Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Manfaat Olahraga Renang yang Tidak Bisa Didapatkan Dari Olahraga Lain

Oleh karena itu untuk menjaga kebugaran tubuh, banyak orang yang memilih olahraga berenang, karena olahraga berenang dapat melatih tubuh secara menyeluruh dapat dilakukan oleh semua orang dan yang paling penting, memiliki intensitas yang tidak terlalu tinggi. Untuk lebih jelasnya, mari disimak 5 manfaat yang tidak dimiliki olahraga lain.
Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 575.239 orang

Berenang adalah olahraga yang cocok dilakukan untuk orang-orang dari segala usia. Berenang adalah salah satu kegiatan yang mudah dan murah. Berenang juga dapat membantu seseorang untuk tetap bugar, dan menjaga kesehatan mental.

Idealnya, orang yang berusia 19 hingga 64 tahun harus melakukan 150 menit aktivitas aerobik dengan intensitas sedang setiap minggunya.  Penting untuk memasukkan pola latihan yang meningkatkan kekuatan ke dalam rutinitas apapun untuk menjaga otot tetap kuat dan fleksibel. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang baik, kegiatan ini mungkin bisa dilakukan sepanjang hidup Anda.

Namun masalahnya, tidak semua orang menyukai olahraga Angkat beban atau olahraga berkelompok, karena untuk melakukan angkat beban, biasanya terkendala dengan peralatan. Sedangkan untuk olahraga berkelompok, tidak semua orang dapat melakukannya. 

Mengingat dibutuhkan kemampuan khusus untuk melakukan olahraga berkelompok seperti sepak bola, bola basket, voli dan lainya. 

Oleh karena itu untuk menjaga kebugaran tubuh, banyak orang yang memilih olahraga berenang, karena olahraga berenang dapat melatih tubuh secara menyeluruh dapat dilakukan oleh semua orang dan yang paling penting, memiliki intensitas yang tidak terlalu tinggi. 

Untuk lebih jelasnya, mari disimak 5 manfaat yang tidak dimiliki olahraga lain.

1. Aman dilakukan selama kehamilan

Berenang dianjurkan untuk orang yang sedang hamil. Berenang adalah bentuk olahraga yang disarankan untuk seorang wanita hamil. Karena saat seorang wanita hamil, mereka cenderung akan menambah berat badan yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot selama kehamilan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Berenang sangat populer di antara kalangan orang hamil karena berenang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh tanpa memberikan beban yang terlalu berat pada persendian dan otot

Yang perlu Anda ingat adalah, setiap individu memiliki kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas apapun sangat disarankan, khususnya jika kehamilan memasuki trimester lanjut.

2. Membakar kalori

Selain berlari, berenang adalah salah satu olahraga kardio terbaik yang dapat dilakukan untuk membakar kalori. Walaupun jumlah kalori yang terbakar tergantung pada berat badan seseorang dan seberapa kuat mereka berenang. 

Namun berbeda dengan berlari, saat Anda berenang, Anda membutuhkan usaha yang jauh lebih sedikit untuk membakar kalori.

3. Cocok untuk segala usia dan tingkat kebugaran

Beberapa jenis olahraga seperti olahraga angkat beban atau olahraga berkelompok, mungkin agak sulit dilakukan oleh orang-orang pada kelompok tertentu. 

Namun, berenang dapat dilakukan oleh semua orang termasuk oleh orang tua dan orang yang memiliki penyakit penyerta seperti epilepsi, rematik, sakit jantung dan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Seseorang dapat belajar berenang pada usia yang sangat muda, dan sebagian besar kolam renang memiliki area khusus untuk pemula dan orang yang lebih memilih untuk berenang secara perlahan.

4. Melatih otot seluruh tubuh

Berenang dapat meningkatkan detak jantung, mengencangkan otot, dan mengatur berat badan.

Berenang melibatkan hampir setiap kelompok otot utama, yang mengharuskan seseorang untuk menggunakan lengan, kaki, dada, dan perut mereka.

Berbeda dengan olahraga lain yang hanya fokus pada otot-otot tertentu, seperti berlari yang berfokus pada otot kaki, berenang berfokus pada semua otot seluruh tubuh. Oleh karena itu dibandingkan dengan berlari, olahraga renang lebih direkomendasikan oleh orang yang ingin membentuk tubuh mereka

5. Memiliki risiko mengalami cedera lebih kecil

Dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya, berenang memiliki risiko cedera yang paling kecil. hal ini dipengaruhi oleh daya apung air yang membantu mengurangi beban tubuh selama di dalam air.

Bila dibandingkan dengan berlari, sendi-sendi kaki berisiko mengalami cedera karena berat badan Anda ditopang oleh kaki selama berlari. Sedangkan saat berenang, persendian Anda justru terlindungi dari stres dan tekanan karena dorongan air bukanlah suatu benturan keras yang membahayakan. 

Oleh karena itu, olahraga ini sangat baik dilakukan oleh seorang wanita yang sedang hamil atau seseorang yang menderita rematik untuk menghindari terjadinya kerusakan sendi lebih jauh.

Namun lain halnya dengan atlet renang profesional, resiko cederanya bisa jadi lebih besar. Atlet renang berisiko mengalami cedera bahu dan lutut akibat gerakan tangan dan kaki secara berulang-ulang. Supaya lebih aman, selalu ikuti instruksi dari pelatih agar risiko cedera bisa dihindari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit