit, kemudian kayuh sepeda secepat mungkin selama 45 detik, kemudian kayuh sepeda secara normal selama 2 menit. 

Ulangi kegiatan tersebut selama 20 menit. Bila perlu Anda bisa meningkatkan kecepatan bersepeda dan durasi waktu.

Selain bersepeda, Anda juga bisa menggabungkan beberapa latihan dalam satu rutinitas, mulai dari jogging, plank, squad, bersepeda, lompat tali, hingga angkat beban. Durasi waktu yang digunakan untuk latihan dan beristirahat adalah 1:2. Lakukanlah gerakan dalam 1 menit dan beristirahatlah selama 2 menit. 

Lanjutkan dengan beberapa gerakan lain dengan durasi yang sama selama 20 menit. Jika menginginkan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi, Anda bisa membalik durasinya menjadi 2:1.

Gerakan HIIT untuk pemula

Berikut beberapa kombinasi gerakan yang dapat dilakukan saat olahraga HIIT, seperti:

Jumping jack

Gerakan ini dimulai dengan gerakan berdiri, kemudian melompat dengan membuka kaki diikuti gerakan tangan menepuk di atas kepala. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Plank

Gerakan ini dimulai dengan posisi push-up dengan tangan menekuk membentuk sudut sembilan puluh derajat. Tahan posisi ini selama 30 detik. Usahakan posisi punggung lurus dan kepala menghadap ke bawah.

Squat thrust

Gerakan ini dimulai dengan posisi berdiri, kemudian jongkok, kemudian push-up, kemudian jongkok lagi, dan berdiri. Ulangi gerakan ini sebanyak-banyaknya selama 1 menit.

Squat jump

Gerakan ini dimulai dengan posisi berdiri, kemudian melompat jongkok, dan melompat berdiri. Lakukan gerakan ini selama 30 menit.

Ladder exercise

Gerakan ini dilakukan dengan naik-turun tangga selama 1 menit.

Sit-up

Gerakan ini dimulai dengan posisi terlentang dan tangan menyilang di dada atau dekat telinga. Tekuk kedua lutut dan angkatlah badan menuju ke lutut. Kemudian secara perlahan letakkan badan kembali ke lantai. 

Agar mudah melakukan gerakan ini, Anda bisa meminta bantuan teman memegang kaki. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

Manfaat melakukan HIIT

HIIT merupakan olahraga dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi singkat. Selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, melakukan HIIT juga dapat membakar lemak lebih banyak.

Meningkatkan kebugaran tubuh

HIIT biasanya terdiri dari gerakan kardio yang bermanfaat untuk menguatkan jantung. Hal ini menyebabkan aliran darah menjadi lebih baik, sehingga aliran oksigen dapat mengalir dengan cepat menuju ke otot

Selain itu, jantung yang sehat akan membuat stamina meningkat dan metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik, sehingga tubuh menjadi bugar dan aktif melakukan kegiatan apapun.

Membakar lemak tubuh

HIIT yang dilakukan secara rutin akan meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat membakar lemak lebih banyak baik selama berolahraga maupun setelahnya. 

Melakukan HIIT selama 15 menit mampu membakar kalori lebih banyak dibandingkan lari selama 1 jam. Semakin lama Anda melakukan latihan interval, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Panduan Latihan Squat Jump yang Tepat
Panduan Latihan Squat Jump yang Tepat

squat jump merupakan salah satu latihan yang dapat dibilang aman dilakukan oleh segala usia dan jenis kelamin. Namun hal ini berlaku kalau anda melakukan latihan squat jump ini dengan teknik yang benar. Apabila anda masih bingung melakukan teknik squat jump, maka ikuti panduan ini :

3 Jenis Latihan Barbell yang Dapat Dilakukan Oleh Pemula
3 Jenis Latihan Barbell yang Dapat Dilakukan Oleh Pemula

Namun dengan melakukan 3 jenis latihan seperti di bawah, Anda dapat melakukan latihan yang menargetkan semua otot-otot di tubuh Anda dengan cara yang mudah dan sederhana. Berikut adalah 3 latihan menggunakan barbel yang cocok dilakukan bagi pemula.