Tips Menjaga Kesehatan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Dipublish tanggal: Des 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Menjaga Kesehatan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Libur Natal dan tahun baru merupakan saat yang tepat untuk memuaskan diri dengan segala macam makanan dan minuman. Ditambah lagi dengan momen berkumpul bersama keluarga dan sahabat yang membuat suasana menjadi tambah hangat dan intim. Namun, satu hal yang penting adalah selalu perhatikan kesehatan Anda selama liburan. Berbagai macam hidangan selama pesta dapat membuat asupan makan Anda tidak terkontrol, yang akan berdampak pada melemahnya daya tahan tubuh. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan saat libur Natal dan tahun baru? Berikut selengkapnya untuk Anda.

Menjaga kesehatan saat libur Natal dan tahun baru

Beberapa pekerja kantoran menggunakan momen liburan ini untuk mengambil jatah cuti, entah untuk berlibur bersama keluarga serta teman-teman, atau sekadar beristirahat di rumah. Saat libur Natal tiba, tentu saja banyak waktu yang Anda habiskan untuk bersenang-senang. Apalagi, dalam menyiapkan perayaan Natal, Anda akan sibuk melakukan banyak hal yang menguras waktu dan tenaga. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Karena itulah, jangan abaikan kesehatan tubuh Anda. Jangan asal banyak makan selama liburan karena makan berlebihan malah bisa mendatangkan masalah kesehatan. 

Agar momen bahagia Anda berjalan lancar, berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan sebelum dan saat libur Natal, antara lain:

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Serat diperlukan tubuh agar pencernaan bisa berfungsi dengan baik, mencegah konstipasi, dan membantu menurunkan kolesterol. Rutin konsumsi berbagai makanan tinggi serat juga dapat membantu Anda terhindar dari risiko stroke, diabetes tipe 2, kanker pankreas, kanker usus, hingga penyakit jantung

Selama merayakan momen Natal, jangan lupa tambahkan asupan serat dalam sajian makanan Anda. Pasalnya, serat dapat membantu membuat Anda cepat kenyang sehingga terhindar dari kalap makan. Sumber makanan yang mengandung tinggi serat antara lain buah, sayur, oat, biji-bijian, dan gandum

Baca Selengkapnya: Daftar Rekomendasi Makanan Kaya Serat

2. Makan cokelat hitam

Cokelat adalah salah satu sajian yang hampir selalu ada dalam setiap perayaan Natal. Camilan yang terbuat dari buah kakao ini banyak dinikmati oleh segala usia, bahkan memang dianjurkan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan saat libur Natal maupun tahun baru.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Satu di antara sekian jenis coklat yang biasa dikonsumsi adalah cokelat hitam. Berbeda dengan cokelat biasa yang dicampur dengan gula dan susu, cokelat hitam mengandung buah kakao hingga 35-85%. Karena itulah, cokelat hitam cenderung lebih pahit daripada cokelat biasa.

Cokelat hitam juga mengandung theobromine atau zat anti radang yang hanya ada pada tanaman kakao. Cokelat hitam sangat baik dikonsumsi selama libur Natal dan tahun baru karena dapat membantu mencegah darah tinggi hingga memelihara kesehatan jantung dan otak. 

Tak hanya itu, makan cokelat hitam juga dapat menurunkan produksi hormon penyebab stres, sehingga dapat membantu meredakan stres, rasa cemas, dan memperbaiki mood selama libur Natal dan tahun baru.

Baca Juga: 4 Tips Travelling Bersama Anak dari Chelsea Olivia

3. Sempatkan berolahraga di sela liburan

Meskipun Anda sibuk mempersiapkan perayaan Natal dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman, usahakan untuk tetap sempatkan berolahraga. Hal ini dilakukan demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama Natal dan tahun baru.

Apabila Anda menghabiskan libur Natal di rumah, tentu saja akan sangat mudah untuk berolahraga di dalam atau sekitar rumah. Namun, jika Anda menghabiskan libur Natal dengan pergi berwisata, Anda dapat membawa peralatan olahraga seperti sepatu dan pakaian agar bisa tetap berolahraga selama liburan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Tak perlu melakukan olahraga yang sulit selama libur Natal maupun tahun baru. Cukup lakukan olahraga yang sederhana saja seperti berjalan kaki. Meskipun sederhana, namun berjalan dapat membantu menghindari tubuh dari rasa kaku dan pegal akibat terlalu lama duduk selama di perjalanan.

Selain itu, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk lari pagi di sekitar penginapan. Karena itu, pastikan untuk membawa sepatu olahraga Anda saat pergi berlibur.

4. Hindari stres saat liburan

Mungkin Anda pernah merasakan stres saat liburan atau saat perayaan Natal. Entah itu stres karena kecapekan sibuk mempersiapkan banyak hal, kualitas tidur menurun, atau pola makan yang buruk. 

Oleh karena itu, selalu siapkan obat-obatan pribadi seperti obat antimabuk, pereda nyeri, atau obat diare sebelum mulai berlibur. Selain itu, cobalah agar tidak makan berlebihan yang akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. 

Selain memperhatikan porsi makanan, Anda juga perlu mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang akan berujung ke stres. 

Yang paling penting adalah Anda harus menjaga ekspektasi Anda agar tidak terlalu tinggi. Semua orang menginginkan kesempurnaan pada perayaan Natal dan libur tahun baru mereka. Namun, jika ekspektasi ternyata tidak sesuai dengan kenyataan, hal tersebut dapat membuat Anda stres dan malah tidak dapat menikmati liburan.

Baca Juga: Hal-Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Libur Panjang

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
20 Tips to Avoid Weight Gain During the Holidays. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/nutrition/tips-to-avoid-holiday-weight-gain)
Stress, depression and the holidays: Tips for coping. Mayo Clinic. (Accessed via: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/stress/art-20047544)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app