Resep Menu Makanan Sehat Khas Lebaran

Dipublish tanggal: Mei 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 19, 2019 Waktu baca: 2 menit
Resep Menu Makanan Sehat Khas Lebaran

Setelah hampir sebulan berpuasa, tak terasa sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tak hanya mempersiapkan perjalanan mudik lebaran atau baju baru, lebaran juga selalu identik dengan ketupat, opor, kue kering, dan berbagai hidangan lain khas lebaran. Apakah Anda sudah mempersiapkan resep dan bahan-bahannya?

Seperti yang diketahui, makanan khas lebaran seringkali meningkatkan nafsu makan dan membuat kita kalap dalam menyantapnya apalagi setelah berpuasa cukup lama. Tetapi mengonsumsi makanan secara berlebihan tidak baik untuk tubuh, terutama yang banyak mengandung karbohidrat, lemak dan santan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Berikut ini, Honestdocs bagikan cara memasak menu makanan sehat khas lebaran yang enak dan lezat yang dapat Anda terapkan menjelang hari raya nanti. Karena menu makanan lebaran yang hanya dirayakan setahun sekali tetap harus dinikmati, tetapi bukan berarti Anda tidak memperdulikan kesehatan, kan?

Pemakaian beras pada ketupat

Jika selama ini Anda menggunakan beras putih pada pembuatan ketupat, lebaran tahun ini Anda dapat mencoba mengganti beras putih dengan beras merah, beras cokelat, maupun beras hitam.

Karena beras cokelat dan beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih lengkap dan hanya melalui proses pembuatan yang sangat minim jika dibandingkan dengan beras putih yang telah mengalami proses penambahan daya simpan dan perbaikan tekstur beras sehingga menghilangkan sebagian serat, zat besi, dan juga vitamin B yang terkandung di dalamnya.

Kandungan serat dari beras cokelat atau beras merah sendiri juga cukup tinggi sehingga dapat membuat Anda lebih kenyang.

Olah daging rendah lemak

Opor ayam, semur daging, dan rendang adalah menu hidangan khas lebaran yang hampir selalu ada di setiap rumah. Bahan dasarnya pun mudah didapatkan, yakni menggunakan daging ayam dan daging sapi.

Tetapi kandungan lemak dan zat gizi yang terkandung dalam daging berbeda-beda dan bergantung pada jenis daging yang Anda pilih. Biasanya bagian daging yang berlemak memang lebih enak dimakan, walaupun begitu, demi menjaga asupan lemak dan kesehatan Anda, ada baiknya menggunakan daging rendah lemak (lean cut).

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Bagian daging sapi yang rendah lemak adalah bagian has luar dan bagian paha belakang yang dapat Anda olah dalam membuat menu makanan sehat khas lebaran nanti. Sementara bagian yang berada di antara perut dan tulang iga merupakan bagian daging sapi yang memiliki lemak tinggi.

Ganti santan dengan susu rendah lemak

Santan merupakan bahan dasar yang paling sering digunakan dalam membuat hidangan khas lebaran. Santan yang berasal dari perasan kelapa biasanya digunakan untuk membuat hidangan opor dan kari.

Tetapi kebanyakan makan makanan dengan olahan santan dianggap dapat menyebabkan kolesterol, padahal santan sendiri berasal dari kelapa yang secara alami tidak memiliki kandungan kolesterol. Akan tetapi, santan memiliki kandungan kadar lemak yang cukup tinggi.

Untuk mengurangi penggunaan santan dalam membuat menu makanan sehat khas lebaran, Anda dapat menggantinya dengan susu rendah lemak atau susu skim sebagai alternatif agar makanan tetap enak tetapi tanpa membuat kadar kolesterol Anda naik.

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Is low-fat or full-fat the better choice for dairy products? Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/is-low-fat-or-full-fat-the-better-choice-for-dairy-products)
5 Proven Health Benefits of Milk. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Retinol dalam Produk Kecantikan
Perbedaan AHA, BHA, PHA dan Retinol dalam Produk Kecantikan

Beberapa produk mungkin mencantumkan AHA, BHA, PHA, atau retinol. Sudah banyak review positif mengenai bahan-bahan tersebut, mulai dari mengangkat komedo hingga mampu memperbaiki tekstur kulit. Nah, sebenarnya apa sih perbedaan antara AHA, BHA, PHA, dan retinol? Yuk ketahui perbedaannya pada informasi di bawah ini.

Buka di app