Masalah Kencatikan yang Paling Sering Dialami Ibu Setelah Melahirkan

Dipublish tanggal: Jun 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Masalah Kencatikan yang Paling Sering Dialami Ibu Setelah Melahirkan

Masalah-masalah pasca melahirkan, tidak terbatas hanya pada membesarnya beberapa bagian pada tubuh Anda. Terdapat masalah kulit yang berkaitan dengan adanya perubahan hormon pasca melahirkan. Berikut empat masalah kulit yang sering kali dialami oleh ibu-ibu setelah melahirkan beserta solusinya. 

Namun, jangan lupa untuk selalu mendiskusikan masalah kulit yang sedang Anda hadapi dengan dokter.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Masalah kulit ibu pasca melahirkan

Perubahan hormon pada ibu pasca-melahirkan membuat perubahan kondisi kulit juga dapat terjadi. Hal inilah yang terkadang menyebabkan beberapa masalah kulit hingga akhirnya memengaruhi kecantikan sang ibu. Berikut beberapa masalah yang sering dialami:

Melasma

Penyebabnya yaitu sinar UV, faktor genetik dan perpaduan meningkatnya esterogen serta progesteron yang membuat kulit Anda menjadi lebih gelap. Cara mengatasinya, yaitu gunakanlah krim wajah yang mengandung kaya vitamin C, E dan A serta rajinlah melakukan peeling untuk membantu proses dalam pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Jerawat

Penyebab jerawat pasca melahirkan biasanya yaitu dipengaruhi perubahan hormon. Cara mengatasinya yaitu memakai produk dengan kandungan benzoyl peroksida yang mampu menembus pori-pori yang tersumbat serta membersihkan kotoran-kotoran di dalamnya. 

Zat ini pun aman bagi ibu menyusui. Namun, bagi Anda yang memiliki jerawat cukup parah, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Munculnya Pembuluh Vena

Peningkatan sirkulasi darah serta hormon dapat membuat pembuluh vena tersebut akan terlihat di permukaan kulit yang memiliki bentuk seperti sarang laba-laba. Cara mengatasinya yaitu gunakanlah ekstrak raspberry merah maupun produk yang mengandung bioflavinoid untuk membantu memperkuat pembuluh vena Anda. 

Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun maupun emolien, misalnya shea butter supaya kulit Anda tetap halus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Kulit Kering dan Mengelupas

Perubahan hormon seringkali dapat membuat kulit kehilangan kelembaban sehingga dapat membuat kulit kering serta mengelupas. Cara menguranginya yaitu dengan menggunakan pembersih ringan dengan mengandung banyak pelembab.

 Bacalah label bahan produk Anda untuk memastikan pembersih tersebut bebas dari pewangi, bebas zat aditif, serta selalu memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Bisakah kecantikan ibu bisa kembali?

Tentunya, bisa. Caranya yaitu dengan mengubah ‘tata cara” rutinitas kecantikan. Hal ini merupakan salah satu pelajaran paling berharga setelah Anda menjadi ibu baru. Faktanya, waktu merupakan kemewahan bagi Anda, apalagi apabila harus dipotong dengan belasan menit untuk berdandan serta menata rambut saja.

Dalam bulan-bulan pertama pasca bayi hadir dalam kehidupan Anda, maka hal terbaik yang dapat Anda lakukan yaitu untuk mengurus diri sendiri mungkin hanyalah rutin menyikat gigi, mandi serta keramas. 

Namun, dengan munculnya beragam kosmetik aman bagi Anda, anda dapat memulainya dengan menggunakan pelembab serta sunscreen supaya kulit terlindungi dari sinar matahari. Tidak lupa dengan olesan lipstick yang menarik akan menambah cantik penampilan Anda. 

Tips tetap cantik pasca melahirkan

Tips tetap cantik pasca melahirnya yaitu dengan melakukan perawatan, Anda dapat melakukan perawatan laser yang berfungsi untuk menghilangkan berbagai kelainan pigmentasi pada wajah sehingga Anda dapat membuatnya cerah kembali. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Laser tersebut akan menyasar dua lapisan kulit yaitu kulit bagian atas serta kulit bagian dalam. Penggunaan dari laser ini diharapkan dapat merangsang kolagen sehingga akan membuat wajah menjadi lebih halus, kenyal, serta cerah.

Sementara itu, dokter spesialis kulit dan kelamin yaitu Jonathan R Subekti menambahkan bahwa pada keluhan berupa stretchmark, maka dapat dilakukan teknik radiofrekuensi minimal 40 hari setelah masa nifas wanita. 

Jangan lakukan radiofrekuensi pada saat masih hamil, hal ini akan membahayakan janin, serta gunakanlah pelembab untuk mencegahnya dan mengatasinya.

Itulah penjelasan mengenai masalah kecantikan yang paling sering dialami oleh ibu pasca-melahirkan. Perubahan hormon menjadi faktor terbesar maalah tersebut sehingga Anda harus tahu bagaimana cara merawat kecantikan dengan benar.


7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app