Lathyrus: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Lathyrus merupakan genus dalam famili legum Fabaceae dan berisi sekitar 160 spesies. Lathyrus berasal dari daerah beriklim sedang, dengan rincian 52 spesies di Eropa, 30 spesies di Amerika Utara, 78 di Asia, 24 di Afrika Timur tropis, dan 24 di Amerika Selatan yang beriklim sedang.

Banyak spesies dibudidayakan sebagai tanaman kebun. Genus termasuk kacang manis (Lathyrus odoratus) dan kacang abadi (Lathyrus latifolius). 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Bunga-bunga pada spesies yang dibudidayakan tersebut dapat berupa warna mawar, merah, merah marun, merah muda, putih, kuning, ungu atau biru, dan beberapa berwarna lainya. Lathyrus juga tumbuh karena aromanya. Spesies yang dibudidayakan umumnya rentan terhadap infeksi jamur.

Spesies lain ditanam untuk di makanan, termasuk kacang India (Lathyrus sativus) dan kacang merah (Lathyrus cicera), dan cyprus-vetch (Lathyrus ochrus) yang lebih jarang dan Spanyol vetchling (Lathyrus clymenum). 

Kacang tuberous (Lathyrus tuberosus) ditanam sebagai sayuran menjalar yang umbinya dapat dimakan. Benih-benih dari beberapa spesies Lathyrus mengandung asam amino toksik asam oxalyl aminopropionic dan jika dimakan dalam jumlah besar dapat menyebabkan lathyrism yang merupakan suatu penyakit serius.

Kacang manis (Lathyrus odoratus) merupakan tanaman berbunga dalam genus Lathyrus dalam keluarga Fabaceae (polong-polongan), berasal dari Sisilia, Siprus, Italia selatan, dan Kepulauan Aegean. Sedangkan Lathyrus sativus biasanya digunakan dalam roti India yang tidak beragi, meskipun tumbuhan tersebut memiliki masalah keamanan serius.

Kacang manis (Lathyrus odoratus) merupakan tanaman tahunan yang tumbuh hingga ketinggian 1–2 meter (3 kaki 3 in – 6 kaki 7 in). Lathyrus merupakan tanaman yang umumnya orang-orang menggunakannya sebagai obat-obatan.

Mengenai Lathyrus

Golongan

Herbal

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Kemasan

Biji-bijian

Kandungan

Manfaat Lathyrus

Meskipun toksisitasnya telah diketahui, Lathyrus telah dibudidayakan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Pengembangan subspesies rendah toksin telah memperbarui minat pada tumbuhan polong sebagai sumber protein pakan ternak. 

Tidak ada data hewan atau klinis yang tersedia mengenai penggunaan Lathyrus untuk kondisi klinis apapun. Studi in vitro yang terbatas telah mengeksplorasi sifat antioksidan dan antijamur dari konstituen kimia terisolasi dari Lathyrus.

Dosis Lathyrus

Dosis lathyrus yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk lathyrus. 

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penggunaan dosis bisa menjadi sangat penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan lathyrus.

Efek samping Lathyrus

Lathyrus sangat tidak aman ketika diminum. Tumbuhan ini beracun bagi saraf. Hal ini dapat menyebabkan kekakuan otot, kejang otot, kelemahan, kelumpuhan otot-otot kaki, detak jantung yang lemah, pernapasan menurun, kejang, dan kematian.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Keracunan Lathyrus dan komplikasinya jarang terjadi di negara-negara barat, namun kejadian keracunan telah didokumentasikan selama lebih dari satu abad di Eropa, Afrika, dan Asia. Meskipun ada upaya untuk melarang penjualan Lathyrus sativus di beberapa negara bagian India, namun pendistribusian tetap berlanjut. 

Untuk menonaktifkan racun, beberapa metode telah dicoba. Biasanya orang-orang melakukan merendam benih dalam air diikuti dengan mengukus atau menjemur. Memanggang biji pada suhu tinggi selama dua puluh menit juga dapat membantu menghancurkan racun. Namun, metode ini hanya efektif 80-85%.

Interaksi Lathyrus dengan obat Lain

Sampai saat ini masih belum ada data yang cukup mengenai interaksi lathyrus dengan obat-obatan lain. Namun sebelum mengkonsumsi lathyrus sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan dan sedang mengkonsumsi lathyrus. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya reaksi yang tidak diinginkan.

Perhatian

Kehamilan dan menyusui: Sangat tidak aman menggunakan lathyrus saat hamil dan menyusui karena mengandung bahan kimia beracun. Oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan tumbuhan tersebut saat hamil dan menyusui.

Sebelum Anda menggunakan Lathyrus ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau profesional kesehatan lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari tumbuhan tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lathyrus: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/lathyrus/supplements.htm)
Lathyrus Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/lathyrus.html)
Lathyrus diversity: available resources with relevance to crop improvement – L. sativus and L. cicera as case studies. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3997641/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app