7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Dipublish tanggal: Sep 26, 2019 Update terakhir: Agu 5, 2021 Tinjau pada Okt 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Olahraga yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik kesehatan fisik maupun mental dan bisa dilakukan di mana saja dengan mudah;
  • Gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, kekuatan, dan fleksibilitas yang juga dapat membantu meningkatkan fungsi kerja organ tubuh;
  • Manfaat yoga antara lain meredakan nyeri punggung, menjaga fungsi otak dan kesehatan jantung, serta mengurangi tingkat stres ataupun depresi;
  • Bikram yoga dapat membantu melancarkan aliran darah serta menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol, dan obesitas;
  • Temukan dan booking paket medical check up atau paket pemeriksaan kesehatan dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Anda juga bisa menjalani perawatan fisioterapi sakit punggung (back pain) yang khusus membantu mengurangi rasa nyeri pada punggung;
  • Klik untuk membeli suplemen vitamin atau obat saraf dan otak lainnya melalui HDMall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga populer yang mulai banyak digandrungi para pecinta olahraga, terutama mereka yang berfokus pada latihan pernapasan, kekuatan, dan fleksibilitas. 

Senam yoga diklaim dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Yoga sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu yuji, yang berarti kuk atau penyatuan sehingga yoga memiliki tujuan untuk menyatukan pikiran dan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

7 Manfaat yoga untuk kesehatan

1. Mengurangi sakit punggung

Beberapa penelitian menunjukkan salah satu manfaat yoga adalah dapat mengurangi sakit punggung bagian bawah atau nyeri kronis di beberapa bagian tubuh. Gerakan yoga bahkan dianggap sama baiknya dengan terapi fisik dalam mengurangi rasa nyeri tersebut. 

Jika senam yoga dilakukan secara teratur dalam waktu yang cukup lama juga akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan karena gerakan peregangan pada yoga dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur dan mengurangi rasa kaku terutama di bagian punggung belakang dan lutut.

Baca juga: Nyeri Punggung? Atasi dengan 6 Cara Berikut!

2. Mengoptimalkan fungsi otak

Salah satu manfaat yoga dapat membantu menstimulasi fungsi otak dan meningkatkan kadar energi yang positif sehingga berdampak pula pada suasana hati seseorang. Karena salah satu fungsi otak terkait pula dengan perilaku yang dapat mengatur respons dan kebiasaan emosional seseorang. 

Tak hanya itu, yoga juga dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan membuat kemampuan memori otak berkerja dengan lebih baik.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling sering menjadi penyebab kematian. Sebuah penelitian menemukan hubungan antara yoga dengan kesehatan jantung di mana yoga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti pengaruh tekanan darah, kadar kolesterol, maupun indeks massa tubuh (BMI). Jenis yoga seperti Bikram Yoga pun dapat meningkatkan aliran pembuluh darah menjadi lebih lancar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Baca juga: Anak Muda Juga Harus Rutin Jalani Pemeriksaan Jantung

4. Mengurangi stres

Sama seperti manfaat olahraga lainnya, senam yoga secara teratur juga dapat membantu mengurangi stres dan membantu tubuh menjadi lebih rileks. 

Gelombang hormon stres seperti hormon adrenalin dan kortisol jika terjadi secara terus menerus dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Namun menurut sebuah penelitian, dengan berlatih yoga secara teratur, Anda dapat memiliki kadar kortisol yang rendah sehingga Anda tidak mudah merasa stres. 

5. Meredakan rasa cemas

Sebagian orang mungkin mudah merasa cemas terutama ketika merasakan beberapa kondisi tertentu, seperti keadaan panik, memiliki persoalan sosial, fobia akan hal tertentu, maupun gangguan stres pasca trauma (Post-Traumatic Stress Disorder/PTSD) sehingga dapat membuat seseorang mudah merasakan perubahan suasana hati atau mood. Tetapi dengan melakukan yoga, Anda akan lebih mampu mengontrol emosi dan suasana hati sehingga baik dalam melatih fokus dan kesabaran serta mengalami penurunan rasa cemas berlebihan.

6. Mengelola depresi

Beberapa orang yang mengalami depresi berat mungkin memerlukan terapi tertentu sebagai salah satu bentuk pengobatannya, tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat yoga lainnya dapat mengurangi gejala depresi termasuk ketika hamil atau depresi pasca persalinan (postpartum). 

Selain menjaga kesehatan mental Anda, manfaat yoga juga dapat membuat Anda lebih mudah tidur dan meningkatkan kualitas tidur Anda karena yoga dianggap dapat meningkatkan produksi hormon melatonin (hormon pengatur tidur).

Baca juga: Cara Mengatasi Insomnia dengan Yoga

7. Meningkatkan kualitas hidup

Tidak sedikit penderita penyakit kronis yang melakukan yoga sebagai bagian dari olahraga atau aktivitas fisik tambahan bersamaan dengan pengobatan medis untuk membantu meningkatkan kualitas hidup. Beberapa kondisi seperti kanker prostat, kanker payudara, stroke, peradangan usus besar (ulcerative colitis), maupun radang sendi (rheumatoid arthritis) dapat terbantu akibat senam yoga yang rutin. 

Beberapa tambahan manfaat yoga untuk kesehatan meliputi mengurangi peradangan (inflamasi), mengurangi rasa lelah, memperlancar pernapasan, meredakan migrain dan sakit kepala, serta membantu meningkatkan fungsi kerja organ penting tubuh. Selain itu, olahraga yoga juga dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik, fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga – Benefits Beyond the Mat. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/yoga-benefits-beyond-the-mat)
Top 10 Health Benefits of Yoga. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/top-health-benefits-of-yoga-3566733)
Büssing, Arndt & Michalsen, Andreas & Khalsa, Sat Bir & Telles, Shirley & Sherman, Karen. (2012). Effects of Yoga on Mental and Physical Health: A Short Summary of Reviews. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM. 2012. 165410. 10.1155/2012/165410.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/231176721_Effects_of_Yoga_on_Mental_and_Physical_Health_A_Short_Summary_of_Reviews)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app