Sering Mimpi Buruk Saat Hamil, Pertanda Apa, Ya?

Dipublish tanggal: Des 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sering Mimpi Buruk Saat Hamil, Pertanda Apa, Ya?

Bagi wanita hamil, tidur merupakan momen yang bermanfaat untuk menjaga ketenangan emosional dan pemulihan fisik setelah beraktivitas. Namun, ternyata banyak wanita yang melaporkan bahwa mereka mengalami mimpi buruk saat hamil. Keadaan ini bahkan berlangsung sejak trimester pertama hingga trimester akhir kehamilan.

Kondisi tersebut tentu sangat tidak nyaman untuk si calon ibu, karena waktu istirahat jadi terganggu. Lantas, apa penyebab munculnya mimpi buruk saat hamil? Apakah mimpi-mimpi tersebut memiliki arti tertentu, bahkan pertanda bahaya?

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Apa penyebab mimpi buruk saat hamil?

Ibu hamil rentan mengalami susah tidur alias insomnia, bahkan sejak awal trimester pertama. Menurut sebuah penelitian dari Northwestern Medicine Chicago, hal ini dipengaruhi oleh peningkatan hormon progesteron di awal kehamilan, sehingga wanita hamil jadi lebih susah tidur. Kondisi tersebut bahkan akan meningkat di kehamilan 28 minggu dan seterusnya hingga trimester terakhir.

Berdasarkan jurnal dari BMC Pregnancy and Childbirth, sebanyak 406 wanita hamil juga lebih sering mengalami mimpi buruk daripada wanita yang tidak hamil. Semakin sering mimpi buruk saat hamil, maka wanita akan semakin enggan tidur alias insomnia. Maka tak heran jika kualitas tidur jadi berkurang saat hamil. 

Mimpi buruk saat hamil sebetulnya merupakan bawaan dari pikiran dan perasaan selama menjalani proses kehamilan. Misalnya saja pada kehamilan pertama, Anda mungkin memiliki lebih banyak kekhawatiran yang memenuhi pikiran.

Bentuk kekhawatiran tersebut bermacam-macam, mulai dari tidak nyaman dengan pinggang pegal maupun efek samping kehamilan lainnya, khawatir soal proses persalinan, dan sebagainya. Kondisi psikologis yang tidak stabil seperti mood swing dan stres juga dapat memicu terjadinya mimpi buruk saat hamil.

Baca Juga: Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Hamil dan Cara Menghindarinya

Dugaan arti mimpi saat hamil

Ada beberapa jenis mimpi yang umumnya dialami oleh wanita hamil. Sebagian mimpi yang dialami begitu jelas bahkan hingga sulit dibedakan antara mimpi atau kenyataan.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Mimpi saat hamil bisa berganti-ganti menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada tubuh selama kehamilan. Berikut adalah beberapa arti dari mimpi yang dialami oleh ibu hamil, antara lain:

1. Mimpi tentang air

Mimpi sesuatu yang berhubungan dengan air cukup sering dialami oleh banyak wanita hamil, misalnya seperti berenang, berdiri di air, atau tenggelam. Mimpi tentang air dapat melambangkan rahim yang sedang memproduksi air ketuban.

2. Mimpi tentang taman, buah, atau bunga

Mimpi mengenai alam, misalnya taman, buah, atau bunga, dapat menggambarkan kesuburan wanita.

3. Mimpi mengendarai kendaraan

Mimpi sedang mengendarai kendaraan menggambarkan bahwa ibu hamil akan mengalami babak baru dalam kehidupan. Bila ibu hamil bermimpi mengalami kesulitan berkendara, tandanya masih ada kemungkinan wanita tersebut merasa canggung dalam menerima kehamilan tersebut. 

4. Mimpi melahirkan anak yang sudah besar

Apabila mengalami mimpi ini, artinya wanita hamil berharap bisa menjalani proses persalinan dengan mudah. Namun, terdapat pula kegelisahan menghadapi persalinan karena belum mengerti sepenuhnya tentang melahirkan.

5. Mimpi mengenai hal erotis atau berbau seksual

Banyak wanita hamil yang melaporkan bermimpi sesuatu yang erotis. Hal tersebut wajar terjadi saat hamil, sebab gairah seks wanita hamil biasanya sangat tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

6. Mimpi melahirkan binatang atau benda

Mimpi melahirkan binatang atau benda bukanlah pertanda buruk atau bahaya pada kehamilan. Mimpi ini merupakan refleksi kebahagiaan si calon ibu untuk menyambut kehadiran bayinya.

7. Mimpi melupakan bayi

Bermimpi kehilangan atau lupa menaruh bayi menjadi pertanda bahwa wanita hamil akan memiliki tanggung jawab lebih setelah menjadi orangtua.

8. Mimpi mengenai jenis kelamin bayi

Bermimpi tentang jenis kelamin bayi menunjukkan bahwa si calon ibu sedang memikirkan dan menduga-duga jenis kelamin bayi dalam kandungannya.

9. Mimpi jatuh dari ketinggian

Bermimpi tentang jatuh dari ketinggian dapat diartikan sebagai kegelisahan diri wanita yang takut akan kehilangan kebebasan setelah melahirkan.

10. Mimpi melihat suami bersama wanita lain

Tak jarang, wanita mengkhawatirkan mimpi buruk saat hamil yang melihat suaminya bersama wanita lain. Hal ini bukan berarti pertanda suami memiliki selingkuhan di luar sana. Akan tetapi, ini merupakan kekhawatiran si calon ibu apabila kasih sayang dari suami akan berkurang setelah memiliki anak nanti.

Mimpi-mimpi yang dialami saat hamil sebenarnya bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Yang harus diingat adalah mimpi buruk saat hamil hanyalah sekadar gambaran alam bawah sadar dan bukan pertanda hal buruk.

Jangan jadikan mimpi buruk saat hamil sebagai patokan menjalani kehidupan kehamilan. Sebaiknya, jalanilah kehamilan dengan selalu berpikiran positif dan pola hidup sehat. Namun, apabila mimpi-mimpi tersebut mengganggu waktu istirahat dan menyebabkan cemas berlebih, segera konsultasikan ke dokter atau psikolog.

Baca Juga: Hindari Serangan Panik Saat Hamil Dengan Cara Berikut

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Causes Weird Dreams During Pregnancy?. The Cut. (Accessed via: https://www.thecut.com/2016/12/what-causes-weird-dreams-during-pregnancy.html)
Nielsen, T., & Paquette, T. (2007). Dream-associated behaviors affecting pregnant and postpartum women. Sleep, 30(9), 1162–1169. https://doi.org/10.1093/sleep/30.9.1162. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1978400/)
Schredl, M., Gilles, M., Wolf, I., Peus, V., Scharnholz, B., Sütterlin, M., & Deuschle, M. (2016). Nightmare frequency in last trimester of pregnancy. BMC pregnancy and childbirth, 16(1), 346. https://doi.org/10.1186/s12884-016-1147-x. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5103377/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app