Mitos dan Fakta Seputar Leukimia yang Wajib Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mitos dan Fakta Seputar Leukimia yang Wajib Anda Ketahui

Leukemia, atau disebut juga kanker darah, adalah sebuah penyakit yang terjadi ketika sumsum tulang belakang memproduksi terlalu banyak sel darah putih yang abnormal. Sel darah putih yang tidak normal dikenal dengan nama sel leukemia. 

Sel-sel yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang tersebut tidak bekerja secara normal, namun terus tumbuh tanpa henti melebihi jumlah sel normal. Peningkatan sel darah yang abnormal ini justru menghancurkan sel darah normal dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Kondisi ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti anemia, infeksi, dan pendarahan. Sel leukemia tersebut juga bisa memicu pembengkakan atau nyeri serta menyebar ke kelenjar getah bening dan organ lainnya.

Gejala leukemia tidak bisa dideteksi secara spesifik. Namun, ada beberapa gejala yang bisa menjadi tanda awal munculnya penyakit ini seperti pendarahan pada gigi dan gusi, mimisan, lebih rentan terkena penyakit, serta nyeri pada bagian persendian atau tulang belakang. 

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Leukemia

Jika mengalami gejala tersebut sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah Anda terkena leukimia atau tidak.

Mitos tentang leukemia

Ada beberapa hal mengenai leukimia yang perlu diluruskan. Mitos-mitos seputar kanker darah kadang membuat sebagian orang salah paham tentang penyakit leukimia. 

Berbagai mitos tentang leukimia yang tak perlu Anda percayai, di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Tanaman dolar menjadi penyebab leukimia

Ada isu di masyarakat yang mengatakan bahwa tanaman dolar yang sering ditanam di pekarangan rumah bisa menyebabkan leukimia. Perlu diketahui bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Meski tanaman ini dapat menyebabkan gatal dan iritasi jika tertelan, namun sebuah studi menyatakan bahwa tanaman dolar bukanlah penyebab leukemia. Tanaman ini mengandung oksalat yang memang bisa memicu rasa gatal, namun tidak bersifat karsinogen, apalagi menyebabkan kanker darah.

Baca Selengkapnya: Menyibak Mitos vs Fakta Tanaman Penyebab Leukemia

2. Leukimia satu-satunya jenis kanker darah pada manusia

Selain leukimia, ada dua jenis kanker darah yang dapat mengganggu kesehatan manusia, yaitu myeloma yang menyerang sel plasma serta tubuh dan limfoma yang menyerang sistem limfa. Sementara leukimia merupakan kanker darah yang menyerang sumsum tulang belakang.

Fakta tentang leukemia

Penyakit kanker darah atau leukemia tidak memiliki gejala khusus dan spesifik. Karena itulah, kebanyakan penderita leukimia baru menyadarinya setelah leukemia berkembang dalam tubuh hingga mencapai stadium yang cukup tinggi. 

Sejumlah fakta leukemia yang penting untuk Anda ketahui di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

1. Penyebab leukimia belum diketahui secara pasti

Penyebab leukimia memang belum diketahui secara pasti. Namun begitu, beberapa penelitian telah menemukan faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena leukimia. Di antara adalah merokok, radiasi, paparan bahan kimia, gangguan genetik, dan konsumsi obat-obatan agen alkilasi.

Baca Selengkapnya: Waspada! Faktor Risiko Penyebab Leukemia Berikut Sering Diabaikan

2. Leukimia dimulai dari sumsum tulang belakang

Semua sel darah dalam tubuh dibuat di sumsung tulang belakang. Sel yang diproduksi tersebut keluar dalam bentuk sel yang belum matang yang kemudian akan berkembang menjadi sel matang. 

Namun pada penderita leukimia, sel darah tidak mengalami fase belum matang dan justru berkembang secara abnormal. Sel yang tidak normal tersebut lantas akan merusak sel sehat yang berada di sumsung tulang belakang dan organ lainnya yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Tips untuk mencegah leukemia

Sel leukimia yang berkembang secara tidak normal akan menyerang sistem imunitas dan membuat tubuh gampang terkena penyakit. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab seperti penyakit lainnya, leukemia alias kanker darah bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti: 

  • Membatasi paparan radiasi
  • Menjauhi paparan bahan kimia
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Tidak merokok

Leukimia merupakan kanker darah yang cukup mematikan karena melemahkan sistem imun. Karena itulah upaya pencegahan harus segera dilakukan agar Anda terhindar dari penyakit tersebut. Jika Anda mengalami gejala leukemia seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
8 Bahan Kimia Berbahaya Dalam Shampo yang Wajib Anda Hindari
8 Bahan Kimia Berbahaya Dalam Shampo yang Wajib Anda Hindari

Ternyata shampo banyak mempunyai kandungan berbahaya yang seharusnya Anda hindari. Bahan-bahan kimia tersebut dapat membahayakan rambut Anda dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Simak uraian di bawah ini.

Buka di app