Lettuce Opium: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Lettuce Opium ( lactuca virosa ), atau yang lebih sering dikenal dengan nama Wild Lettuce merupakan sejenis tanaman herbal dapat ditemukan dalam jumlah lumayan besar didaerah Amerika Utara, Eropa, dan Timur Tengah.

Tanaman ini memiliki warna hijau cerah pada daunnya, dengan dahan berwarna hijau yang seringkali dihiasi dengan bintik berwarna ungu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika Anda mencoba untuk mematahkan dahan dari tanaman ini, akan keluar sejenis cairan berwana putih yang merupakan lactucarium.

Lettuce Opium mendapatkan namanya karena kemiripannya dengan sejenis narkotika bernama opium juga. Opium sudah sering digunakan sebagai agen dalam meringankan rasa sakit dan obat penenang dari zaman dahulu kala hingga abad ke 19.

Pada zaman ini, Anda dapat menemukan banyak produk yang mengandung ekstrak dari biji, daun, dan cairan yang dikeluarkan oleh tanaman ini.

Manfaat penggunaan Lettuce Opium

Mengkonsumi Lettuce Opium sebagai salah satu sarana pengobatan alternatif tentunya memiliki manfaat bagi tubuh Anda. Tanaman ini bekerja dengan cara memberi efek menenangkan, relax, meringankan rasa sakit.

Ekstrak dari tanaman ini yang bernama lactucarium telah terbukti fungsinya untuk meringankan rasa sakit.

Lactucarium mengandung lactucin dan lactucopicrin, cairan pahit yang akan beraksi pada sistem syaraf untuk meproduksi efek penenang dan peringan rasa sakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Selain kedua efek diatas, Lettuce Opium juga dapat berfungsi dalam menangani :

  • Asthma
  • Irratable cough
  • Whooping cough
  • Insomnia
  • Inflamasi mukus pada cabang bronkus
  • Infeksi saluran kencing
  • Restlessness
  • Excitability
  • Priapism
  • Painful menses
  • Nymphomania
  • Sakit pada sendi maupun otot
  • Pembekakan alat kelamin
  • Substitusi dari opium
  • Arteriosclerosis
  • Sebagai antiseptic

Oleh karena itu Lettuce Opium juga dipercaya sebagai solusi natural dalam menggantikan  penggunaan opium yang diperlukan oleh tubuh.

Dosis penggunaan Lettuce Opium

Dalam menentukan dosis yang paling tepat bagi penggunaan Lettuce Opium, diperlukan pertimbangan dari beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lain yang dimiliki oleh tubuh Anda.

Dosis yang biasa digunakan berkisar dari 3 gram daun kering dari Lettuce Opium dihaluskan atau diseduh menjadi teh sebanyak 3 kali sehari. Untuk menyeduhnya, gunakan 3 gram daun kering diseduh dengan 150 ml air mendidih.

Perlu diingat bahwa penggunaan obat herbal belum tentu aman. Oleh karena itu mintalah saran dari dokter maupun perawat disekitar Anda sebagai panduan profesional dalam mengkonsumsi herbal ini.

Hindari penggunaan Lettuce Opium kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika Anda menemukan herbal ini dalam bentuk suplemen, pastikan untuk membaca panduan dalam mengkonsumsinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Efek samping penggunaan Lettuce Opium

Lettuce Opium jika digunakan secara tepat dan melalui pengawasan medis yang benar tentu saja akan memberi efek baik bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap ada efek samping yang dapat terjadi akibat satu alasan atau lain.

Akan menjadi sangat tidak aman jika Anda menggunakan Lettuce Opium dalam jumlah yang sangat besar. Beberapa efek samping yang dapat timbul karenanya ialah :

  • Berkeringat
  • Pernafasan yang tak teratur
  • Tachycardia
  • Pelebaran pupil mata
  • Rasa pusing
  • Gangguan pengelihatan
  • Rasa yang sangat menekan dikepala
  • Somnolence
  • Koma
  • Kematian

Perhatian dan peringatan

Perlu Anda ingat kembali bahwa penggunaan herbal ini tanpa pengawasan profesional dapat membawa efek buruk terhadap kondisi tubuh Anda, bahkan koma yang berujung kematian. Oleh karena itu, carilah ahli maupun profesionnal sebagai pembimbing dalam pengkonsumsian herbal ini.

Gunakan produk-produk yang mengandung Lettuce Opium secara bijak, dan pertimbangkanlah efek samping yang dapat terjadi.

Serta setelah penggunaan dari herbal Lettuce Opium, jika terjadi perburukan kondisi dari penyakit yang Anda alami. Segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wild Lettuce: Benefits, Side Effects, and Preparation. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-wild-lettuce-88661)
Lettuce Opium Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/lettuce-opium.html)
Wild Lettuce: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-342/wild-lettuce)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app