Berapa Banyak Seharusnya Anda Minum?

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Berapa Banyak Seharusnya Anda Minum?

Penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang bergantung pada berbagai faktor, termasuk kesehatan, seberapa aktif aktifitas Anda, dan lingkungan tempat Anda tinggal.  Meskipun  tidak ada rumus tunggal yang cocok untuk semua orang, mengetahui seberapa besar kebutuhan tubuh Anda akan cairan, dapat membantu Anda memperkirakan berapa banyak air yang perlu Anda minum tiap harinya.

Setiap harinya, manusia kehilangan cairan tubuh melakui pernafasan, urin dan feces (kotoran). Agar tubuh dapat bekerja dengan baik, Anda harus mengisi persediaan air tersebut dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung air.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Seberapa Banyak Air yang Harus Anda Minum?

Jadi seberapa banyakkah Anda harus mengonsumsi air setiap hari? Secara umum, para dokter menganjurkan Anda untuk meminum 8-9 cangkir per hari. Berikut penjelasan kalkulasi jumlah tersebut :

Pendekatan 'pergantian'

Rata-rata orang dewasa mengeluarkan urin sebanyak 1,5 liter (6,3 cangkir) per hari. Anda kehilangan hampir sekitar 4 cangkir air putih setiap harinya, melalui pernafasan, keringat dan pergerakan usus. Sedangkan makanan biasanya menyumbang 20 persen dari total asupan cairan. Jika Anda mengonsumsi 2 liter air atau minuman lainnya dalam sehari (kurang lebih 8 cangkir), maka Anda telah menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Delapan 8 ons gelas setiap hari

Pendekatan lainnya adalah konsep “Aturan 8x8”. Aturan ini menyatakan untuk meminum delapan 8 ons gelas cairan setiap hari (sekitar 1,9 liter), karena seluruh cairan dapat dihitung terhadap total harian. Meskipun pendekatan ini tidak didukung oleh kajian ilmiah, banyak orang tetap menggunakannya sebagai pedoman.

Rekomendasi harian

Institute of Medicine menyarankan pria untuk mengonsumsi 3 liter (13 gelas) dari jumlah minuman setiap harinya, sedangkan perempuan sebaiknya mengonsumsi 2,2 liter (sekitar 9 gelas) dari jumlah minuman setiap harinya.

Terlepas dari pendekatan di atas, jika Anda minum cukup cairan sehingga Anda jarang merasa haus dan memproduksi 1,5 liter (6,3 cangkir) serta warna urin tampak normal, itu berarti asupan cairan Anda memadai. Jika Anda khawatir akan hal tersebut, segera cek dengan dokter atau ahli diet terdaftar.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Much Water Should You Drink Per Day?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/how-much-water-should-you-drink-per-day)
How much water should I drink each day?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/306638.php)
How Much Water Should You Drink Every Day?. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/how-much-water-to-drink)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app