Apa Saja Manfaat Berenang Bagi Kesehatan?

Apa Saja Manfaat Berenang Bagi Kesehatan?
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Anda pasti setuju kalau berenang itu baik untuk kesehatan. Belum lagi, olahraga yang dilakukan di dalam air ini dapat dilakukan semua orang dari berbagai kalangan usia. Lantas sebenarnya, apa saja manfaat berenang bagi kesehatan kita? 

Manfaat Berenang

1. Membakar Kalori

Manfaat berenang yang ini pastilah sangat digemari oleh kaum wanita, berenang selama 1 jam mampu membakar 500-600 kalori.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Membangun Kekuatan Tubuh

Faktanya, tubuh membutuhkan tenaga lebih besar ketika bergerak di dalam air. Oleh karenanya, otomatis bergerak di dalam air dapat membangun kekuatan tubuh.

3. Melatih Otot Penting Tubuh

Berenang merupakan jenis olahraga yang efektif untuk melatih otot tubuh, khususnya bagian-bagian penting seperti tangan, punggung, bahu, panggul, pantat, serta kaki. 

4. Menambah Massa Otot

Di samping melatih otot, berenang juga mampu menambah massa otot, khususnya trisep (bagian belakang lengan atas). Hasil studi menunjukkan massa otot trisep partisipan pria bertambah hingga 25% ketika aktivitas berenang dilakukan selama 8 minggu berturut-turut.

5. Memperbaiki Ketahanan Sistem Pernapasan dan Kardiovaskuler

Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa latihan renang yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu mampu meningkatkan asupan oksigen hingga 10%, baik pada partisipan pria maupun wanita. Di samping itu, para ahli juga menemukan bahwa terdapat kenaikan jumlah darah yang dipompa pada setiap denyutan jantung sebanyak 18%. Hal ini berarti kekuatan jantung juga ikut meningkat. 

6. Membuat Rileks

Selain bermanfaat bagi kesehatan secara fisik, berenang juga efektif untuk merilekskan tubuh dan jiwa (pikiran dan perasaan). Hasil penelitian menyebutkan bahwa berenang dapat membuat pikiran lebih jernih, positif, dan percaya diri. 

7. Mencegah Penyakit Berbahaya

Tidak hanya sekedar menyehatkan tubuh, berenang juga efektif untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, maupun diabetes tipe 2

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

8. Membantu Proses Pemulihan 

Berenang juga efektif dalam membantu proses pemulihan pasien penyakit tertentu, seperti hernia nukleus pulposus, radang sendi (arthritis), dan stroke. 

9. Meningkatkan Usia Harapan Hidup

Hasil penelitian juga menyebutkan kalau berenang rutin 3-5 kali seminggu (masing-masing selama 30 menit) mampu meningkatkan usia harapan hidup.

Tips Agar Berenang Dapat Dilakukan Secara Rutin

Sebelum memutuskan untuk mulai berenang secara rutin, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Konsultasi dengan dokter, terutama bila Anda menderita penyakit tertentu. Jangan sampai berenang malah menjadi bumerang bagi kesehatan Anda.
  • Cari informasi terlebih dulu mengenai kedalaman air kolam, lalu pilih kolam yang sesuai.
  • Lokasi kolam renang sebaiknya tidak terlalu jauh dari rumah atau kantor, supaya Anda tidak malas melakukannya. Di samping itu, periksa terlebih dahulu apakah lingkungan kolam renang cukup aman dan nyaman.
  • Tak ada salahnya bergabung dalam kelas latihan berenang, khususnya bagi yang baru mulai belajar berenang. Selain menambah teman, hal ini juga dapat memotivasi Anda untuk rutin berenang karena keterikatan dengan jadwal kelas yang ada. Teknik berenang yang salah juga dapat segera diperbaiki di bawah bimbingan instruktur.
  • Luangkan waktu agar dapat berenang rutin setiap minggunya. Soal waktunya, sesuaikan dengan jadwal Anda. Berenang boleh dilakukan saat pagi atau sore hari.
  • Kenakan pakaian renang yang pas di tubuh. Gunakan juga kacamata renang, agar mata tidak mengalami iritasi akibat air kolam yang biasanya mengandung klorin.

Aturan Sebelum dan Setelah Berenang

Bagi Anda yang jarang berenang, mulailah olahraga ini secara perlahan baik dari segi irama, gerakan maupun pernapasan. Perenang pemula dapat memulai latihan mulai dari 10 menit. Perlahan tapi pasti, durasi latihan boleh diperpanjang menjadi 30 menit, sebanyak 3-5 kali seminggu. 

Selain itu, perenang pemula juga tidak perlu memaksakan diri memasukkan wajah ke dalam air. Tidak apa-apa jika Anda hanya merendam badan atau sekedar berjalan di dalam kolam yang dangkal. Langkah ini lebih baik daripada memaksakan diri untuk langsung berenang, namun dengan teknik yang salah.

Yang tak kalah penting, selalu awali kegiatan berenang dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan untuk mencegah terjadinya cedera. 

Sekarang Anda sudah tahu bukan bahwa ada begitu banyak manfaat dari olahraga renang! Jadi tunggu apalagi, mari mulai lakukan olahraga ini secara rutin. Bila perlu ajak teman atau keluarga agar semuanya sama-sama termotivasi untuk menjalani pola hidup sehat.

30 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yuan WX, et al. (2016). Effects of 8-week swimming training on cartoid arterial stiffness and hemodynamics in young overweight adults. DOI: (https://doi.org/10.1186/s12938-016-0274-y)
Whitten P. (n.d.). Pool ettiquite. (http://www.usms.org/fintess/content/pooletiquette)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app