Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Manuka Oil - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 857.354 orang

Manuka oil yang berasal dari pohon manuka atau Leptospermum scoparium merupakan spesies tanaman berbunga dari keluarga myrtle Myrtaceae, Australia dan Selandia Baru. 

Pohon manuka merupakan jenis pohon yang subur dan sering merupakan salah satu spesies pertama yang hidup di lahan yang dibuka.

Pohon Manuka memiliki berbagai macam manfaat. Manuka oil yang banyak dibuat obat, diproduksi dengan penyulingan uap dari daunnya. Uap dari daun yang direbus dalam air dihirup untuk mengatasi masuk angin

Ramuan disiapkan dari daun dan kulit kayu dan cairan hangat digosokkan pada otot-otot yang kaku dan persendian yang sakit dan masih banyak manfaat lainnya dari pohon tersebut.

Namun pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat, efek samping dan dosis dari manuka oil. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai manuka oil. Selamat membaca.

Mengenai Manuka Oil

Golongan

Aromatherapy

Kemasan

Minyak esensial

Kandungan

  • 60-70% berasal dari 35 seskuiterpen yang berbeda, dengan yang paling terkonsentrasi (-) - trans-calamenene (12,5%), d-cadinene (6,3%), cadina-3,5-diene (6,3%), a-copaene (5,3%), dan cadina-1,4-diene (4,7%).
  • 22% dari triketon, dengan tiga yang paling terkonsentrasi adalah leptospermone, flavesone, dan isoleptospermone.
  • 5% dari monoterpen seperti a-pinene.

Manfaat Manuka Oil

    • Manuka oil memiliki sifat pembersihan dan antiseptik yang kuat dan memiliki aktivitas antibakteri selektif terhadap organisme Gram-positif khususnya S. aureus.
    • Manuka oil dapat membantu mengatasi ketombe yang disebabkan oleh kurangnya kelembaban dan minyak di kulit kepala, degenerasi kulit kepala, dan infeksi. 
    • Manuka oil dapat menjaga keseimbangan kelembaban dan minyak di kulit kepala, serta dapat menghentikan degenerasi kulit kepala, dan juga dapat melawan segala jenis infeksi pada kulit kepala.
    • Manuka oil dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh, seperti yang menimbulkan infeksi bakteri di usus besar, sistem kemih, saluran pernapasan, dan daerah rentan lainnya. Minyak esensial tersebut juga berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-jamur dan anti-alergi.
    • Manuka oil juga diketahui dapat menghilangkan bau dari aroma tubuh dan menciptakan aroma dan rasa yang menyegarkan. Minyak tersebut sangat efektif dalam melawan bau badan selama musim panas atau ketika melakukan aktivitas fisik.
    • Manuka oil dapat memberikan perasaan rileks atau santai untuk melawan depresi, kegelisahan, kemarahan, stres, gangguan saraf, dan gangguan lainnya. Minyak esensial tersebut juga baik untuk orang hipertensi yang tekanan darahnya meningkat pada saat terjadi kecemasan atau ketegangan sekecil apapun, sehingga dapat membantu melindungi jantung.
    • Manfaat lainnya yaitu minyak tersebut memiliki berbagai efek pada kulit. Minyak tersebut dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal, ruam, penyakit kulit, luka, radang, dan masalah lain yang berhubungan dengan kulit, serta dapat menyembuhkan rasa sakit pada otot dan persendian.

    Dosis Manuka Oil

    Dosis manuka oil yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia, faktor kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis penggunaan manuka oil yang tepat.

    Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang tertera pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan minyak esensial tersebut.

    Kontraindikasi

    Hindari penggunaan selama kehamilan karena aktivitas spasmolitik yang dilaporkan.

    Efek samping Manuka Oil

    Ketika digunakan sesuai dengan instruksi, minyak esensial ini umumnya dapat ditoleransi dengan baik, namun efek samping berikut mungkin dapat terjadi:

    • Dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama jika lebih dari beberapa tetes digunakan sekaligus
    • Dapat membakar selaput lendir seperti mata dan rongga hidung, yang merupakan area yang harus dihindari

    Interaksi Manuka Oil dengan Obat Lain

    Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti interaksi manuka oil dengan penggunaan obat-obatan lain.

    Informasi Penting Mengenai Manuka Oil

    Hindari penggunaan manuka oil selama kehamilan karena aktivitas spasmolitik yang dilaporkan. Keamanan penggunaan mauka oil untuk ibu menyusui masih belum diketahui secara pasti.

     Sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan minyak esensial tersebut.

    Sebelum Anda menggunakan manuka oil ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari minyak esensial tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
    Submit

    Pesan Pengiriman Obat Ini

    Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

    Chat di WhatsApp