HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Kiat Jitu Agar Lidah Anda Suka Makanan Sehat

Namun sebenarnya lidah anda bisa dilatih untuk doyan makan makanan sehat. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai trik untuk membiasakan makan makanan sehat.
Dipublish tanggal: Agu 12, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2020 Waktu baca: 2 menit

Membiasakan diri agar mau makan makanan sehat memang tidak mudah. Pasalnya, makanan yang sehat ini biasanya identik dengan rasa yang tidak enak. 

Dampaknya Anda akan lebih sering makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food.

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

Namun sebenarnya lidah Anda bisa dilatih untuk doyan makan makanan sehat. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai trik untuk membiasakan makan makanan sehat.

1. Mengurangi makan makanan yang tidak sehat secara perlahan

Memang tidak mungkin rasanya kalau Anda langsung saja mengubah pola makan secara drastis. Yang ada Anda justru akan merasa ngidam makanan yang kurang sehat. 

Maka dari itu, silahkan kurangi makan makanan yang tidak sehat secara bertahap.

Ketika Anda setiap hari minum kopi dengan tiga sendok gula maka silahkan kurangi menjadi dua sendok dalam satu bulan. Pada bulan berikutnya Anda dapat mengurangi menjadi satu sendok. 

Selain itu apabila Anda suka membeli cemilan yang tidak sehat setiap hari maka silahkan kurangi tiga sampai dua minggu sekali. Ini dilakukan sampai Anda sudah merasa terbiasa menahan diri sepenuhnya.

2. Melatih lidah agar suka makan makanan sehat

Anda sebaiknya mengurangi makan junk food berlebihan dan memulai makan makanan sehat secara perlahan. Kuncinya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk makan sepiring penuh sayuran. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

Maka lebih baik Anda mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang kecil. Ketika Anda sudah makan sayuran dalam porsi kecil satu sampai tiga kali maka lidah Anda akan terbiasa dengan rasa sayuran.

 Otak pun akan bersugesti kalau sayuran ini memiliki rasa yang enak dan segar.

3. Mencampur dengan makanan yang Anda sukai

Setelah mulai dengan porsi yang kecil namun masih tidak suka dengan makanan sehat maka langkah selanjutnya yaitu mencampur makanan sehat dengan makanan enak. 

Apabila sayuran terasa hambar maka Anda dapat mencoba makanan gado-gado. Saus kacang yang gurih dapat membantu anda meningkatkan cita rasa sayuran. Anda juga dapat menambahkan lauk ikan ketika sedang makan sayuran.

Memang pada awalnya trik ini sangat penting agar Anda bisa menutupi rasa sayur yang masih asing di lidah. Namun, perlahan tapi pasti Anda pun sudah tidak kaget lagi dengan sensasi makan makanan sehat seperti sayuran. 

Otak Anda akan membaca kalau rasa sayuran ini enak dan positif.

Iklan dari HonestDocs
Beli Makanan & Minuman Sehat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 18

4. Menyajikan makanan dengan berbagai warna

Makanan yang pucat dan tidak bervariasi maka akan membuat Anda tidak selera makan. Maka dari itu silahkan siasati dengan menambah jenis sayuran yang berwarna-warni.

Contohnya menambahkan kacang, wortel, tomat, paprika. Makanan yang berwarna merah maka dapat membuat makanan Anda akan terasa lebih nikmat.

5. Menghindari mencium aroma makanan

Terkadang bukan masalah rasa sebuah makanan yang membuat Anda kehilangan gairah untuk makan, namun karena baunya. Olahan makanan yang ditumis akan lebih harum dan segar, bukan hanya direbus. 

Maka usahakan untuk tidak makan di dekat dapur agar aromanya tidak menghantui Anda.

6. Makan sambil mendengarkan lagu

Terdapat penelitian yang menyebutkan kalau makan sambil ditemani lagu klasik, sendu dan berirama lembut maka membuat makanan tersebut terasa lebih nikmat. Kalau Anda mendengarkan lagu yang keras seperti lagu rock maka akan membuat hidangan makanan terasa lebih hambar. 

Jadi, salah satu mencoba makan makanan sehat yaitu sambil menikmati lagu dengan musik yang lembut dan menenangkan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
12 Baby Steps to Optimal Nutrition. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/12-baby-steps-optimal-nutrition)
8 tips for healthy eating. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/eight-tips-for-healthy-eating/)
DASH diet: Healthy eating to lower your blood pressure. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/dash-diet/art-20048456)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app