GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Nyeri Punggung Terjadi Saat Work from Home? Atasi dengan 6 Cara Berikut!

Dipublish tanggal: Mei 27, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Nyeri Punggung Terjadi Saat Work from Home? Atasi dengan 6 Cara Berikut!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Nyeri punggung (back pain) dapat terjadi karena banyak faktor, di antaranya gerak dan aktivitas fisik yang terbatas, terlalu banyak duduk, kesalahan posisi tidur ataupun masalah pada postur tubuh
  • Nyeri punggung terbagi menjadi beberapa jenis tergantung letak atau posisi nyeri, seperti nyeri punggung bawah, sakit pinggang sebelah kiri, sakit pinggang belakang, sakit pinggang sebelah kanan, hingga nyeri punggung bagian lain
  • Untuk membantu mengatasi nyeri punggung saat work from home, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti memijat otot yang pegal dan tegang, mengoleskan krim salep, mandi air hangat dengan air garam epsom
  • Lakukan juga peregangan atau olahraga ringan seperti yoga, berjalan kaki, berenang, dan pilates yang dapat mengurangi rasa nyeri punggung. Perhatikan pula postur tubuh ketika duduk, tidur, maupun saat beraktivitas
  • Jika nyeri punggung telah berlangsung lama (6 minggu atau lebih), terjadi peningkatan rasa sakit, serta disertai dengan kelemahan, kesemutan, atau mati rasa pada bagian lengan atau kaki, segera periksakan ke dokter
  • Anda juga bisa menjalani perawatan fisioterapi sakit punggung (back pain) yang khusus membantu mengurangi rasa nyeri punggung, memperbaiki postur tubuh, serta melemaskan otot punggung yang tegang

Nyeri punggung atau dikenal dengan istilah back pain mungkin dirasakan oleh sebagian orang. Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor, terlebih saat ini gerak dan aktivitas kita menjadi sedikit terbatas karena hanya di rumah saja. 

Belum lagi ada banyak kegiatan yang dilakukan dengan duduk terus sepanjang hari di depan layar laptop atau handphone yang membuat risiko nyeri punggung meningkat. Jika dibiarkan, nyeri punggung dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti berkurangnya keseimbangan tubuh, gangguan kemih dan buang air besar, hingga menyebabkan kerusakan saraf kaki.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Nyeri punggung sendiri terbagi menjadi beberapa jenis tergantung letak atau posisi nyeri, misalnya nyeri punggung bawah (low back pain), sakit pinggang sebelah kiri, sakit pinggang belakang, sakit pinggang sebelah kanan, hingga nyeri punggung bagian lain.

6 Cara mengatasi nyeri punggung saat work from home

Untuk membantu mengatasi sakit punggung tersebut, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal berikut di rumah, yaitu:

1. Pijatan membuat otot pegal atau tegang menjadi rileks

Memijat bagian otot punggung yang nyeri atau tegang secara perlahan dan lembut dipercaya menjadi salah satu cara paling efektif untuk membantu meringankan atau menghilangkan nyeri punggung. 

Selain itu, terapi pijat yang dilakukan juga bisa membantu menjaga kesehatan punggung belakang, meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi konsumsi obat antiinflamasi yang berfungsi untuk meredakan nyeri.

2. Oleskan krim salep atau minyak penghilang rasa sakit pada punggung

Saat ini ada beragam jenis krim salep atau minyak yang dapat membantu meringankan rasa nyeri punggung atau sakit pinggang. Salah satunya adalah salep dengan kandungan capsaicin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit punggung atau area tubuh lain yang mengalami nyeri.

Kandungan bahan lain yang terdapat pada produk penghilang rasa sakit punggung untuk dioleskan pada punggung meliputi methyl salicylate (Air Salonpas Spray atau Counterpain Gel) ketoprofen (Diractin), ibuprofen (Nurofen or Dolgit), diclofenac (Voltaren), lidocaine (Lidoderm), dan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, Icy Hot atau Tiger Balm mungkin juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri punggung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat topikal seperti krim salep atau minyak tak kalah efektif dengan penggunaan obat oral.

3. Lakukan peregangan untuk meredakan sakit punggung

Aktif bergerak atau melakukan peregangan secara teratur juga menjadi salah satu kebiasaan sehat untuk membantu meredakan sakit punggung. Hal tersebut dikarenakan olahraga dapat membantu memulihkan otot dan melindungi tubuh dari rasa sakit. Beberapa jenis olahraga yang bisa diterapkan antara lain yoga, berjalan kaki, berenang, dan pilates.

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Dengan menjalani peregangan atau latihan fisik yang rutin maka otot yang tegang dapat kembali rileks sekaligus meningkatkan kekuatan otot. Untuk memulainya, lakukan peregangan secara perlahan dan hindari aktivitas yang justru dapat menyebabkan otot menjadi tegang.

4. Mandi dengan air garam untuk memberi efek tenang

Penggunaan garam Epsom yang mengandung magnesium sulfat dipercaya dapat membantu meredakan otot penyebab sakit punggung terutama setelah berolahraga. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium sulfat bekerja melalui kulit dan meresap ke dalam otot yang sakit.

Campurkan garam Epsom saat mandi air hangat. Jangan menggunakan air panas karena dapat menyebabkan pembengkakan otot (terutama bagi penderita penyakit jantung), begitupun dengan air dingin yang justru dapat menyebabkan kekakuan otot atau kram. Suhu air hangat disarankan berada di kisaran 33-38 derajat celcius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tak hanya meredakan sakit punggung, garam epsom juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, meliputi pengelupasan sel kulit mati, melembutkan dan menghaluskan kulit, serta mengurangi area gatal pada tubuh. 

5. Perbaiki postur tubuh saat beraktivitas

Salah satu penyebab sakit punggung bawah terjadi akibat posisi postur tubuh yang kurang tepat. Terlebih dalam keseharian kita banyak melakukan aktivitas dengan duduk yang tidak disadari dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Postur tubuh yang benar dan ideal ketika duduk di kursi, seluruh tulang di bagian punggung belakang berada di garis lurus yang sama dan tegak. Tumpukkan kaki pada lantai dengan tangan yang sejajar dan rileks ketika menyentuh laptop atau mouse.

6. Perhatikan posisi tidur

Jika Anda memiliki riwayat sakit punggung dan kebiasaan tidur miring, coba letakkan bantal di antara kedua lutut sehingga membantu otot menjadi lebih rileks. Hindari pula tidur tengkurap karena dapat meningkatkan nyeri punggung. Tetapi untuk mengatasinya, Anda bisa letakkan bantal di bawah perut dan panggung untuk mengurangi ketegangan pada punggung.

Jika sakit punggung masih terus terjadi dan 6 cara mengatasi nyeri punggung di atas belum ampuh, coba periksakan diri ke dokter. Terlebih jika rasa nyeri telah berlangsung lama (6 minggu atau lebih), terjadi peningkatan rasa sakit, serta disertai dengan kelemahan, kesemutan, atau mati rasa pada bagian lengan atau kaki.

Anda juga bisa mengatasi nyeri punggung dengan melakukan terapi fisik atau fisioterapi tulang belakang. Saat ini, fisioterapi punggung belakang dengan menggunakan teknologi Shock Wave Therapy sehingga tidak menimbulkan rasa sakit dan terapi fisik dikhususkan untuk mengurangi nyeri punggung, memperlancar peredaran darah dan oksigen di area punggung, sekaligus memperbaiki postur tubuh.

Baca selengkapnya: Cek Paket Fisioterapi untuk Atasi Nyeri Punggung

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD. 10 Ways to Manage Low Back Pain at Home. (https://www.webmd.com/back-pain/features/manage-low-back-pain-home)
Healthline. What You Should Know About Low Back Pain. (https://www.healthline.com/health/low-back-pain-acute)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app