Merubah Aturan Pola Minum Anda Sesuai Kondisi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Merubah Aturan Pola Minum Anda Sesuai Kondisi

Meminum sebanyak 8-9 cangkir per hari memanglah dianjurkan, namun hal tersebut sangat tidak dianjurkan jika Anda melakukan banyak aktivitas harian yang mengeluarkan banyak cairan.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memodifikasi Aturan Minum Anda

Anda sebaiknya melakukan modifikasi total cairan tubuh berdasarkan dari banyaknya aktifitas yang Anda lakukan setiap harinya. Berikut beberapa faktor yang dapat Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memodifikasi aturan minum Anda :

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

1. Berolahraga

Jika Anda berolahraga dan terlibat dalam berbagai aktifitas yang membuat Anda   berkeringat, Anda membutuhkan ekstra minuman untuk mengganti cairan yang keluar. 400-600 ml cairan ekstra (sekitar 1,5 hingga 2,5 cangkir) sangat baik dikonsumsi jika Anda melakukan olahraga singkat. Namun jika Anda melakukan latihan berat, Anda harus menambah asupan lebih lagi. Minuman bernatrium sangat dianjurkan, karena dapat membantu Anda mengganti natrium yang hilang dalam keringat dan mengurangi kemungkinan hipotermia.

2. Lingkungan

Udara panas dan menyengat dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan cairan tambahan. Ruangan berudara panas juga dapat membuat kulit Anda kehilangan kelembapannya. Ketinggian lebihdari 8.200 kaki (2.500 meter) dapat memicu peningkatan urinasi dan bernafas menjadi lebih cepat, sehingga lebih banyak cairanyang dibutuhkan. 

3. Sakit dan kondisi kesehatan buruk

Tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan disaat Anda sakit, seperti demam, mual/muntah dan diare. Jika Anda mengalaminya, segeralah konsumsi banyak minuman berenergi.  Di sisi lain, di beberapakondisi seperti gagal jantung dan beberapa tipe penyakit ginjal, hati atau penyakit adrenal dapat mengganggu ekskresi air dan mengharuskan Anda membatasi asupan cairan.

4. Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan cairan untuk tetap terhidrasi, karena sejumlah besar cairan telah digunakan saat menyusui. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil minum 2,3 liter (sekitar 10 cangkir sehari) per hari, sedangkan wanita menyusui hendaknya mengonsumsi 3,1 liter (sekitar 13 cangkit)  setiap harinya.

 

 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Much Water Should You Drink Per Day?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/how-much-water-should-you-drink-per-day)
Water: How much should you drink every day?. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.com/health/water/nu00283)
12 Health Rules You Can Bend: Drink 8 Glasses of Water Daily. WebMD. (https://www.webmd.com/women/features/health-rules-you-can-bend-water)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app