Kulit Hiperelastik - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Des 10, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apa Penyebab Kulit Yang Hiperelastik?

Kulit normalnya dapat meregang dan kembali ke posisi normal jika kulit dalam kondisi sehat dan terhidrasi dengan baik. Kulit yang hiperelastik atau terlalu lentur merupakan suatu kondisi dimana kulit dapat meregang di luar dari batas normal. Meskipun kondisi ini biasanya bukanlah suatu kondisi yang mengkhawatirkan, namun kulit yang hiperelastik dapat menjadi gejala dari suatu kondisi dan beberapa penyakit. Jika Anda memiliki gejala kulit yang hiperelastik, konsultasikanlah ke dokter Anda.

Apa yang menyebabkan kulit yang hiperelastik?

Zat yang biasa disebut kolagen merupakan suatu zat yang berfungsi untuk mengontrol elastisitas kulit. Kolagen adalah suatu bentuk dari protein yang dapat membentuk sebagian besar jaringan dalam tubuh. Hiperelastisitas terjadi ketika Anda memiliki kolagen yang berlebih.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kondisi kulit yang hiperelastik ini paling sering terjadi pada seseorang dengan sindrom Ehlers-Danlos. Sindrom ini adalah penyakit langka yang mencakup sekelompok gangguan yang mempengaruhi jaringan ikat di dalam tubuh. Terutama pada kulit, sendi, dan dinding pembuluh darah. Jaringan ini terdiri dari campuran sel, serat, protein yang dikenal dengan kolagen dan zat lain yang dapat memberikan kekuatan dan elastisitas pada struktur di dalam tubuh. Kondisi ini dapat disebabkan oleh suatu mutasi gen, dan seseorang dengan kondisi tersebut memiliki sendi yang terlalu fleksibel dan kulit yang mudah rapuh.

Penyakit dan sindrom-sindrom lainnya yang dapat menyebabkan kondisi kulit yang hiperelastik adalah:

Kapan Anda harus pergi ke dokter?

Jika Anda atau anak Anda memiliki kulit yang meregang secara tidak normal atau kulit yang sangat mudah rapuh, diskusikanlah kondisi tersebut ke dokter Anda. Setelah memeriksa kulit Anda, dokter Anda mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit adalah dokter yang ahli dalam pengobatan pada bagian kulit dan penyakit-penyakit yang dapat mempengaruhi kulit.

Beri tahu dokter Anda jika terjadi beberapa hal sebagai berikut:

  • Jerawat yang tumbuh pada kulit Anda
  • Kulit Anda terasa gatal
  • Timbul bercak gatal pada kulit Anda
  • Kulit Anda mudah memar

Mendiagnosis penyebab kulit yang hiperelastik

Jika kulit Anda meregang lebih dari kulit normal pada umumnya, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Setelah melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang gejala-gejala Anda. Pastikan untuk memberi tahu dokter tentang beberapa hal seperti:

  • Waktu pertama kali Anda mulai memperhatikan kulit yang melar atau meregang
  • Jika kondisi kulit yang meregang tersebut terus berkembang
  • Jika Anda memiliki riwayat kulit yang mudah rusak
  • Jika di keluarga Anda ada yang memiliki riwayat sindrom Ehlers-Danlos

Pastikan untuk mencatat gejala-gejala lain yang Anda miliki selain kulit yang meregang atau melar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tidak ada pemeriksaan khusus yang dapat digunakan untuk mendiagnosis kulit yang hiperelastik selain dengan pemeriksaan fisik. Namun, gejala selain kulit yang meregang dapat membantu dokter menentukan penyebab dari kondisi tersebut. Tergantung pada diagnosisnya, dokter Anda mungkin akan melakukan pemeriksaan tambahan.

Bagaimana mengobati kulit yang hiperelastik?

Kulit yang hiperelastik umumnya tidak dapat diobati. Namun, kondisi mendasar yang menyebabkan kondisi ini dapat ditangani. Misalnya, pada sindrom Ehlers-Danlos yang biasanya dapat diobati dengan pengobatan kombinasi seperti terapi fisik dan obat-obatan resep, bahkan tindakan lain seperti pembedahan juga dapat dilakukan. Jika Anda didiagnosis dengan limfoma sel T subkutan, kondisi ini dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan steroid topikal, radiasi, dan kemoterapi. Keberhasilan pengobatan pada kondisi ini dapat mengurangi gejala kulit yang hiperelastik.

Dikarenakan kulit yang hiperelastik ini lebih mudah untuk rusak dan rapuh, oleh karena itu langkah-langkah dibawah ini dapat Anda lakukan untuk mencegah cedera pada kulit di kemudian hari, langkah-langkah tersebut meliputi:

  • Gunakanlah sunscreen saat keluar di bawah sinar matahari.
  • Hati-hati terhadap benda tajam untuk menghindari luka, goresan, atau bekas luka.
  • Jangan menggunakan produk perawatan kulit yang berbahan dasar kolagen tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.
  • Gunakanlah sarung tangan saat menggunakan alat atau saat berkebun.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Owen Kramer, MD, Hyperelastic Skin (https://www.healthline.com/health/hyperelastic-skin), 12 December 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app