Tabata, Latihan Untuk Anda yang Super Sibuk

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 1 menit
Tabata, Latihan Untuk Anda yang Super Sibuk

Tabata, mungkin masih cukup asing di telinga. Inilah latihan bagi Anda yang benar-benar tidak punya waktu untuk berolahraga di gym. Memang, beroahraga di pusat kebugaran dianggap lebih efektif ketimbang berolahraga sendiri. Namun, tidak semua orang memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga di sana. Anda harus mengemudi ke gym, mencari parkir, memakai pakaian olahraga, berlari di treadmill, mengangkat beban, peregangan dan akhirnya mandi, mengumpulkan barang-barang dan pulang. Semua ini dapat memakan setidaknya satu jam, atau lebih. 

Memiliki waktu selama satu jam atau lebih di pusat kebugaran adalah hal yang menguntungkan. Anda tak perlu menyesalinya karena itu benar-benar bermanfaat. Tapi, kenyataannya, tak semua orang punya waktu selama itu. Lalu, bagaimana?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Pertimbangkan untuk melakukan latihan Tabata, jenis latihan interval yang akan menaikkan ritme jantung Anda dan membuat Anda bisa diselesaikan hanya dalam waktu empat menit. Untuk melakukannya, Anda harus mengulangi interval latihan selama 20 detik, usahakan melakukan repetisi sebanyak yang Anda bisa, ikuti dengan 10 detik istirahat untuk total delapan putaran. Bagian terbaiknya? Hal ini dapat dilakukan dengan apapun jenis gerakan  yang Anda pilih.

Tabata adalah latihan jantung dan pembakar lemak serta kalori yang baik, dapat Anda lakukan di mana dan kapan saja. Jika Anda hanya memiliki waktu lima menit, lakukan satu set. Punya waktu 10 atau 15 menit? Ulangi 2-3 kali. 

(Tabata tradisional menuntut pengulangan latihan yang sama selama 8 putaran, tapi kami memodifikasinya. Idealnya, Anda melakukan dua set atau putaran gerakan setiap latihan sebelum pindah ke gerakan yang berikutnya untuk total delapan putaran. Dengan cara ini Anda akan dapat melatih semua kelompok otot utama hanya dalam waktu empat menit)

Pelajari petunjuk di bawah ini, dan pastikan untuk melakukannya setiap hari, tak peduli seberapa sibuk pun hari-hari Anda. 

Squat jump 20 detik
Istirahat 10 detik
Push up 20 detik
Istirahat 10 detik
Burpee 20 detik
Istirahat 10 detik
Squat jump 20 detik

Istirahat 10 detik
Push up 20 detik
Istirahat 10 detik
Burpee 20 detik
Istirahat 10 detik
Sit up 20 detik.

Cara melakukan Burpee; berdiri tegak, lalu berjongkok dengan kedua tangan menumpu lantai di depan tubuh. Lempar kedua kaki ke belakang hingga membentuk posisi push up, lakukan push up satu kali, kembali jongkok, berdiri lagi lalu melompat.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best Tabata Apps of 2018. Healthline. (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/tabata-apps)
Tabata: Burn Fat With This 4-Minute Workout. WebMD. (https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/the-4-minute-fat-loss-workout)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?
Manakah Yang Lebih Efektif Dalam Menurunkan Berat Badan: Latihan Kekuatan Otot Atau Kardio?

Dua olahraga tersebut sama pentingnya bagi kesehatan tubuh. Tetapi apabila tujuannya untuk menurunkan berat badan, maka akan lebih baik jika Anda melakukan latihan kardio. Bukan karena latihan kekuatan otot tidak lebih baik, tetapi karena latihan kardio memiliki kecepatan yang berbeda dalam membakar kalori.

Buka di app