5 Pilihan Menu Sahur untuk Ibu Hamil yang Praktis dan Sehat

Dipublish tanggal: Mar 18, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Pilihan Menu Sahur untuk Ibu Hamil yang Praktis dan Sehat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ibu hamil boleh-boleh saja berpuasa asalkan ibu dan janin dalam kondisi sehat serta bisa menjaga asupan makanan selama puasa.
  • Roti gandum cocok dijadikan menu sahur untuk ibu hamil yang praktis, karena mengandung serat yang membuat kenyang lebih lama.
  • Makan semangkuk sereal yang diperkaya saat sahur mampu memberikan 400 mikrogram folat bagi ibu hamil, baik untuk mendukung pertumbuhan janin.
  • Kalau ingin makan daging, pilih jenis daging tanpa lemak karena mengandung protein kualitas tinggi untuk ibu dan janin.
  • Pastikan ada sayur dan buah dalam menu sahur untuk ibu hamil. Kandungan airnya dapat membantu mencegah dehidrasi saat puasa.
  • Jangan lupa periksakan kehamilan Anda secara rutin selama berpuasa. Beli paket pemeriksaan kandungan di sini.

Siapa bilang ibu hamil dilarang berpuasa? Sebetulnya, ibu hamil boleh-boleh saja berpuasa asalkan ibu dan janin dalam kondisi sehat. Kalau memang ingin berpuasa, ibu hamil tentunya wajib menjaga asupan makanan supaya kuat menjalani ibadah di bulan Ramadan ini. Salah satunya dengan memilih menu sahur untuk ibu hamil yang tepat dan sehat.

Menu sahur untuk ibu hamil yang dianjurkan 

Sahur adalah salah satu 'sarapan' penting sebelum mulai berpuasa. Lewat sahur, tubuh akan mendapatkan nutrisi sebagai berkal untuk menjalani aktivitas di tengah ibadah puasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selama berpuasa, tubuh tidak boleh makan dan minum selama berjam-jam. Maka bayangkan jika Anda tidak sahur, tentu tubuh Anda akan mudah lemas dan tidak bertenaga karena tidak ada cadangan makanan.

Terlebih bagi kelompok berisiko seperti ibu hamil wajib sahur terlebih dahulu jika berniat berpuasa. Dengan begitu, nutrisi dari makanan saat sahur akan membantu tubuh ibu dan janin lebih kuat untuk beraktivitas saat puasa.

Baca Juga: Tips Aman Berpuasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui

Supaya puasa tetap lancar, ada beberapa menu sahur untuk ibu hamil yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Roti gandum 

Serat merupakan salah satu nutrisi penting yang disarankan untuk ibu hamil. Pasalnya, serat cenderung lebih lambat dipecah dan diserap oleh tubuh. Dengan begitu, perut akan kenyang lebih lama dan ibu hamil pun tetap kuat berpuasa. 

Saat sahur, makanlah setangkup roti gandum dengan isian selai, pisang, atau keju sesuai selera. Jika Anda merasa tidak cukup hanya dengan makan roti, bisa juga diganti dengan nasi merah yang nutrisinya tak jauh berbeda dengan roti gandum.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Sereal

Bingung harus menyiapkan makanan sahur ibu hamil tapi waktunya sudah kepepet? Tenang, Anda bisa menyiapkan semangkuk sereal.

Menu praktis yang satu ini mengandung folat yang baik untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan. Semangkuk sereal yang diperkaya umumnya mengandung sekitar 400 mikrogram folat.

Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi milik Kemenkes RI, rata-rata kebutuhan asam folat pada ibu hamil adalah 600 mikrogram. Untuk memenuhi sisa 200 mikrogram folat, Anda dapat mengonsumsi makanan sumber folat lainnya seperti kacang-kacangan, alpukat, pepaya, pisang, atau bayam.

Agar makin sehat dan lezat, tambahkan susu skim rendah lemak ke dalam semangkuk sereal sebagai pelengkap. Minum susu bersama sereal juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda menjelang puasa, lho!

Baca Selengkapnya: Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat

3. Makanan berprotein

Jangan lewatkan makanan berprotein dalam menu sahur Anda di bulan Ramadan. Bagi ibu hamil, protein sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan janin sekaligus menjaga kesehatan ibu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada banyak makanan sumber protein yang bisa dijadikan makanan sahur untuk ibu hamil. Mulai dari telur, ayam, tahu, tempe, hingga daging.

Jika Anda ingin makan daging, pilihlah daging tanpa lemak. Pasalnya, daging tanpa lemak mengandung protein kualitas tinggi yang sangat baik bagi ibu hamil. 

Contoh kreasi menu sahur untuk ibu hamil yang bisa Anda sajikan adalah telur dadar isi sayur, semur tahu tempe, ayam bakar, atau daging panggang dengan potongan wortel, buncis, dan jagung pipil sebagai pelengkap.

4. Sayur-sayuran

Meski sedang berpuasa, jangan pernah lewatkan sayur ke dalam satu menu makanan Anda, terutama saat sahur. Porsi sayur yang dianjurkan adalah 5 porsi dalam sehari.

Berbagai jenis sayuran mengandung vitamin dan mineral lengkap yang sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin. Ditambah lagi, sayur mengandung banyak air yang mampu mengurangi risiko Anda terkena dehidrasi selama berpuasa.

Contohnya sayur bayam, mengandung kaya folat dan zat besi yang dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Manfaat yang sama juga dirasakan saat Anda makan brokoli, yang juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sayuran ini tidak hanya bisa Anda konsumsi dalam bentuk sayur bening saja. Agar tidak bosan, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus atau camilan sehat untuk dimakan saat sahur.

5. Buah-buahan

Tak berbeda jauh dengan sayuran, buah-buahan juga wajib ada sebagai salah satu pelengkap menu sahur untuk ibu hamil. Bahkan dibandingkan sayuran, buah cenderung lebih mudah dimakan karena Anda hanya tinggal mengupas kulitnya saja. Contohnya pisang atau jeruk.

Pisang mengandung kalium yang bermanfaat untuk menambah energi menjelang puasa. Sementara jeruk memiliki kadar vitamin C tinggi yang mampu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil tetap prima.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Bergizi

Meskipun ibu hamil boleh saja berpuasa, jangan lupa untuk selalu perhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Nah, Anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi berbagai pilihan menu sahur untuk ibu hamil seperti yang diuraikan di atas.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. 13 Foods to Eat When You're Pregnant. (https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant). 17 Juli 2018.
Medical News Today. Which foods to eat and avoid during pregnancy. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/246404). 24 Mei 2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app