Mengenal Prosedur Operasi Penggantian Lutut Ganda

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Prosedur Operasi Penggantian Lutut Ganda

Arthritis adalah peradangan sendi yang dapat mempengaruhi satu atau beberapa sendi. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada daerah yang bersangkutan. 

Ketika gejala-gejala ini terjadi pada satu atau kedua lutut, biasanya mengindikasikan bahwa tulang rawan pada sendi telah mengalami kerusakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Pada kasus peradangan sendi tahap lanjut, operasi penggantian lutut dapat dilakukan untuk mengganti sendi yang rusak sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Selama operasi penggantian lutut, seorang ahli bedah perlu mengganti sendi lutut yang rusak dengan lutut buatan yang disebut prostesis. Prostesis terbuat dari logam, plastik, dan keramik. 

Operasi penggantian lutut dapat membantu memulihkan hampir semua fungsi lutut yang rusak dan meredakan nyeri akibat peradangan sendi.

Dokter biasanya akan merekomendasikan operasi penggantian lutut jika rasa sakit di lutut mengganggu kegiatan sehari-hari dan secara negatif mempengaruhi kualitas hidup Anda. 

Dalam kebanyakan kasus, jenis operasi ini dilakukan pada orang di atas usia 60 tahun, karena usia prostesis yang hanya cenderung bertahan selama 15 hingga 20 tahun, kurang cocok digunakan pada seseorang yang berusia relatif lebih muda.

Apa indikasi dilakukannya operasi penggantian Lutut Ganda?

Ketika terjadi peradangan sendi parah yang mempengaruhi kedua lutut, dokter mungkin menyarankan operasi penggantian lutut ganda (mengganti kedua sendi lutut). 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Namun, lebih banyak risiko yang dapat terjadi jika seseorang menjalani prosedur operasi jenis ini, sehingga biasanya prosedur operasi hanya disarankan untuk mereka yang:

  • sehat secara fisik
  • memiliki kondisi kesehatan yang baik secara keseluruhan
  • Mampu untuk menjalani terapi fisik dan rehabilitasi setelah operasi untuk mendapatkan kembali mobilitas mereka

Jenis Operasi Penggantian Lutut Ganda

Operasi penggantian lutut ganda mungkin melibatkan satu operasi atau dua operasi. Ketika kedua lutut diganti pada saat yang sama, operasi ini dikenal sebagai penggantian lutut bilateral simultan.

Ketika setiap lutut diganti pada waktu yang berbeda, maka prosedur operasi disebut penggantian lutut bilateral bertahap. Operasi mana pun dapat melibatkan kombinasi penggantian lutut total atau penggantian lutut parsial.

Penggantian Lutut Bilateral Simultan

Dengan penggantian lutut bilateral simultan, kedua lutut Anda akan diganti secara bersamaan pada satu kali operasi. Keuntungan utama dari prosedur simultan adalah bahwa hanya ada satu perawatan di rumah sakit dan satu periode rehabilitasi untuk menyembuhkan kedua lutut.

Namun, proses rehabilitasi mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, karena lebih sulit untuk menggunakan kedua lutut secara bersamaan. Faktanya, banyak orang yang menjalani operasi lutut bilateral simultan membutuhkan bantuan di rumah ketika mereka sedang dalam pemulihan.

Penggantian lutut bilateral simultan juga membutuhkan waktu lebih lama. Prosedur ini biasanya memakan waktu tiga hingga empat jam untuk menyelesaikan, sementara penggantian lutut bilateral bertahap hanya membutuhkan waktu dua jam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Karena penggantian lutut bilateral secara simultan membutuhkan lebih banyak waktu dan dosis anestesi yang lebih berat, ada peningkatan risiko terjadinya komplikasi. 

Operasi ini tidak direkomendasikan untuk mereka yang menderita penyakit jantung atau paru-paru. Pada orang-orang kelompok berisiko tinggi, mungkin mengalami masalah jantung atau kehilangan darah berlebihan selama dan setelah operasi.

Penggantian Lutut Bilateral Bertahap

Pada proses penggantian lutut bilateral bertahap, kedua lutut diganti dalam dua operasi terpisah. Operasi ini dilakukan secara terpisah beberapa bulan. Setiap operasi berlangsung sekitar dua jam. Pendekatan bertahap ini memungkinkan satu lutut pulih sebelum lutut kedua menjalani operasi.

Keuntungan utama dari prosedur bertahap adalah berkurangnya risiko komplikasi dan juga membutuhkan waktu rawat inap yang lebih sebentar.

Namun, karena prosedur ini membutuhkan dua operasi, periode rehabilitasi keseluruhan bisa membutuhkan waktu yang lebih lama Dan dapat menunda Anda untuk dapat kembali beraktivitas.

Apa risiko yang dapat muncul terkait Operasi Penggantian Lutut Ganda?

Risiko yang dapat muncul terkait dengan operasi penggantian lutut bilateral simultan dan bertahap meliputi:

Orang yang berusia di atas 65 tahun lebih cenderung mengalami komplikasi akibat operasi penggantian lutut ganda. Pria juga berisiko lebih besar mengalami komplikasi daripada wanita.

Selama masa rehabilitasi, sangat penting untuk mengikuti instruksi dari ahli terapi fisik dan dokter Anda. Dengan mengikuti sesuai instruksi dokter, dapat memastikan Anda mendapatkan pemulihan total dari operasi penggantian lutut ganda yang Anda jalani.

Kebanyakan orang pulih dalam 12 bulan, tetapi waktu pemulihan Anda mungkin berbeda tergantung pada usia dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Terlepas dari risiko dan tantangan dalam menjalani operasi penggantian lutut ganda, penggantian lutut secara simultan dan bertahap memiliki tingkat keberhasilan yang cukup memuaskan. Jika Anda merasa menjadi kandidat untuk prosedur penggantian lutut ganda, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yaftali NA, et al. Corticosteroids and hyaluronic acid injections. Clinics in Sports Medicine. 2019;38:1.
Yu S. Investigational approaches to the management of osteoarthritis. https://www.uptodate.com/contents/search.
Dutton RA, et al. Patellofemoral pain. Physical Medicine and Rehabilitation Clinics of North America. 2016;27:31.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app