Kiat-Kiat Menjalani Lebaran Sehat

Hari raya Lebaran tidak harus menyabotase berat badan Anda. Dengan sedikit pengetahuan, Anda dapat memuaskan hasrat Anda akan masakan tradisional favorit Anda dan tetap menikmati hari raya Lebaran tanpa rasa bersalah. Berikut adalah 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga berat badan saat merayakan hari raya Lebaran.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kiat-Kiat Menjalani Lebaran Sehat

Hari raya Lebaran mungkin menjadi hari libur favorit semua orang. Selain bisa menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, hari raya Lebaran adalah saat dimana kita bisa puas makan makanan hari raya yang kita suka.

Kebanyakan orang berpikir bahwa hari raya Lebaran hanya datang sekali setahun, jadi mengapa tidak pergi berbelanja dan menghabiskan uang? 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Dan makan apapun yang kita suka, sehingga berat badan bertambah 1 kg setiap tahunnya, yang pada akhirnya berat badan tersebut bertambah secara permanen.

Nyatanya, hari raya Lebaran tidak harus menyabotase berat badan Anda. Dengan sedikit pengetahuan, Anda dapat memuaskan hasrat Anda akan masakan tradisional favorit Anda dan tetap menikmati hari raya Lebaran tanpa rasa bersalah

Berikut adalah 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga berat badan saat merayakan hari raya Lebaran.

1. Tetap aktif

Anda bisa membuat defisit kalori dengan berolahraga untuk membakar kalori ekstra sebelum Anda menikmati makanan favorit Anda. Makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak adalah satu-satunya kunci untuk mencegah kenaikan berat badan selama liburan. 

Anda juga bisa menambah waktu olahraga Anda sebelum dan setelah hari raya lebaran, untuk membakar lemak ekstra yang Anda konsumsi saat merayakan hari lebaran.

2. Makan sarapan

Meskipun Anda mungkin berpikir untuk menyimpan selera makan Anda untuk makan besar, para ahli mengatakan makan sedikit di pagi hari dapat memberi Anda lebih banyak kontrol atas nafsu makan. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Mulailah hari Anda dengan sarapan kecil namun memuaskan, seperti telur dengan sepotong roti gandum, atau semangkuk sereal gandum dengan susu rendah lemak. Sehingga Anda tidak akan kelaparan ketika Anda merayakan hari raya.

Mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya protein dan serat sebelum Anda tiba akan menghilangkan selera makan Anda dan memungkinkan Anda untuk lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman Anda.

3. Cobalah untuk memasak makanan dengan kalori yang lebih rendah

Buatlah makanan dengan resep yang mengandung lebih sedikit lemak, gula, dan kalori. 

Ada lebih banyak gula dan lemak pada sebagian besar resep daripada yang dibutuhkan, dan tidak ada yang akan melihat perbedaannya jika Anda membaca kalori dengan menggunakan bahan-bahan berkalori lebih rendah.

4. Awasi porsi makan Anda

Makanan yang berada di meja pada hari raya Lebaran tentunya adalah meja yang berisi penuh dengan berbagai macam makanan. Sebelum Anda mengisi piring Anda, survei meja prasmanan dan putuskan apa yang akan Anda pilih. 

Kemudian pilih porsi makanan dengan porsi wajar.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Jangan sia-siakan kalori yang Anda makan untuk makanan yang bisa Anda makan kapan saja. Isi piring Anda dengan porsi kecil dari makanan yang hanya bisa didapatkan satu tahun sekali.

5. Jangan nambah

Cobalah untuk menahan godaan untuk kembali untuk porsi kedua. Makanan sisa jauh lebih baik untuk dimakan pada hari berikutnya, dan jika Anda membatasi diri pada satu piring, Anda cenderung makan lebih sedikit dan memiliki lebih banyak ruang untuk pencuci mulut yang lezat. 

6. Makan secara perlahan-lahan

Makan secara perlahan-lahan, mengunyah secara perlahan, dan mencicipi setiap suapan adalah salah satu cara termudah untuk menikmati makanan Anda dan merasa puas dengan satu piring penuh makanan. 

Memilih biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, sup berbasis kaldu, salad, dan makanan lain dengan kadar air dan serat yang tinggi dapat menambah perasaan kenyang dengan cepat.

7. Bersikap realistis

Dengan jadwal sibuk dan begitu banyak godaan tambahan, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menjaga berat badan agar tidak naik daripada menurunkan berat badan. 

Oleh karena itu, jangan terlalu memikirkan untuk menurunkan berat badan pada saat lebaran. Anda dapat memulai diet setelah lebaran dengan semangat yang sudah terisi penuh.

8. Fokus pada keluarga dan teman

Hari raya Lebaran bukan hanya tentang makanan yang lezat. Ini adalah waktu untuk merayakan hubungan dengan keluarga dan teman.

Tujuan utama dari bersilaturahmi adalah bersosialisasi dengan keluarga dan teman-teman, menghabiskan waktu berkualitas bersama, bukan hanya fokus dengan yang ada di prasmanan.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
A perfect feast: the healthy way to celebrate Eid. CNN. (Accessed via: https://www.cnn.com/2016/07/04/health/gallery/perfect-feast-celebrate-eid-al-fitr/index.html)
World Health Organization, Staying healthy during Eid. WHO South-East Asia. (Accessed via: http://www.searo.who.int/bangladesh/dieteid/en/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app