Manfaat Ajaib Pelukan Sayang

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Ajaib Pelukan Sayang

Pelukan memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama pada bayi. Anda yang pernah merawat atau punya kerabat yang memiliki bayi prematur pasti tahu sulitnya meningkatkan dan memertahankan kesehatan mereka agar bisa melewati tahap-tahap kritis. 

Bayi prematur membutuhkan oksigen dan dukungan pernapasan, dukungan nutrisi khusus hingga  observasi 24 jam. Setelah bayi melewati  tahap kritis pertama, bayi membutuhkan perawaran lanjutan berupa pelukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Adalah Kate Daeley dan relawannya dilatih khusus dari Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dari Rumah Sakit Wanita fan Anak Miller di Long Beach, California, bekerja untuk memberikan pelukan dan sentuhan kepada bayi-bayi prematur dan bayi baru lahir yang sakit dan harus dirawat inap. 

Untuk program ini, para relawan diminta untuk menyisihkan waktu bergantian, masing-masing selama empat jam untuk membantu merawat dengan cara memberikan sentuhan kasih sayang kepada bayi-bayi yang memiliki masalah kesehatan. 

Banyak sekali penelitian telah membuktikan manfaat dari berpelukan, tapi Daeley sebenarnya tidak perlu penelitian apapun untuk menceritakan apa yang dia lihat dengan mata dan kepalanya sendiri.

Saat  awal kehidupan yang rapuh,  jutaan jalur neuro yang terbentuk dan itu akan membantu membimbing kemampuan bayi untuk berkomunikasi dan membentuk hubungan yang bermakna, serta mengembangkan daya tahan tubuh

"Bayi di perawatan NICU berbaring di inkubator. Tapi ketika bayi itu dipeluk dan dibelai, mereka akan merasakan perasaan aman, bahwa  kebutuhan mereka akan terpenuhi, dan seseorang akan berada di sana untuk menghibur mereka, "kata Daeley. "Sentuhan dapat mendorong produksi hormon  oksitosin yang berfungsi menenangkan  bayi dan memungkinkan mereka untuk menambah berat badan dengan lebih cepat, tidur lebih nyenyak, makan lebih baik, dan sembuh lebih segera." Bahkan, sentuhan sayang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bayi-bayi prematur dan yang sakit, jelas membutuhkan sentuhan kasih sayang. Namun, sebenarnya, semua bayi- bahkan semua orang membutuhkan hal yang sama. Sentuhan dapat mengurangi stres mental karena bersifat menenangkan. Seperti Anda telah ketahui, stres adalah salah satu faktor yang menyebabkan penurunan imun tubuh. Stres juga bisa memicu nafsu makan berlebihan yang menyebabkan obesitas.

Pada gilirannya, obesitas yang tidak ditangani dengan baik akan berujung pada penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung. Sentuhan kasih sayang kepada orang-orang terdekat adalah obat termurah untuk mencegah semuanya itu.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the health benefits of affective touch?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323143.php)
Why You Should Get (and Give) More Hugs. Healthline. (https://www.healthline.com/health/hugging-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app