Makanan dan Diet Sehat

Mencegah Alzheimer dengan Konsumsi Beras Riceberry

Dipublish tanggal: Mar 8, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Mencegah Alzheimer dengan Konsumsi Beras Riceberry

Penyakit Alzheimer, adalah penyakit neurodegeneratif yang ditandai dengan kehilangan memori progresif dan kerusakan kognitif, adalah jenis demensia yang paling umum terjadi pada orang tua karena terjadinya kerusakan sel sel saraf pada suatu bagian di otal yang diakibatkan oleh zat oxidant yang merusak otak. 

Oleh karena itu,ilmuwan mulai melakukan penelitian tentang efek pengayaan kognisi dan efek neuroprotektif yang dimiliki beras riceberry, beras berpigmen ungu yang kaya zat antioksidan. Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beras riceberry memiliki potensi sebagai agen efektif untuk gangguan neurodegenerasi dan gangguan memori pada penyakit Alzheimer.

Apa itu Beras Riceberry?

Beras Ricberry (dibaca raisberi) adalah varietas padi baru yang telah dikembangkan di Thailand. Rice dalam kata riceberry sendiri berarti beras. Beras ini berwarna ungu tua. Warna gelap yang indah ini menyimpan segudang nutrisi yang tinggi. 

Beras riceberry adalah penyerbukan silang dari tiga jenis padi unggulan di Thailand

  • Ras Thai Hom Mali - juga dikenal sebagai nasi aroma melati, yang merupakan beras dengan kualitas tertinggi dan paling bagus di dunia.
  • Hom Nin Rice - dikenal dengan kandungan antioksidannya, namun beras ini bisa menjadi sedikit kenyal jika tidak dimasak dengan benar.
  • Khao Dawk Mali 105 - benih padi yang bisa tumbuh di berbagai lingkungan pertanian.

Penyerbukan silang ketiga tanaman padi ini telah menghasilkan Riceberry Rice, varietas padi baru yang menarik. Riceberry mengambil segala sisi terbaik dari dari ketiga jenis padi ini, dan setiap butir padi dari beras riceberry ini memiliki kualitas terbaik. 

Tekstur dan rasa lembut dari beras melati Thailand, mineral dan antioksidan yang tinggi dari beras Hom Nin dan karakteristik hasil panen yang kuat dari beras Khao Dawk Mali 105.

Kandungan gizi beras Riceberry

Nasi Riceberry kaya akan banyak antioksidan yang membantu sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat. Beras ini mengandung:

  • Beta karoten
  • Gama Oryzanol
  • Vitamin E
  • Asam folat
  • Tannin
  • Zinc
  • Serat
  • Minyak Bran

Segudang manfaat beras Riceberry

Dari banyaknya kandungan antioxidant dan reputasi yang begitu tinggi sehingga dinobatkan sebagai beras terbaik, apa sih kelebihan yang dimiliki oleh beras riceberry ini? Berikut akan dibahas efek apa saja yang akan diberikan oleh beras riceberry ini.

  • Antioksidan, vitamin dan mineral ini memberi nasi riceberry profil nutrisi yang relatif unik. Warna ungu gelap yang dimilikinya menandakan kandungan gizi tinggi dan memberikan tampilan yang unik saat disajikan.
  • Beras juga sangat tinggi serat sehingga membantu pencernaan alami dan membantu menjaga perut bebas dari penyakit.
  • Indek Glikemik yang rendah
    Nasi Riceberry dinilai rendah dalam indeks glikemik (GI=62) . Serat dan minyak dedak berlimpah yang dikandungnya membantu mengurangi risiko diabetes dengan menghambat penyerapan gula yang berlebih ke dalam darah saat beras ini dicerna. Ini juga membantu fungsi pankreas menjadi lebih baik.
  • Mencegah penyakit Alzheimer
    Riceberry memiliki potensi sebagai agen efektif untuk gangguan neurodegenerasi dan memori pada penyakit Alzheimer.
  • Agen anti kanker
    Properti anti-kanker potensial yang diekstraksi dari dedak Ricberry dievaluasi pada garis sel kanker manusia (Caco-2, MCF-7 dan HL-60)
  • Sebagai Superfood
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda
  • Bagus untuk penglihatan
  • Memperlambat penuaan
  • Bagus untuk rambut dan kulit
  • Bagus untuk pengendalian berat badan karena rendah GI dan tinggi serat

Dengan segudang nutrisi seperti yang dibahas di atas,beras riceberry bisa bermanfaat sebagai suplemen makanan alternatif untuk Pengobatan kencing manis dan tinggi kolesterol

Jadi apa Anda tertarik untuk beralih ke jenis beras yang satu ini? Selain rasa dan aromanya yang juara, beras jenis ini juga menyimpan begitu banyak manfaat untuk tubuh kita bila di konsumsi. 

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
PO22-TH-03 Cognitive enhancing effect and neuroprotective effect of rice berry in animal model of Alzheimer's disease. Journal of the Neurological Sciences. (https://www.jns-journal.com/article/S0022-510X(09)71045-7/abstract)
Purple rice berry is neuroprotective and enhances cognition in a rat model of Alzheimer's disease. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21510741)
Purple Rice: Health Benefits, Nutrition, and Calories. Healthline. (https://www.healthline.com/health/purple-rice)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Retinol dalam Produk Kecantikan
Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Retinol dalam Produk Kecantikan

Beberapa produk mungkin mencantumkan AHA, BHA, PHA, atau retinol. Sudah banyak review positif mengenai bahan-bahan tersebut, mulai dari mengangkat komedo hingga mampu memperbaiki tekstur kulit. Nah, sebenarnya apa sih perbedaan antara AHA, BHA, PHA, dan retinol? Yuk ketahui perbedaannya pada informasi di bawah ini.

Buka di app