Mengenal Peran Sistem Urine Pada Tubuh Manusia

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Peran Sistem Urine Pada Tubuh Manusia

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam sistem ekskresi atau sistem perkemihan. Jika salah satu organ yang termasuk dalam sistem ekskresi bermasalah, termasuk ginjal, maka racun yang harusnya keluar bersama urine malah menyebar ke seluruh tubuh.

Karena itulah, menjaga kesehatan sistem urine harus Anda lakukan supaya tubuh bisa tetap sehat secara menyeluruh. Untuk mengetahui apa itu sistem urine dan beberapa fakta menarik yang menyertainya, simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pengertian sistem urine

Tubuh menghasilkan berbagai macam zat sisa seperti keringat, feses, karbon dioksida, serta urine yang akan dikeluarkan dari tubuh setelah melalui beberapa proses. Masing-masing zat sisa dikeluarkan dari bagian tubuh yang berbeda-beda.

Misalnya saja, keringat dikeluarkan lewat kulit, feses lewat anus, karbon dioksida lewat paru-paru, serta urine lewat saluran kemih. Sementara itu, hasil metabolisme seperti garam, air, dan racun masih terdapat dalam darah sebelum dikeluarkan melalui saluran kemih.

Darah harus melakukan proses penyaringan terlebih dahulu agar sisa-sisa metabolisme tadi bisa dikeluarkan bersama urine. Tugas ini dilakukan oleh ginjal, organ vital yang berfungsi untuk menyaring darah supaya tidak ada racun yang tersisa dalam tubuh.

Fakta mengenai sistem urine

Peran ginjal dalam sistem urine sangat dominan. Selain berfungsi sebagai penyaring darah, ginjal juga juga berperan untuk mengendalikan kadar air dalam tubuh dan memastikan setiap jaringan mendapatkan pasokan cairan yang cukup. 

Ada beberapa fakta menarik mengenai urine dan ginjal yang harus Anda ketahui. Di antaranya adalah:

1. Amankah meminum urine?

Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan meminum urine bisa menyembuhkan jenis penyakit tertentu. Hal ini hanyalah mitos belaka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebaiknya, hindari minum air kencing alias urine karena mengandung racun yang berasal dari dalam tubuh. Jadi, meskipun sedikit kadarnya, tetap saja ada kandungan racun pada urine.

2. Warna urine bisa menunjukkan kondisi kesehatan

Dalam kondisi normal, urine berwarna kekuningan. Namun, warna urine tersebut bisa berubah-ubah, tergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi. 

Akan tetapi, jika keluarnya urine bercampur dengan darah, Anda perlu waspada karena hal ini bisa menandakan adanya kerusakan pada ginjal. Segera konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mendapatkan penanganan.

Baca Selengkapnya: Macam-Macam Warna Urine dan Maknanya

3. Posisi terbaik untuk buang air kecil

Pada pasien penderita gangguan kencing bagian bawah, khususnya pria, posisi yang dianjurkan untuk buang air kecil adalah dengan cara duduk. Jika kencing dilakukan dalam posisi berdiri seperti biasanya, maka kontraksi otot akan lebih sulit didapatkan dan membutuhkan usaha yang keras. 

Lain halnya jika kencing dengan cara duduk, kondisi otot panggul dan pinggul terasa lebih rileks sehingga buang air kecil pun menjadi lebih mudah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Aroma urine bisa berubah

Aroma urine yang normal adalah tidak terlalu menyengat. Aroma urine juga bisa berubah-ubah mengikuti apa yang Anda makan.

Jika aroma urine seperti asparagus, ini bisa terjadi karena Anda mengkonsumsi asparagus sebelumnya. Akan tetapi, jika urine beraroma manis, sebaiknya Anda patut waspada. Segera periksakan ke dokter karena urine yang beraroma manis merupakan salah satu gejala diabetes.

Baca Juga: Kencing Bau Menyengat, Pertanda Apakah?

Tips mencegah penyakit ginjal

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ginjal merupakan organ penting dalam sistem urine. Jika bagian ini mengalami masalah, maka racun dalam tubuh tidak bisa terbuang bersama dengan urine. Alhasil, ginjal bisa keracunan dan memicu penyakit ginjal.

Untuk menghindarinya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak terkena penyakit ginjal, antara lain:

  • Memperbanyak minum air putih
  • Mengurangi konsumsi garam
  • Mengontrol kadar gula dalam darah
  • Melakukan cek kesehatan secara rutin
  • Kendalikan stres dengan baik
  • Perbanyak aktivitas fisik
  • Terapkan pola hidup sehat dan jangan merokok

Baca Selengkapnya: 14 Makanan untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal

Sistem urine merupakan salah satu proses yang sangat vital untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar sistem ini bisa bekerja secara maksimal, kondisi ginjal tentu harus dijaga kesehatannya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti memperbanyak minum air putih, jauhi rokok, dan rutin melakukan cek kesehatan. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Stay a step ahead of urinary tract infections. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/stay-a-step-ahead-of-urinary-tract-infections)
Tips for Keeping Your Urinary Tract System Healthy. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/tips-for-keeping-your-urinary-system-healthy-3300090)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app