Olahraga dan Kebugaran

Manfaat Peregangan & Contoh Gerakan Meregangkan Tubuh saat Bekerja

Dipublish tanggal: Jul 12, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Peregangan & Contoh Gerakan Meregangkan Tubuh saat Bekerja

Munculnya rasa pegal, tulang punggung sakit, serta mudah lelah, bisa disebabkan karena kurangnya gerak. Apalagi saat bekerja biasanya terlalu banyak duduk dan berjam-jam menatap komputer. Hal ini akan menyebabkan nyeri pada leher akibat postur tubuh yang cenderung membungkuk saat mengetik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari munculnya masalah tadi adalah melakukan peregangan. Gerakan peregangan mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun. Anda juga dapat melakukan gerakan peregangan saat bekerja di kantor.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Manfaat Peregangan

Peregangan biasanya dilakukan dengan gerakan yang sederhana, tetapi dapat mengembalikan postur tubuh, sehingga dapat menghindari munculnya rasa nyeri pada tubuh. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari melakukan peregangan, yaitu:

  • Meningkatkan fleksibilitas. Rutin melakukan peregangan akan meningkatkan fleksibilitas. Tubuh yang fleksibel atau lentur tidak hanya memudahkan saat berolahraga, tetapi juga dapat membantu aktivitas sehari-hari.
  • Mengurangi stres. Melakukan peregangan akan membuat otot tubuh menjadi santai dan rileks, sehingga dapat menghindari terjadinya stres.
  • Memperbaiki metabolisme tubuh.  Peregangan yang dilakukan secara rutin dapat melancarkan sistem peredaran darah, sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme.
  • Menghindari cedera. Melakukan peregangan dapat memaksimalkan vitalitas, sehingga tubuh mudah beradaptasi dengan gerakan tiba-tiba. Hal ini akan membantu tubuh terhindar dari cedera yang terjadi saat berolahraga.
  • Memperbaiki postur tubuh. Posisi duduk yang salah akan menyebabkan tubuh cenderung membungkuk. Melakukan peregangan dapat mengembalikan posisi punggung menjadi tegak. Selain itu, melakukan peregangan juga dapat mengembalikan tulang ekor pada posisinya.

Gerakan meregangkan tubuh saat bekerja

Beberapa gerakan yoga dapat dilakukan sebagai latihan peregangan. Anda dapat melakukan gerakan ini di sela-sela pekerjaan, sehingga dapat menghilangkan ketegangan pada tubuh serta pikiran menjadi lebih fokus. Berikut beberapa gerakan peregangan yang dapat dilakukan, antara lain:

Side Stretch

Posisi ini dilakukan dengan berdiri dan kedua kaki merapat. Kemudian regangkan punggung dan angkat kedua tangan lurus di atas kepala. Letakkan tangan kiri di atas pergelangan tangan kanan dan miringkan tubuh ke kiri. 

Tahan gerakan ini beberapa detik dan tukar posisi. Gerakan ini akan membantu meregangkan tubuh dan membantu mengembalikan posisi tubuh menjadi tegak kembali.

Shoulder Stretch

Gerakan ini dilakukan dengan melebarkan kaki sejajar pinggul. Kaitkan jari-jemari ke belakang punggung dan tarik bahu ke belakang. Kemudian secara perlahan bungkukkan tubuh ke depan. Gerakan ini meluruskan bahu dan menegakkan punggung agar tidak membungkuk.

Thigh Stretch

Gerakan ini dilakukan dengan berdiri, kaki lurus, dan tangan berada di samping tubuh. Kemudian tekuk kaki kiri ke belakang dan genggam ujung kaki kiri dengan tangan kiri. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tendangkan kaki kiri mengarah ke luar dan luruskan kaki. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan ganti dengan kaki kanan. Gerakan ini bermanfaat untuk meringankan masalah punggung.

Seated Pigeon

Gerakan ini dilakukan dengan duduk di ujung kursi dan menjejakkan kaki di lantai. Kemudian angkat betis kanan dan tempatkan di paha kiri. Tekan tangan kiri ke dalam telapak kaki kanan dan berikan tekanan pada kaki kanan untuk melawan tekanan yang diberikan oleh tangan kiri. 

Gerakan ini bermanfaat untuk mengatasi pegal linu di punggung bawah dan panggul.

Chair Raised Hand Stretch

Gerakan ini dilakukan dengan posisi kedua kaki mantap menginjak lantai, kemudian angkat kedua tangan menghadap langit-langit. Tahan posisi ini selama beberapa detik, kemudian ulangi beberapa kali. Peregangan ini bermanfaat untuk memperbaiki posisi tubuh dan meregangkan tubuh.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Do I need to stretch before exercising?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/exercise/stretch-before-exercising/)
The importance of stretching. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-importance-of-stretching)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app