10 Aturan Aman Menghadapi Fase 'New Normal' di Kantor

Dipublish tanggal: Mei 27, 2020 Update terakhir: Agu 5, 2021 Waktu baca: 4 menit
10 Aturan Aman Menghadapi Fase 'New Normal' di Kantor

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Fase 'new normal' adalah istilah yang menggambarkan 'kenormalan baru', di mana masyarakat akan melakukan hal-hal di luar kebiasaannya selama ini.
  • Pastikan untuk selalu memakai masker saat berangkat, selama di tempat kerja, dan selama perjalanan pulang sampai kembali ke rumah.
  • Jika suhu tubuh Anda lebih dari 37,3 derajat Celsius, maka lakukan pengecekan ulang dengan jarak 5 menit. Apabila suhunya masih sama atau lebih tinggi lagi, maka periksakan diri ke fasilitas kesehatan.
  • Tetaplah rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Jaga jarak sehat minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari penularan virus.
  • Sebisa mungkin hindari lembur karena itu bisa mengurangi waktu istirahat Anda. Hati-hati, kurang tidur bisa menurunkan sistem imun Anda.
  • Bawalah bekal yang sehat dari rumah, misalnya buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Beli suplemen & vitamin di sini.
  • Klik untuk membeli perlengkapan new normal dari rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.
  • Dapatkan paket cek COVID-19 berupa swab PCR, swab antigen, dan rapid test dengan harga bersahabat dan tim medis berpengalaman di HDmall.

Semenjak merebaknya virus corona COVID-19 di Indonesia, sebagian besar usaha perkantoran menerapkan metode work from home alias bekerja dari rumah. Pasalnya, tempat kerja merupakan lokasi berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat yang dapat meningkatkan risiko penularan. Namun seiring berjalannya waktu, kini masyarakat sudah bisa bersiap untuk kembali ke kantor dan menghadapi fase 'new normal'. Agar berjalan lancar, simak panduannya berikut ini.

Panduan menghadapi fase 'new normal' di kantor

Fase 'new normal' adalah istilah yang menggambarkan fase 'kenormalan baru', di mana masyarakat akan melakukan hal-hal di luar kebiasaannya selama ini. Akibat virus corona COVID-19 yang menghantam Indonesia beberapa bulan belakangan ini, masyarakat tak lagi bisa bebas beraktivitas tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

Baca juga: 6 Pedoman Penerapan Hidup 'New Normal' dari WHO

Jika sebelumnya Anda bisa ke luar rumah dengan bebas, maka kini Anda harus mempersiapkan banyak hal terlebih dahulu seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak sehat dengan orang lain. Terlebih bagi Anda yang sudah mulai bersiap kembali ke kantor, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar terlindungi dari risiko penularan.

Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri. Berikut rangkumannya:

1. Maksimalkan bekerja dari rumah

Bila perusahaan Anda masih memberlakukan aturan WFH di fase 'new normal', maka jalani semaksimal mungkin. Kebijakan ini akan sangat membantu Anda menghindari risiko berkerumun atau penularan saat berada di luar rumah.

2. Selalu pakai masker

Sebelum ke luar rumah, pastikan untuk selalu memakai masker. Hal ini wajib dilakukan saat berangkat, selama di tempat kerja, dan selama perjalanan pulang sampai kembali ke rumah.

Sesuai anjuran pemerintah, Anda dapat menggunakan masker kain yang efektif mencegah penularan virus corona hingga 70%. Jika Anda merasa sedang tidak sehat dan mengalami gejala demam, batuk, pilek, atau sakit tenggorokan, sebaiknya bekerjalah dari rumah.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

3. Cek suhu tubuh sebelum masuk ke gedung

Sebelum masuk ke gedung perkantoran, cek dulu suhu tubuh Anda. Biasanya, petugas keamanan gedung akan melakukan pengecekan terlebih dahulu menggunakan thermo gun.

Jika suhu tubuh Anda lebih dari 37,3 derajat Celsius, maka lakukan pengecekan ulang dengan jarak 5 menit. Apabila suhunya masih sama atau lebih tinggi lagi, maka Anda tidak diperbolehkan masuk. Anda akan diminta melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

4. Rutin cuci tangan pakai sabun

Ingat, tangan merupakan media penularan virus yang paling mudah. Terlebih jika setelah menyentuh benda-benda di tempat umum, Anda langsung memegang wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, maka ini dapat meningkatkan risiko tertular virus.

Maka dari itu, fase 'new normal' mengharuskan Anda untuk lebih rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, terutama setelah memegang benda-benda di tempat umum. Siapkan juga hand sanitizer untuk berjaga-jaga saat tidak ada sabun dan wastafel di dekat Anda.

5. Tetap jaga jarak aman

Selama berada di kantor, tetap lakukan physical distancing atau jaga jarak sehat dengan orang lain minimal 1 meter. Hal ini berlaku saat berada di tempat umum seperti meja resepsionis, lift, kantin, hingga tempat duduk dan meja kerja di dalam ruangan. 

Bukan tanpa sebab, upaya ini bertujuan untuk menghindari risiko penularan virus dalam jarak dekat, terutama saat di fase 'new normal'.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemeriksaan COVID-19 via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket covid-19 hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h18 covid 19

6. Lakukan pembersihan secara berkala dengan disinfektan

Sesuai dengan Protokol Pencegahan COVID-19 dari Menteri Kesehatan, pihak gedung dianjurkan untuk melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala di area kerja dan area publik. Hal ini penting dilakukan setiap 4 jam untuk benda-benda yang sering disentuh banyak orang, misalnya tombol lift, pegangan tangga, gagang pintu, dan sebagainya.

Baca selengkapnya: Ampuh Bunuh Virus, Paparan Disinfektan Justru Berbahaya Bagi Tubuh

7. Gunakan alat makan pribadi

Sebisa mungkin, gunakan alat-alat pribadi Anda selama di kantor. Mulai dari alat makan hingga alat sholat. Ingatlah bahwa virus corona dapat bertahan di permukaan benda selama beberapa jam, sehingga akan lebih aman jika Anda menggunakan alat milik pribadi.

8. Hindari lembur

Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda harus rela bekerja lembur. Namun, selama di fase 'new normal' ini, sebaiknya hindari bekerja dengan jam kerja yang terlalu panjang.

Pasalnya, hal ini akan menguras tenaga Anda terlalu banyak dan mengurangi waktu istirahat. Hati-hati, kurang tidur bisa membuat sistem imun Anda menurun sehingga gampang sakit.

9. Makan makanan bergizi selama di kantor

Mulai bekerja di kantor bukan berarti Anda lantas bebas makan makanan seenaknya. Ingat, menjaga daya tahan tubuh tetap penting selama di fase 'new normal' ini agar tidak mudah jatuh sakit.

Bawalah bekal yang sehat dari rumah, misalnya buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, atau mangga. Jika perlu, selalu siap sedia suplemen vitamin C untuk membantu menjaga daya tahan tubuh tetap optimal.

10. Hapus stigma untuk kasus positif

Orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 memerlukan bantuan dan dukungan Anda, bukan malah dijauhi sebagai stigma. Berikan dukungan secara moril pada penderita agar ia tetap berpikir positif, sehingga bisa cepat sembuh dari virus corona.

Baca juga: 7 Tips Tetap Sehat Secara Mental Saat Menghadapi Fase 'New Normal'

Menghadapi fase 'new normal' tidak perlu ditakutkan secara berlebihan. Kunci terpentingnya adalah tetap lakukan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah, sehingga Anda dapat menghindari risiko penularan virus corona di tempat kerja.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi. (https://covid19.go.id/p/protokol/panduan-pencegahan-dan-pengendalian-corona-virus-disease-2019-covid-19-di-tempat-kerja-perkantoran-dan-industri-dalam-mendukung-keberlangsungan-usaha-pada-situasi-pandemi). 2020.
Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan RI. Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja Era New Normal. (http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200523/5133951/pencegahan-covid-19-tempat-kerja-era-new-normal/). 23 Mei 2020.
National Institute on Aging. COVID-19: Adjusting to the "new normal". (https://www.nia.nih.gov/research/blog/2020/03/covid-19-adjusting-new-normal). 27 Maret 2020.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app