Makanan Sehat Anti Lapar Saat Berpuasa

Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Makanan Sehat Anti Lapar Saat Berpuasa

Lapar dan haus menjadi hal yang lumrah anda alami ketika sedang berpuasa. Akan tetapi akibat kedua faktor tersebut, banyak orang-orang dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa memilih untuk buka puasa ketika waktu masih jauh menjelang maghrib. Sehingga anda akan membatalkan puasa sebelum waktunya.

Dengan demikian anda memerlukan menu makan sahur yang mampu membuat kenyang dan jauh dari istilah lapar di siang bolong. Sehingga anda terbebas dari keinginan berbuka saat orang lain melakukan hal yang sama. Akan tetapi selain mengenyangkan perut, maka anda harus perhatikan nutrisi yang terkandung pada setiap makanan yang dikonsumsi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Lalu apa saja menu makan sahur yang ampuh kenyangkan perut seharian selama puasa? Simak penjelasannya berikut ini.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu yang baik dikonsumsi ketika sahur. Selain segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya, oatmeal merupakan salah satu makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang memiliki fungsi menakjubkan untuk kenyang lebih lama dan memberi energi terbaik untuk otak, sehingga anda bisa melakukan aktivitas dengan lancar.

Supaya bisa menyajikan oatmeal yang lebih bervariatif saat makan sahur, maka anda bisa tambahkan irisan buah, susu dan minyak essential untuk nutrisi yang lebih beragam

Telur

Telur sebagai salah satu golongan protein hewani yang bisa dijadikan menu sahur. Anda bisa menyajikannya dengan berbagai cara. Akan tetapi pastikan untuk memasak telur yang singkat dan mudah. Hal tersebut mengacu pada waktu sahur yang seringkali dipilih ketika mendekati imsak atau adzan subuh.

Sup

Menu selanjutnya adalah sup, menu sehat terdiri dari berbagai macam sayuran yang mudah untuk diperoleh ditambah dengan harga yang murah di pasaran. Sup diyakini memiliki nutrisi yang kaya sehingga anda tidak perlu khawatir akan kelaparan selama menjalankan ibadah puasa.

Selain itu menu sup saat sahur sangat mendukung anda dalam melakukan program diet. Pastikan menggunakan komposisi dan bahan yang tepat supaya sup menjadi istimewa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Beras Merah

Sama halnya seperti oatmeal, beras merah juga kaya akan karbohidrat kompleks yang membuat anda merasa kenyang lebih lama. Hal tersebut dapat terjadi akibat nutrisi yang terkandung dalam satu porsi beras merah memiliki waktu penyerapan yang lebih lama dari jenis beras lainnya.

Daging Merah dan Ikan

Protein tinggi terkandung di dalam daging merah, kemudian termasuk ke dalam golongan protein hewani yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang dihasilkan sangat baik dalam membantu proses metabolisme harian.

Tak hanya itu, ikan juga bisa menjadi alternatif nutrisi yang mengandung protein. Namun pastikan supaya anda memilih ikan dengan kadar lemak yang rendah. Ikan jenis salmon dan tuna dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kolesterol.

Dengan demikian baik daging merah maupun ikan bisa menjadi menu sahur yang sehat. Sehingga anda akan terhindar dari rasa lapar saat melakukan aktivitas di siang hari.

Kurma dan Apel

Tinggi akan kandungan serat dalam kurma menjadi salah satu alasan kurma baik untuk dikonsumsi saat sahur. Ditambah dengan keunggulan lain dari buah manis ini yaitu membantu dalam meregenerasi proses pencernaan. Sehingga sangat cocok dijadikan teman sahur.

Selain kurma, anda juga bisa memilih satu butir apel yang dikonsumsi saat sahur. Hal itu sangat baik karena apel memiliki nutrisi yang cukup banyak seperti kandungan air dan serat yang baik untuk pencernaan, sehingga mampu menekan rasa lapar untuk waktu yang cukup lama.  

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The satiating efficiency of foods. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/0031938484901471)
Optimising foods for satiety. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0924224414002386)
Meals based on vegetable protein sources (beans and peas) are more satiating than meals based on animal protein sources (veal and pork) - a randomi... National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27765144)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Alasan Mengapa Luka Anda Lama untuk Sembuh
Alasan Mengapa Luka Anda Lama untuk Sembuh

Jika sebuah luka tidak sembuh dalam selang waktu normalnya, penyebab biasanya tidak diketahui atau malah diremehkan oleh sang penderita. Ada lima alasan mengapa luka tidak bisa sembuh dan beberapa alasan ini bisa terjadi dalam waktu bersamaan. Apa saja alasan tersebut? Simak sebagai berikut.

Buka di app