Cara Memiliki Lidah Bersih dan Sehat Setiap hari

Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Memiliki Lidah Bersih dan Sehat Setiap hari

Tidak hanya gigi, lidah juga merupakan bagian dari rongga mulut yang harus diperhatikan. Sayangnya, banyak orang yang melewatkan pentingnya membersihkan lidah. 

Padahal, kesehatan lidah perlu tetap dijaga agar kesehatan rongga mulut secara keseluruhan tetap terawat. Anda mungkin jadi bertanya-tanya, apakah lidah juga perlu dibersihkan? Kalau iya, bagaimana cara membersihkan lidah yang benar? Berikut ulasan lengkapnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Perlukah membersihkan lidah? 

Yang perlu diketahui, bakteri tidak hanya menempel di gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Akan tetapi, bakteri juga bisa memenuhi lidah Anda. Apabila lidah tidak dibersihkan, maka bakteri dan kuman akan semakin mudah berkumpul dan berkembang biak.

Bakteri, sel kulit mati, dan kuman dapat menumpuk pada permukaan lidah yang tertutupi oleh benjolan-benjolan kecil. Benjolan ini disebut dengan papilae. 

Bakteri yang terkumpul di lidah dapat menurunan kepekaan rasa di lidah. Tak hanya itu, bakteri tersebut juga dapat mengubah warna lidah jadi putih dan menjadi sarang kuman bagi keseluruhan rongga mulut. Bila terus-terusan dibiarkan, maka hal ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang lebih serius. 

Baca Juga: Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Cara memilih pembersih lidah

Untuk membersihkan lidah, Anda membutuhkan sebuah pembersih lidah yang disebut tongue scraping. Tounge scraping adalah alat digunakan untuk menghilangkan partikel, bakteri, atau sisa-sisa makanan yang menumpuk di permukaan lidah. 

Memang, menggunakan pembersih lidah tidak menjamin Anda bebas dari bau mulut. Tetapi, setidaknya hal tersebut menurunkan kemungkinan munculnya bau mulut dan membuat lidah Anda bersih. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ada berbagai bentuk dan ukuran pembersih lidah yang bisa Anda gunakan. Perhatikan juga jenis bahannya, ada yang berupa logam, plastik, hingga silikon.

Berdasarkan bahannya, inilah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pembersih lidah: 

  • Logam: Lebih banyak digunakan dan mudah didapatkan di pasaran. Pembersih lidah berbahan logam cenderung lebih aman dibersihkan dengan air panas.
  • Plastik: Harganya cenderung lebih murah, namun tidak dapat bertahan lama. Pembersih lidah dari plastik harus rutin diganti. 
  • Silikon: Cenderung lebih nyaman digunakan untuk membersihkan lidah. 

Bagaimana cara membersihkan lidah yang benar?

Rongga mulut Anda akan terasa segar ketika lidah sudah dibersihkan dengan tongue scraping yang Anda pilih. Untuk mendapatkan lidah yang bersih secara menyeluruh, berikut cara membersihkan lidah yang tepat, yaitu:

  1. Di depan cermin, buka mulut Anda dan julurkan lidah keluar. 
  2. Masukan alat pembersih lidah ke bagian belakan lidah Anda secara perlahan. Anda bisa memulai menggerakan tongue scraping di bagian tengah lidah apabila Anda takut tersedak.
  3. Jika sudah terbiasa, Anda bisa melakukannya secara bertahap dengan dimulai dari belakang lidah. Jangkau seluruh bagian lidah yang bisa dijangkau semaksimal mungkin.
  4. Tarik alat pembersih lidah ke depan (arah ujung lidah) dengan hati-hati. Jangan sampai kulit terluka atau menekan terlalu kuat. 
  5. Bersihkan kotoran yang menempel pada alat pembersih lidah Anda. 
  6. Ulangi lagi hal yang sama, yaitu tarik kembali alat pembersih lidah dari belakang ke arah depan sampai semua permukaan lidah bersih. 
  7. Setelah selesai membersihkan lidah beberapa kali, cuci alat pembersih lidah menggunakan air hangat dan sabun.
  8. Keringkan dan simpan ditempat yang bersih dan kering. 

Bersihkan lidah Anda secara rutin sama seperti Anda rajin menyikat gigi. Setelah itu, lengkapi dengan berkumur-kumur menggunakan mouthwash untuk membilas sisa-sisa bakteri yang mungkin masih menempel di rongga mulut.

Dengan membersihkan gigi secara rutin, Anda dapat menghindari bau napas yang tidak sedap, kerusakan gigi, dan tampilan lidah yang buruk. 

Baca Juga: Panduan Pakai Obat Kumur yang Benar dan Efektif

40 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pictures: What Your Tongue Says About Your Health. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/ss/slideshow-tongue-your-health)
Tongue Scraping: 5 Benefits, Side Effects, Using a Spoon, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/tongue-scraping)
How to Clean Your Tongue: Three Proven Methods. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-clean-your-tongue)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app