GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Mengenal Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya

Dipublish tanggal: Feb 3, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya

Buah sirsak yang memiliki rasa segar dan sedikit asam ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti membantu mengatasi masalah kulit, meredakan flu dan batuk, mengatasi nyeri sendi, herpes, dan radang tenggorokan, serta membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Tetapi berbagai manfaat kesehatan tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut, terutama seputar keefektifan dan keamanan daun sirsak sebagai bagian dari alternatif pengobatan.

Tak hanya buah sirsak yang baik bagi tubuh, tetapi daun sirsak (graviola) juga termasuk salah satu jenis tanaman obat yang dianggap ampuh mengobati berbagai gangguan kesehatan, terutama sebagai obat kanker. Jika buah sirsak dapat langsung dimakan, penggunaan daun sirsak sebagai bagian dari pengobatan biasanya dikemas dalam bentuk teh, suplemen, atau bahkan direbus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Manfaat daun sirsak untuk mencegah penyakit kanker

Dalam pengobatan penyakit kanker, umumnya beberapa pasien akan menjalani pengobatan medis, baik melalui kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, hingga obat-obatan tertentu. Tetapi tak sedikit pula yang mencoba cara lain, termasuk pengobatan alternatif dengan tanaman obat seperti daun sirsak.

Daun sirsak sudah lama dipercaya dapat membantu mengobati penyakit kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker paru paru. Selain itu, sirsak mengandung berbagai vitamin (vitamin A, vitamin B, vitamin C), folat, dan mineral penting (magnesium, kalsium, zat besi) yang menjadi sumber nutrisi bagi kesehatan tubuh.

Sirsak sendiri mengandung annonaceous acetogenins yang termasuk dalam turunan asam lemak yang dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan Acetogenins yang terutama terdapat pada daun sirsak (graviola) bekerja dengan cara memangkas pertumbuhan sel yang abnormal pada aliran darah. Acetogenins tersebut memiliki sifat antimikroba, antiradang, antibakteri, serta antikanker yang kuat sehingga dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi ataupun pengobatan kanker lainnya.

Baca juga: Efek Samping Kemoterapi dalam Pengobatan Kanker

Efek samping daun sirsak pada tubuh

Tak hanya manfaat kesehatan yang terkandung pada daun sirsak terutama sebagai obat kanker, tetapi penggunaan daun sirsak (graviola) secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping terutama pada hati dan ginjal karena dapat menurunkan fungsi hati (liver) serta menambah fungsi kerja ginjal dalam menyaring air rebusan daun sirsak.

Efek samping daun sirsak bagi kesehatan lainnya, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Gangguan pencernaan, seperti sulit buang air besar (BAB)
  • Gangguan sistem gerak tubuh
  • Gangguan asam lambung
  • Gangguan ginjal
  • Halusinasi
  • Mempengaruhi fungsi hormon dan enzim tubuh

Bahkan mengonsumsi suplemen dengan kandungan daun sirsak bisa menimbulkan risiko kerusakan saraf. Apabila hal tersebut terjadi pada otak, maka dapat menimbulkan kerusakan saraf otak, termasuk penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Baca juga: Efek Samping Daun Sirsak Bila Dikonsumsi Berlebihan

Siapa saja yang tidak boleh mengonsumsi daun sirsak?

Meski khasiat daun sirsak dianggap bisa membantu mencegah penyakit kanker, tetapi jika Anda menderita penyakit kanker dan sedang menjalani prosedur pengobatan medis, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan khasiat daun sirsak belum bisa dipastikan sepenuhnya dan memungkinkan terjadinya interaksi dengan obat kanker atau meningkatkan risiko toksisitas pada tubuh.

Daun sirsak juga tidak boleh sembarangan dikonsumsi dan tidak disarankan bagi mereka yang memiliki kondisi berikut:

  • Sedang hamil dan menyusui
  • Sedang menjalani pengobatan diabetes atau hipertensi
  • Akan menjalani prosedur pemeriksaan pencitraan menggunakan teknologi nuklir (nuclear imaging) seperti PET Scan
  • Memiliki kadar trombosit atau tekanan darah rendah
  • Menderita penyakit Parkinson, gangguan hati maupun gangguan ginjal

Untuk menghindari komplikasi atau memperparah kondisi kesehatan, sebelum mengonsumsi ekstrak daun sirsak (graviola), maka ada baiknya untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter terutama selama masa pengobatan. Hal ini untuk mencegah terjadinya interaksi antar obat atau efek samping yang membahayakan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medical News Today. Graviola: Benefits, side effects, and more. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php)
Verywellfit. Soursop Tea Benefits and Side Effects. (verywellfit.com/soursop-tea-benefits-and-side-effects-4163737). 22 Juli 2019
WebMD. Graviola: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1054/graviola)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app