Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Langkah Tepat Menghadapi Penyakit Kardiovaskular

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 2.097.624 orang

Langkah Tepat Menghadapi Penyakit Kardiovaskular

Tingginya angka kematian akibat penyakit kardiovaskular membuat penyakit ini disebut WHO sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Di Indonesia sendiri, penyakit ini menjadi sebab 37% kematian dan merenggut nyawa tak kurang dari 600.000 orang di tahun 2014

Ditemui di sela-sela acara Health Talk bertajuk Memahami Penyakit Kardiovaskular di Gleneagles Hospital, beberapa waktu lalu, senior cardiologist Gleneagles Hospital and Mount Elizabeth Novena Hospital, Dr. Peter Ting mengungkapkan bahwa setiap manusia memiliki potensi untuk terkena penyakit ini, yang memang berkembang seiring dengan bertambahnya usia seseorang, meskipun tingkat progresi dan keparahannya bisa berbeda-beda pada setiap orang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

“Penyakit kardiovaskular merupakan degenerasi dan disfungsi pembuluh darah, sebabnya adalah pengerasan dan penyempitan pada pembuluh darah itu yang seharusnya berfungsi menyalurkan darah untuk organ-organ vital pada tubuh, seperti hati, jantung dan otak. Seringkali gejala awal penyakit kardiovaskular tidak terlihat dan menjadi silent killer, padahal jika bisa dideteksi lebih awal bisa menjadi tonggak perubahan ke arah gaya hidup yang lebih sehat,” ungkap Dr. Peter Ting.

Menurutnya, hasil studi menunjukkan bahwa 90% penyakit kardiovaskular disebabkan oleh 9 faktor risiko utama, yaitu tingkat kolesterol, kebiasaan merokok, diabetes, hipertensi, kegemukan di bagian perut, tingkat aktivitas fisik, tingkat stres, nutrisi buruk dan kebiasaan mengonsumsi alkohol. Tindakan medis yang biasa dilakukan antara lain intervensi koroner perkutan, pembedahan, dan rangkaian pengobatan. 

Hal penting untuk mengatai penyakit kardiovaskular adalah pencegahan. “Pencegahan dapat dilakukan baik sebelum atau sesudah timbulnya gejala dan yang terpenting pencegahan itu harus mampu menyentuh akar permasalahan. Terapi gaya hidup atau rehabilitasi penyakit jantung menyasar faktor lingkungan yang bisa dimodifikasi," jelas Dr. Peter Ting.
 
Salah satu langkah pencegahan yang disarankan adalah pengecekan hipertensi dan kolesterol secara rutin, menjaga berat badan ideal dan berhenti merokok. Hipertensi dan merokok adalah dua penyebab kematian yang menakutkan. Jika kedua hal ini berhasil dideteksi dini, mungkin tidak membutuhkan pengobatan khusus dan bisa disembuhkan dengan terapi gaya hidup


Penanganan yang tepat dan diiringi perubahan gaya hidup bahkan dapat mengembalikan kondisi organ yang rusak ke tingkat risiko yang dapat dikontrol. Deteksi dini juga perlu dilakukan pada semua anggota keluarga untuk menelusuri riwayat penyakit keluarga.

"Kesadaran dan deteksi dini yang akurat akan sangat menolong dalam mencegah komplikasi penyakit kardiovaskular tahap lanjut yang parah," ungkap Dr. Peter Ting menjelaskan.

Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan dengan serius adalah proses rehabilitasi dari penyakit jantung yang melibatkan terapi gaya hidup. Terapi ini merupakan bagian integral dari penanganan kardiovaskular yang menyeluruh. Penanganan apapun tidak bisa dianggap menyeluruh tanpa terapi gaya hidup ini.


Terapi gaya hidup berkontribusi untuk menciptakan hasil jangka panjang yang lebih baik, meningkatkan kelangsungan hidup dan mengurangi kemungkinan serangan dan kematian akibat serangan jantung, serta menolong stabilisasi dan bahkan mengembalikan kondisi hingga dapat terus dikontrol. 
 
"Terakhir, Anda memiliki peran penting untuk berkolaborasi dengan dokter Anda untuk melindungi jantung dan pembuluh darah Anda," tutup Dr. Peter Ting.
 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit