Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Nitrit Oksida: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.935.488 orang

Nitrit oksida atau nitrogen monoksida adalah senyawa kimia dengan rumus kimia NO. Gas nitrit oksida adalah molekul pemberi sinyal yang penting pda tubuh mamalia termasuk manusia dan sangat penting juga di industri kimia

Nitrit oksida juga polutan udara beracun yang dihasilkan mesin otomobil dan plant listrik. Nitrik oksida berbeda dengan nitrous oksida (N2O), anaestetik general, atau disamakan dengan nitrogen oksida (NO2) yang merupakan polutan udara lain. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Molekul nitrit oksida adalah radikal bebas, yang relevan atas sifat reaktivitasnya yang tinggi. Nitrit oksida berekasi denan ozon di udara untuk  membentuk nitrogen dioksida, yang disinyalit adanya warna cokelat kemerahan.

Nitrit oksida adalah gas yang dapat dihirup. Nitrit oksida bekerja dengan merelaksasi otot halus untuk memperlebat pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang ada di paru-paru.

Nitrit oksida digunakan bersama dengan alat bantu pernapasan (ventilator) untuk mengobati bayi gagal penapasan pada bayi yang prematur. Bayi Anda akan menerima pengobatan ini di neonatal invetensive care unit (NICU) atau seting rumah sakit yang serupa. 

Nitrit oksida juga digunakan untuk tujuan yang tidak terdaftar di petunjuk medis ini.

Indikasi Nitrit Oksida

Nitrit oksida diindikasikan untuk memperbaikin oksigenasi dan menurunkan kebutuhan terhadap oksigenasi membran ekstrakorporeal pada saat dan sebelum (>34 minggu gestasi) neonat kegagalan pernapasan hipoksik yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pulmonari klinis.

Cara kerja Nitrit Oksida

Nitrit oksida adalah senyawa kimia yang dihasilkan banyak sel pada tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Nitrit oksida merelaksai otot halus vaskular dengan mengikatkan pada heme moiety cytosolic guanylate cyclase, mengaktivasi guanylate cyclase dan meningkatkan level cyclic guanosine 3’,5’-monophosphate intraseluler, yang menyebabkan vasodilasi. Saat dihirup, nitrit oksida menghasilkan vasodilasi pulmonari.

Cara menggunakan Nitrit Oksida

Nitrit oksida dihirup ke paru-paru bayi melalui mulut atau hidung. Bayi Anda juga dapat menggunakan tabung pernapasan ke ventilator (mesin yang menggerakkan udara kedalam dan keluar dari paru-paru untuk membantu bayi bernafas lebih mudah dan mendapatkan oksigen yang cukup). 

Nitrit oksida biasanya diberikan selama 14 hari. Bayi Anda mungkin akan diberi pengobatan ini sedikit-sedikit, dan akan dikurangi sedikit demi sedikit sebelum pengobatan dihentikan seutuhnya. 

Pernafasan, tekanan darah, kadar oksigen dan tanda vital lain bayi anda akan diawasi selama pengobatan dengan nitrit oksida. Hal ini akan membantu dokter untuk menentukan berapa lama pengobatan akan berlanjut menggunakan nitrit oksida. Anak Anda mungkin akan membutuhkan tes darah.

Efek samping Nitrit Oksida

Nitrit oksida dapat menyebabkan beberapa efek samping, tapi bayi Anda mungkin mengalami nafas yang berbunyi, darah pada urin, atau pneumotoraks. Terdapat kemungkinan bahwa bayi Anda mungkin mengalami kesulitan benapas setelah pengobatan nitrit oksida dihentikan. 

Beberapa masalah ini membutuhkan pengobatan lanjutan oleh tenaga medis profesional. Bayi Anda akan dalam supervisi konstan selama pengobatan dengan nitrit oksida. Efek samping yang telah disebutkan bukan merupakan daftar efek samping yang lengkap.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Melewatkan dosis Nitrit Oksida

Karena nitrit oksida diberikan oleh tenaga medis profesonal, bayi Anda memiliki kemungkinan sedikit untuk melewatkan dosis.

Farmakodinamis

Hipertensi pulmonari persisten pada bayi baru lahir terjadi karena kecacatan pperkembangan atau kondisi sekunder terhadap penyakit lain seperti meconium aspiration syndrome (MAS), pneumonia, sepsis, hyaline membrane disease, congential diaphragmatic hernua (CDH), dan pulmonary hypoplasia.

Overdosis Nitrit Oksida

Karena nitrit oksida diberikan dengan seting medis yang terkontrol yang diberikan oleh tenaga medis profesional, overdosis kecil kemungkinannya terjadi. Namun, overdosis nitrit oksida tidak diharapkan akan menyebabkan gejala yang membahayakan jiwa.

Pantangan terhadap Nitrit oksida

Ikuti instruksi dokter Anda mengenai pantangan dalam pemberian makan,  pengobatan, atau aktivitas setelah bayi Anda diobati dengan nitrit oksida.

Informasi tambahan

Ingat untuk menyimpan nitrit oksida jauh dari jangkauan anak-anak, jangan memberikan obat Anda kepada orang lain, dan gunakan obat sesuai dengan indikasi yang diresepkan. Selalu konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikan informasi yang diberikan di sini sesuai dengan kondisi Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini