Mengenal Apa Itu Diet Nordic & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mengenal Apa Itu Diet Nordic & Manfaatnya Bagi Kesehatan

Diet Nordic merupakan cara baru berdiet yang diambil dari pola makan penduduk di negara-negara Nordic yang rendah lemak. Negara-negara yang termasuk Nordic antara lain Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia dan Islandia. Diet ini sangat rendah kadar gula, rendah lemak, kaya akan serat dan didominasi dengan konsumsi ikan-ikanan dan makanan laut.

Saran dan Pantangan Makanan dalam Diet Nordic

Berikut ini makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari dalam diet nordic :   

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Makanan yang harus konsisten dan sering dikonsumsi meliputi buah-buahan, beri-berian, sayuran, kentang, gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, roti bahan rye, ikan, makanan laut, susu rendah lemak, tanaman herbal, rempah-rempah dan minyak canola.

2. Makanan yang masih boleh dikonsumsi meliputi daging, keju, telur yang tidak dari peternakan dan yogurt.

3. Makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya antara lain jenis daging merah lainnya dan lemak hewani.

4. Hindari sama sekali mengonsumsi minuman yang diberikan pemanis buatan, gula tambahan, daging olahan, pengawet makanan dan makanan cepat saji.

Diet Nordic sendiri sangat serupa dengan diet Mediterranian, dan hanya dibedakan oleh adanya penggunaan jenis minyak untuk memasak makanan, yaitu menggunakan minyak canola dan bukan minyak zaitun extra virgin. 

Manfaat Diet Nordic

Berikut ini berbagai manfaat kesehatan dari melaksanakan pola makan Nordic.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

1. Membantu menurunkan berat badan secara cepat

Untuk membantu Anda menurunkan berat badan secara cepat sambil tetap mendapatkan asupan gizi yang diperlukan, diet Nordic sangat berguna. 

2. Menurunkan dan menjaga tekanan darah

Menjalani diet Nordic selama setidaknya enam bulan terbukti sanggup menurunkan nilai sistol dan diastol tekanan darah hingga 5.1 dan 3.2 mmHg, lebih rendah dibandingkan dengan diet yang terkontrol. 

3. Meredakan dan menghindarkan kolesterol dan trigliserida

Diet Nordic mencakup banyaknya makanan yang baik bagi jantung, sehingga dapat diyakini juga bahwa pola makan diet Nordic akan membantu menurunkan kadar trigliserida dan sedikit membantu mengontrol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. 

4. Mengontrol gula darah

Adanya jenis makanan yang dibatasi variasinya dalam diet Nordic membantu mengontrol gula darah secara signifikan sehingga tentunya mengurangi risiko penyakit diabetes.

5. Menurunkan risiko peradangan

Berbagai penelitian yang sudah dilakukan terhadap jenis diet ini menunjukkan adanya pengurangan kadar peradangan dalam tubuh yang mengikuti diet ini, meski tidak signifikan. 

Menjalani diet Nordic dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal dalam waktu singkat dan menormalkan tekanan darah dan menurunkan risiko terjadinya peradangan dalam tubuh yang merupakan sumber berbagai macam penyakit. Namun, hal itupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kebaikan diet ini terletak dari pemilihan bahan-bahan alami untuk dikonsumsi dan kewajiban untuk menghindari makanan olahan, instan dan cepat saji. Karena itu, diet ini masih layak untuk dicoba.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Natalie Butler, R.D., L.D., How to Fast Safely (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322293.php), 28 June 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app