Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Lupus Nefritis Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Mar 28, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.180.596 orang

Apakah Lufus Nefritis?

Lupus Nefritis adalah akibat dari penyakit Lupus Eritematosus Sistemik atau yang dikenal dengan lupus. Kondisi ini menyebabkan organ ginjal terganggu seperti terjadinya peradangan dan berlangsung lama. Penyakit ini biasanya muncul dalam 5 tahun setelah terdiagnosis penyakit lupus. Penyakit lupus sendiri adalah penyakit autoimun yang mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan-jaringan yang sehat dan organ tubuh. 

Dari semua orang yang terkena penyakit lupus tidak semuanya akan mengalami lupus nefritis, diperkirakan ada sekitar 60 persen pengidap lupus akan mengalami lupus nefritis. Yang mana lupus nefritis menandakan adanya gangguan ginjal

Ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat buangan dari dalam tubuh.  Akibatnya, zat-zat yang berlebih yang harusnya dibuang seperti darah dan protein akan gagal tersaring di ginjal. Sehingga terjadi gangguan fungsi ginjal dan lama kelamaan hal ini akan menyebabkan kegagalan ginjal pada penderita. 

Jika seseorang mengalami gagal ginjal, proses cuci darah atau hemodialisis secara berkala harus dilakukan sebagai pengobatan selanjutnya. Apabila penderita lupus nefritis memiliki kondisi sangat parah, prosedur transplantasi ginjal akan dilakukan. 

Penyebab Lupus Nefritis

Penyebab Lupus Nefritis

Kondisi ini terjadi akibat gangguan daya tahan tubuh dan menyebabkan peradangan pada glomerulus ginjal. Belum diketahui secara pasti penyebab Penyakit SLE ini. Akan tetapi sering dikaitkan dengan faktor genetik, faktor lingkungan, dan faktor hormonal terhadap respons imun.

Gejala Lupus Nefritis

Pada penyakit lupus nefritis, untuk gejala awalnya sama dengan penyakit lupus sistemik seperti demam namun disertai dengan gejala akibat kerusakan dari organ-organ tertentu. 

Untuk gejala yang diakibatkan karena ginjalnya itu tidak jauh berbeda dengan penyakit gangguan ginjal pada umumnya, termasuk: 

  • urin berbusa
  • urin berwarna gelap atau keruh
  • adanya darah pada urin
  • sering buang air kecil terutama pada malam hari
  • tekanan darah tinggi
  • berat badan meningkat
  • muncul pembengkakan di telapak tangan atau betis kaki

Pencegahan Lupus Nefritis 

Tujuan pencegahan terjadinya lupus nefritis pada dasarnya adalah segala upaya untuk melindungi diri agar tidak sampai terjadi gangguan ginjal atau cara agar ginjal tidak bekerja terlalu berat sehingga tidak menjadi lupus nefritis pada penderita lupus secara khusunya, 

Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengurangi makanan yang mengandung banyak garam, berolahraga secara teratur, mengonsumsi banyak air mineral, tidak merokok dan mengonsumsi alcohol, tetap menjaga tekanan darah dan kadar gula darah berada dalam batas normal, membatasi kadar kolesterol dalam darah, menghindari penggunaan obat-obatan yang bisa memengaruhi ginjal, salah satunya adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs).

Pengobatan Lupus Nefritis

Untuk mendiagnosis lupus nefritis harus dilakukan oleh dokter berdasarkan riwayat penyakit pasien sebelumnya dan gejala-gejala adanya gangguan ginjal. 

Beberapa pemeriksaan penunjang lainnya juga dapat dilakukan, termasuk:

  • Pemeriksaan urin- untuk menilai fungsi ginjal dalam menyaring. Hasil ini ditandai dengan peningkatan kadar protein dan sel darah merah.
  • Tes darah - untuk membantu dokter melihat kandungan zat-zat sisa dalam darah seperti kreatinin dan ureum dalam darah yang normalnya sudah disaring oleh ginjal sehingga seharusnya tidak ada
  • Ultrasound- dengan menggunakan gelombang untuk melihat kondisi ginjal secara detail ada tidaknya kelainan pada bentuk dan ukuran ginjal.
  • Biopsi ginjal - adalah pemeriksaan yang paling akurat untuk mendiagnosis gangguan pada ginjal
  • Iothalamate clearance - adalah metode menggunakan zat radioaktif yang akan disuntikkan ke dalam darah, lalu dokter akan melihat secepat apa zat tersebut masuk ke dalam urin untuk mengetahui apakah ginjal masih berfungsi dengan baik. 

Untuk mengobati lupus nefritis biasanya disesuaikan dengan tipe atau tahapan lupus nefritis yang diderita. Pengobatan pada penderita lupus nefritis secara garis besar itu dapat diberikan terutama obat kortikosteroid yang bertujuan mengurangi peradangan pada ginjal dan diberikan hingga kondisi pasien membaik serta pemberiannya pun harus sesuai dengan resep dokter sebab dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Obat imunosupresan sering digunakan untuk mengatasi penyakit kronik atau biasanya untuk pencegahan pada penderita yang menolak tindakan transplantasi organ dengan bekerja menghalangi aktivitas imun yang dapat merusak ginjal. 

Apabila sudah memasuki tahap yang lebih parah dari lupus nefritis, sudah sampai gagal ginjal yang dapat dilakukan adalah hemodialisis atau cuci darah yang digunakan sebagai pengganti fungsi ginjal bahkan bisa sampai transplantasi ginjal. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Selamat siang dok saya mau bertanya kenapa gagal ginjal dapat menyebabkan urem?
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis
bagaimana pola makan yang baik untuk penderita batu ginjal dok maks
Pertanyaan ini telah dijawab oleh seorang ahli medis

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit