Lakukan Diet Cepat Menggunakan Metode Menghitung Kalori Makanan

Dipublish tanggal: Sep 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Umumnya, diet sangat erat sekali kaitannya dengan menghitung jumlah kalori makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini tentu saja sangat membantu Anda jika sedang berada dalam diet ketat

Tapi, sebenarnya bagaimana cara menghitung kalori makanan yang tepat agar diet yang dilakukan menjadi optimal dan sesuai target.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Untuk apa menghitung kalori makanan?

Saat menjalankan diet, hal yang perlu dilakukan pastinya tidak jauh dari mengatur jadwal makan, mengatur porsi, dan juga memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi, serta melakukan olahraga yang rutin. 

Cara-cara tersebut, akan lebih berhasil jika dilakukan ditambah dengan menghitung kalori makanan yang akan dikonsumsi.

Metode ini sebenarnya sama seperti membuat jadwal makanan  sehari-hari. Namun, menghitung kalori ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. 

Saat Anda mengetahui jumlah kalori yang akan dikonsumsi, maka Anda bisa lebih teliti dalam mengawasi diet yang sedang dijalankan.

Hal-hal yang harus dilakukan saat menjalankan metode perhitungan kalori makanan

Agar diet yang Anda lakukan cepat berhasil, Anda harus mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan saat menggunakan metode ini. Salah langkah, bisa-bisa berat badan Anda bukan turun, tapi mengalami kenaikan berat badan. 

Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan saat menjalani metode perhitungan kalori makanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Catat setiap jumlah kalori, Anda sebaiknya mencatat jumlah kalori yang akan Anda konsumsi setiap harinya, meski Anda dapat mengingatnya, namun untuk menghindari kesalahan dalam mengandalkan ingatan, sebaiknya Anda memiliki catatan khusus.

Alat penghitung kalori, Anda bisa menggunakan buku catatan atau aplikasi di smartphone yang dapat membantu Anda memudahkan dalam menghitung kalori, sehingga Anda dapat membawanya dengan mudah kemanapun.

Gunakan takaran pas, Anda sebaiknya menggunakan takaran yang pas saat menghitung jumlah kalori. Jangan sampai menghitungnya dengan perkiraan atau asal-asalan. Sebab, jika tidak sesuai dengan aslinya, hasilnya akan meleset dari tujuan program diet yang telah direncanakan. 

Gunakan sendok makan, sendok teh, centong, dan yang lainnya.

Gunakan timbangan makanan, Anda dapat menggunakan timbangan makanan untuk memastikan jumlahnya sangat akurat ketika menghitung kalori. Jadi, Anda bisa menimbang makanan tersebut sebelum dikonsumsi. Setelah itu, hitung jumlah kalori atau zat gizi yang sudah dikonversikan. 

Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan alat konversi online untuk mengetahui jumlah kalori makanan tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Menghitung jumlah kalori makanan ringan, Jangan sampai Anda tidak memasukan jumlah makanan ringan yang Anda konsumsi, walaupun makanan ini bukan porsi besar, namun sangat berpengaruh dengan program diet Anda. 

Selain itu, Anda dapat melihat terlebih dahulu informasi nilai gizi yang biasanya ada di kemasan camilan sebelum Anda mengkonsumsinya agar tidak perlu menghitungnya sendiri.

Jangan menunda untuk mencatat, Sebaiknya Anda langsung mencatat kalori makanan yang telah Anda konsumsi saat itu, hindari menunda-nunda dalam mencatat jumlah yang sedang Anda konsumsi. Bawalah catatan atau gadget untuk membantu mempermudah Anda dalam mencatat.

Untuk menjalankan diet dengan metode perhitungan jumlah kalori tidak masalah jika Anda  melakukannya secara manual maupun menggunakan aplikasi bantuan dari gadget Anda. 

Anda bisa menggunakan alat tulis, kertas, gadget, aplikasi online, dan alat lainnya yang mendukung Anda dalam menjalankan diet.

Anda dianjurkan untuk konsisten dalam menghitung jumlah kalori makanan yang akan Anda konsumsi. Usahakan agar telaten dalam menjalani diet ini untuk mendapatkan berat badan ideal dan mencapai target. 


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Calorie checker. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/calorie-checker/)
Food: Calories, how much to eat, and calorie restriction. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/219305)
Food Calculator: Carbs, Calories, Fat, Protein and More. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/healthtool-food-calorie-counter)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app