Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Langkah Mudah Memulai Olahraga Bagi Pemula

Pikirkan tentang hasil yang nantinya akan Anda dapatkan dari olahraga rutin, misalnya bentuk tubuh yang Anda idam-idamkan. Dengan memiliki motivasi dan tujuan yang ingin dicapai maka Anda akan bersemangat untuk mulai berolahraga.
Update terakhir: FEB 17, 2020 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.087.794 orang

Bagi sebagian orang olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, sebagian lagi beranggapan kalau olahraga merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan sehingga enggan dilakukan. 

Jika mengetahui manfaat luar biasa dari berolahraga, maka akan membuat senang ketika melakukannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Awalnya mungkin terasa berat untuk memulai, tetapi selanjutnya hal itu akan mudah dan sering Anda lakukan. Coba bangun motivasi Anda, miliki komitmen untuk menetapkan tujuan berolahraga. 

Pikirkan tentang hasil yang nantinya akan Anda dapatkan dari olahraga rutin, misalnya bentuk tubuh yang Anda idam-idamkan. 

Dengan memiliki motivasi dan tujuan yang ingin dicapai maka Anda akan bersemangat untuk mulai berolahraga.

Cara memulai olahraga

Ajakan untuk memasukkan olahraga dalam gaya hidup sehari-hari kini marak dilakukan. Selain dapat menjaga berat badan ideal, yang paling utama adalah membuat tubuh sehat dan bugar. 

Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, dan lain-lain.

Bagi Anda yang sudah berkeinginan untuk memasukkan olahraga dalam jadwal harian, segeralah merealisasikannya. Simak beberapa cara berikut ini untuk memulai berolahraga bagi pemula agar keringat yang menetes tidak sia-sia!

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  • Mulailah dengan olahraga yang sederhana
  • Lakukan secara rutin
  • Gunakan pakaian olahraga yang tepat

Anda tidak perlu memulai langsung olahraga berat. Langsung melakukan olahraga berat akan membuat otot kaget sehingga meningkatkan risiko cedera ketika olahraga. 

Apalagi juga kurang melakukan pemanasan. Ketika tubuh belum terbiasa berolahraga, lakukanlah olahraga ringan terlebih dahulu. Anda bisa mencoba jogging, push up, sit up, bersepeda atau berenang. 

Jika Anda ingin menekuni olahraga lari, sebaiknya mulai berlari ringan. Jika Anda ingin mulai push up atau sit up, lakukan sedikit demi sedikit misalnya 10 atau 15 kali, tidak perlu memaksakan langsung dilakukan dalam jumlah banyak.

Olahraga yang bisa membuat tubuh sehat dan bugar adalah olahraga yang tidak hanya dilakukan sebulan sekali. Cobalah untuk rutin berolahraga dua atau tiga kali dalam seminggu. 

Untuk durasi waktunya dalam sekali berolahraga, Anda bisa meluangkan waktu 20-30 menit. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambah durasinya. Tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Menyiapkan pakaian dan atribut lainnya sebelum berolahraga juga perlu dilakukan. Jangan remehkan hal ini sebab ini akan memengaruhi kenyamanan dan keselamatan Anda ketika berolahraga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Sesuaikan pakaian dan peralatan sesuai dengan olahraga yang akan Anda lakukan. Misalnya saat memilih pakaian yang dikenakan pilihlah pakaian yang mudah menyerap keringat sehingga kulit akan terbebas dari jamur.

Jika Anda ingin berenang, pilihlah pakaian renang yang nyaman Anda kenakan, jangan memakai kaos atau celana yang tidak diperuntukkan untuk berenang. 

Ketika menentukan sepatu yang akan dikenakan, pilihlah sepatu yang nyaman di kaki, lentur, ringan, dan memiliki shock absorbsion. 

Memilih sepatu yang tepat akan menghindarkan diri Anda dari dari risiko terkilir, kaki lecet, dan akibat lain yang bisa saja timbul.

Lama olahraga yang efektif

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. 

Meskipun olahraga bermanfaat bagi kesehatan, jika dilakukan secara berlebihan maka Anda bisa merasakan nyeri saat melakukan gerakan, risiko cedera, mapas menjadi pendek, dan detak jantung melewati batas normal.

Di Indonesia direkomendasikan untuk melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari minimal 3-5 hari dalam seminggu. 

Jika bertujuan untuk menurunkan berat badan atau untuk tujuan kebugaran tertentu, mungkin harus meningkatkan waktu olahraga.  Jika ingin mengontrol berat badan, disarankan untuk melakukan olahraga selama 60 menit setiap hari. 

Sedangkan jika ingin menurunkan berat badan, perlu melakukan olahraga yang lebih lagi yaitu 90 menit setiap hari. Harus Anda ingat, jangan lebih dari ini karena terlalu lama melakukan olahraga juga tidak baik. 

Beberapa langkah di atas semoga dapat bermanfaat bagi Anda untuk merealisasikan keingingan berolahraga dan mendapatkan tubuh yang sehat!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit