HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kebiasaan Sehat

Kiat Mengobati Luka Lecet agar Lekas Sembuh

Dipublish tanggal: Mei 31, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kiat  Mengobati Luka Lecet agar Lekas Sembuh

Kulit tubuh memang memiliki sifat yang rentan terkontaminasi oleh berbagai hal di luar tubuh kita. Salah satunya, kulit kita potensial terkena luka. Kulit Anda akan mudah terluka apabila tidak berhati-hati dalam melakukan aktivitas harian. 

Anda dapat mengalami luka yang bermacam-macam, mulai dari luka dengan skala ringan, sedang dan berat. Tergantung pada seberapa parah Anda mengalami luka atas suatu insiden tertentu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Salah satunya adalah luka lecet. Luka ini merupakan jenis luka yang paling sering terjadi pada kulit. Luka ini dapat timbul akibat kontaminasi kulit dengan benda-benda tertentu seperti pakaian, sepatu, akibat berkeringat dan cuaca yang lembab atau panas.

Kemudian tingkat keparahan luka dapat terjadi dengan hasil yang berbeda-beda tergantung lamanya kontak kulit dan tebal atau tipisnya kulit tubuh tersebut. Beberapa area yang sering mengalami lecet adalah ketiak, selangkangan, kaki dan paha.

Jaga Kulit Tetap Kering

Hal yang harus Anda lakukan supaya terhindar dari luka lecet adalah memastikan keadaan kulit tetap kering dan tidak lembab. Kemudian segera keringkan area-area tertentu yang memungkinkan Anda dapat mengalami luka lecet. 

Karena kondisi kulit yang basah akan membuat kulit lecet menjadi semakin parah, mulai dari ruam merah sampai dengan lapisan kulit yang pecah atau robek. 

Salah satu cara untuk menjaga kulit tetap kering adalah menggunakan bedak tabur atau talc ke bagian tubuh tertentu, sebagai upaya untuk mengurangi kulit yang lembab.

Memilih Pakaian yang Sesuai

Ketika Anda sedang berusaha menghindari atau dalam masa pemulihan luka lecet, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah bijak dalam memilih pakaian. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Usahakan untuk memilih kain dengan bahan sintetis. Sementara waktu hindari penggunaan pakaian dengan bahan katun, karena bahan ini menjadikan keringat dan tubuh Anda tetap basah, sehingga akan memperparah kondisi kulit.

Selain itu pastikan untuk selalu rutin mengganti pakaian dalam waktu yang berkala. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindarkan kulit Anda dari kelembaban. 

Kemudian kenakan pakaian yang memiliki ukuran yang pas, tidak ketat supaya Anda terhindar dari gesekan dan tidak longgar supaya Anda tetap nyaman dalam berpakaian.

Gunakan Lotion atau Krim Pilihan

Anda bisa menggunakan berbagai produk yang bisa mengurangi gesekan antara kulit dengan pakaian yang Anda gunakan. Seperti menggunakan petroleum jelly, body lotion dengan shea butter atau bahkan patch. 

Kemudian Anda harus segera membersihkan diri setelah melakukan aktivitas yang menguras keringat, sehingga kulit Anda yang lembab terhindar dari luka lecet dan tubuh dapat kembali segar.

Kapan Waktu Terbaik Konsultasi dengan Dokter?

Sebenarnya luka lecet yang Anda miliki dapat dengan mudah disembuhkan apabila hanya berkisar pada lecet dengan skala yang ringan. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan luka supaya terhindar dari bakteri yang dapat menimbulkan infeksi. Kemudian segera gunakan petroleum jelly secukupnya pada area luka yang lecet.

Namun Anda harus segera berkonsultasi pada dokter apabila luka lecet yang Anda derita memiliki tingkat keparahan yang berat. Seperti terjadi pembengkakan, berkerak atau bahkan mengeluarkan darah. Biasanya dokter akan memberikan resep berupa salep untuk mengurangi peradangan pada luka. Sehingga pemulihan luka akan lebih cepat.

Apabila Anda mengalami luka yang tidak juga kunjung membaik untuk beberapa hari selanjutnya, maka Anda harus segera kembali berkonsultasi dengan dokter, supaya Anda dapat terhindar dari infeksi akibat luka yang Anda miliki.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Bruises: 10 Remedies. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-bruises)
How to get rid of bruises: 7 effective home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320090.php)
Treatment Tips To Get A Bruise To Heal. WebMD. (https://www.webmd.com/first-aid/helping-bruise-heal)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Lecet pada Area Selangkangan, Apa Penyebabnya?
Lecet pada Area Selangkangan, Apa Penyebabnya?

Makan makanan dan menjaga pola hidup sehat akan membuat Anda tetap sehat, yang akan meningkatkan sistem imun Anda dan membantu Anda melawan infeksi yang bisa menyebabkan lecet pada daerah selangkangan.

Buka di app