Makanan Yang Cocok Bagi Kesehatan Otak

Banyak jenis makanan yang enak dikonsumsi. Tetapi terdapat juga makanan yang penting yang diutamakan sebagai nutrisi otak. Berikut makanan yang dapat dipilih dengan nutrisi yang baik.
Dipublish tanggal: Jul 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Makanan Yang Cocok Bagi Kesehatan Otak

Pentingnya organ otak 

Otak Anda bekerja Sebagai pusat kendali tubuh Anda, itu bertugas menjaga jantung Anda berdetak dan paru-paru bernafas dan mengawali  Anda untuk bergerak, merasaka, meraba dan berpikir.

Itu sebabnya dalam kehidupan kita sehari-hari diperlukan untuk menjaga otak Anda dalam kondisi kerja yang baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Diet dan manfaatnya bagi otak 

Mengikuti diet dan gaya hidup sehat dapat memberikan nutrisi dan kondisi yang dibutuhkan otak untuk bekerja sebaik kemampuannya. 

Mengonsumsi beragam buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan akan membantu menyehatkan otak dan melindunginya dari stres oksidatif, yang berpotensi merusak sel. Penelitian menunjukkan pola makan yang sehat - khususnya, diet kesehatan otak.

Makanan pokok yang bermanfaat termasuk yang kaya buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak dan lemak sehat.

Makanan bagi otak

Makanan yang Anda makan berperan dalam menjaga otak Anda tetap sehat dan dapat meningkatkan tugas mental tertentu, seperti memori dan konsentrasi.

Makanan yang kita makan dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak kita. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan otak dapat mendukung fungsi otak jangka pendek dan jangka panjang.

Otak adalah organ yang memiliki intensif energi, menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga dibutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk mempertahankan konsentrasi sepanjang hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu untuk tetap sehat. Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, dan antioksidan mengurangi stres dan peradangan sel, yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer

Makanan yang cocok bagi otak 

Banyak jenis makanan yang enak dikonsumsi. Tetapi terdapat juga makanan yang penting yang diutamakan sebagai nutrisi otak. Berikut makanan yang dapat dipilih dengan nutrisi yang baik. 

Minyak ikan 

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Omega-3 dalam minyak ikan dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

Dark Chocolate 

Dark Chocolate mengandung kakao,. Kakao mengandung flavonoid, sejenis antioksidan.

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan penyakit otak.

Flavonoid kakao tampaknya baik untuk otak. Flavonoid dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran. Mereka juga dapat merangsang aliran darah di otak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Para peneliti menggunakan metode pencitraan untuk melihat aktivitas di otak setelah partisipan makan cokelat dengan setidaknya 70 persen kakao.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi Dark chocolate dapat meningkatkan kinerja  otak, yang sangat penting untuk mencerna pelajaran, dan juga dapat memberikan manfaat lain yang terkait dengan otak.

Kopi 

Dua komponen utama dalam kopi yaitu kafein dan antioksidan 

Komposisi kafein kopi baik bagi otak untuk membuat otak Anda waspada dengan memblokir adenosin, pembawa pesan kimia. Kandungan kafin juga dapat meningkatkan Suasana hati yang membaik: Kafein juga dapat meningkatkan beberapa neurotransmiter seperti serotonin. Kafein juga meningkatkan fokus. 

Buah beri 

Beri kaya akan oksidan. Antioksidan membantu dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Antioksidan dalam beri terdiri dari antosianin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.

Efek positif dari konsumsi buah beri bagi otak diantaranya: 

  1. 1.meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak
  2. 2.mengurangi peradangan di seluruh tubuh
  3. 3.membantu sel-sel otak membentuk koneksi baru, meningkatkan pembelajaran dan memori
  4. 4.Mencegah resiko penyakit neurodegeneratif terkait usia dan penurunan kognitif

Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan dan sangat baik untuk otak karena makanan ini mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan sumber vitamin E antioksidan, yang melindungi sel-sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Seiring bertambahnya usia seseorang, otak Anda sangat mudah sekali terkena efek  stres oksidatif ini, dan karena itu vitamin E dapat mendukung kesehatan otak di usia yang lebih tua.

Vitamin E juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kognisi dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
9 Foods That May Help Save Your Memory. Health.com. (https://www.health.com/condition/alzheimers/9-foods-that-may-help-save-your-memory)
Best Brain Foods for Brain Function, Health, and Memory. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/eat-smart-healthier-brain#1)
Foods linked to better brainpower . Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/foods-linked-to-better-brainpower)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app