Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 10, 2020 Tinjau pada Mei 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Daun sirsak  (Annona muricata Linn) memiliki banyak manfaat, yang saya maksud disini yaitu manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat daun sirsak ini banyak sekali kita jumpai di Bumi Indonesia yang subur ini, jadi jangan sampai kita sia-siakan sumber daya alam yang melimpah disekitar kita.

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan

Sirsak mengandung senyawa annonahexoxin, annocacin, annomurin, anonol,asam linoleate dan muricapentocin. Annenoceus acetogenins dapat berfungsi sebagai antibakteri, antiparasit, insektisida, antitumor dan antipiretik.

Manfaat daun sirsak yang sudah banyak diketahui yaitu dapat digunakan untuk mengobati kanker. Namun masih banyak lagi manfaat daun sirsak yang lainnya, yakni:

1. Menurunkan demam

Manfaat daun sirsak sebagai obat demam telah dibuktikan dan lama digunakan di berbagai negara seperti Haiti, Jamaika dan Hindia Barat. Menurut Raintree Nutrition's Tropical Plant Database, daun sirsak bersama dengan jus buah sirsak dapat membantu suhu tubuh menjadi turun (meredakan demam).

Dalam budaya Peru, teh yang terbuat dari daun sirsak dilaporkan membantu meredakan peradangan selaput lendir dan dapat meredakan demam. Menurut penelitian Adam Belowski, Ekstrak rendaman daun sirsak dengan nosis 400mg/kg memberikan efek yang setara dengan aspirin (100mg/kg)

2. Menyehatkan pencernaan

Amerika Selatan dan Karibia memiliki budaya mengobati penyakit seperti diare dan disentri dengan buah sirsak, sedangkan daun sirsak dilaporkan membantu membunuh parasit cacing pita dalam saluran cerna. Jus buah/daun sirsak ini juga diduga membantu membersihkan tubuh dari parasit dan racun berbahaya. Menurut penelitian Ferreira dilaporkan bahwa daun sirsak dapat menurunkan jumlah cacing perut pada hewan coba secara laboratoris.

3. Mengobati Kanker

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat daun sirsak dapat mengobati kanker, tapi banyak herbalis percaya bahwa daun sirsak memiliki potensi untuk membunuh sel-sel kanker. Belum ada obat kanker yang khusus terbuat dari daun sirsak, tapi biasanya daun sirsak digunakan sebagai suplemen selama terapi kanker.

4. Mengatasi depresi

Beberapa herbalis percaya alkaloid di dalam daun sirsak dapat mengurangi gejala depresi dengan cara menghambat serotonin pada otak. Serotonin dalam otak Anda mengatur suasana hati (mood) dan emosi, seperti kebahagiaan dan kesedihan. Penelitian tentang alkaloid menunjukkan bahwa senyawa kimia tersebut malah dapat menyebabkan efek samping pada sistem saraf dan menyebabkan penyakit Parkinson, menurut China-Herbs.org.

5. Sebagai obat penenang

Sejumlah budaya Amerika Selatan dan Karibia menggunakan daun sirsak, serta akar tanaman dan kulit pohon sirsak sebagai obat penenang. Daun sirsak ini juga digunakan untuk mengobati masalah jantung.

Efek yang tepat atau efek samping atas penggunaan tersebut tidak diketahui secara pasti, dan belum ada penelitian ilmiah terkemuka yang telah dilakukan yang dapat mendukung hal ini.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app