Ketahui 9 Fungsi Utama Sistem Otot

Jenis otot yang berbeda juga bekerja bersama untuk memungkinkan fungsi-fungsi ini. Misalnya, ketika Anda berlari (otot rangka), jantung Anda memompa lebih keras (otot jantung), dan menyebabkan Anda bernapas lebih berat (otot polos).Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi sistem otot Anda.
Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui 9 Fungsi Utama Sistem Otot

Otot berperan dalam setiap fungsi tubuh. Sistem otot terdiri dari lebih dari 600 otot dan memiliki tiga jenis otot yaitu otot halus, kerangka, dan jantung.

Hanya otot rangka yang bersifat sukarela, artinya Anda dapat mengendalikannya secara sadar. Otot-otot halus dan jantung bekerja tanpa sadar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Setiap jenis otot dalam sistem otot memiliki tujuan tertentu. Anda dapat berjalan karena otot rangka Anda. Anda dapat mencernanya karena otot-otot halus Anda. Dan jantung Anda berdetak kencang karena otot jantung Anda.

Jenis otot yang berbeda juga bekerja bersama untuk memungkinkan fungsi-fungsi ini. Misalnya, ketika Anda berlari (otot rangka), jantung Anda memompa lebih keras (otot jantung), dan menyebabkan Anda bernapas lebih berat (otot polos).

Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang fungsi sistem otot Anda.

1. Mobilitas

Otot rangka Anda bertanggung jawab atas gerakan yang Anda lakukan. Otot rangka melekat pada tulang Anda dan sebagian dikendalikan oleh sistem saraf pusat (SSP).

Anda menggunakan otot rangka setiap kali Anda bergerak. Otot-otot yang bergerak lambat berfungsi lebih baik untuk gerakan yang lebih panjang

2. Sirkulasi

Otot jantung dan halus tak sadar membantu detak jantung dan aliran darah ke seluruh tubuh Anda dengan menghasilkan impuls listrik. Otot jantung (miokardium) ditemukan di dinding jantung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Itu dikendalikan oleh sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk sebagian besar fungsi tubuh.

Miokardium juga memiliki satu nukleus sentral seperti otot polos.

Pembuluh darah Anda terdiri dari otot-otot halus, dan juga dikendalikan oleh sistem saraf otonom.

3. Respirasi

Diafragma Anda adalah otot utama yang bekerja selama pernapasan tenang. Pernapasan yang lebih berat, seperti yang Anda alami selama berolahraga, mungkin memerlukan otot tambahan untuk membantu diafragma. 

Ini bisa termasuk otot perut, leher, dan punggung.

4. Pencernaan

Pencernaan dikendalikan oleh otot-otot halus yang ditemukan di saluran pencernaan Anda. Ini terdiri dari:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

  • mulut
  • kerongkongan
  • perut
  • usus kecil dan besar
  • dubur
  • dubur

Sistem pencernaan juga termasuk hati, pankreas, dan kantong empedu.

Otot halus Anda berkontraksi dan rileks saat makanan melewati tubuh Anda selama pencernaan. Otot-otot ini juga membantu mendorong makanan keluar dari tubuh Anda melalui buang air besar, atau muntah ketika Anda sakit.

5. Buang air kecil

Otot-otot halus dan kerangka membentuk sistem kemih. Sistem kemih meliputi:

Semua otot dalam sistem kemih Anda bekerja bersama sehingga Anda bisa buang air kecil. 

Kandung kemih Anda terbuat dari otot polos, dimana dapat mengeluarkan urin saat otot-otot itu kencang dan menahan urin saat otot-otot tersebut dalam keadaan rileks.

6. Proses melahirkan

Otot-otot halus ditemukan di dalam rahim. Selama kehamilan, otot-otot ini tumbuh dan meregang seiring bayi tumbuh. 

Ketika seorang wanita melahirkan, otot-otot halus rahim berkontraksi dan rileks untuk membantu mendorong bayi melalui vagina.

7. Penglihatan

Soket mata Anda terdiri dari enam otot rangka yang membantu Anda menggerakkan mata. Dan otot-otot internal mata terdiri dari otot-otot halus. Semua otot ini bekerja bersama untuk membantu penglihatan Anda. 

Jika otot-otot ini rusak, penglihatan Anda dapat terganggu. 

8. Stabilitas

Otot-otot kerangka membantu melindungi tulang belakang Anda dan membantu stabilitas. Kelompok otot inti ini termasuk otot perut, punggung, dan panggul. 

Semakin kuat otot inti ini, semakin baik Anda bisa menstabilkan tubuh. Otot-otot di kaki juga dapat membantu menstabilkan Anda.

9. Postur tubuh

Otot rangka Anda juga mengontrol postur. Fleksibilitas dan kekuatan adalah kunci untuk mempertahankan postur yang tepat. 

Otot-otot leher yang kaku, otot-otot punggung yang lemah, atau otot-otot pinggul yang kencang dapat merusak postur Anda. 

Postur yang buruk dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh dan menyebabkan nyeri sendi dan otot-otot yang lebih lemah. Bagian-bagian ini meliputi:

Sistem otot adalah jaringan otot yang kompleks yang vital bagi tubuh manusia. Otot berperan dalam semua yang Anda lakukan termasuk mengendalikan detak jantung dan pernapasan, membantu pencernaan, dan memungkinkan gerakan.

Otot, seperti bagian tubuh lainnya, tumbuh dengan baik ketika Anda berolahraga dan makan dengan sehat. Tetapi terlalu banyak berolahraga dapat menyebabkan sakit otot. 

Nyeri otot juga bisa menjadi tanda bahwa sesuatu yang lebih serius mempengaruhi tubuh Anda.

Kondisi berikut dapat mempengaruhi sistem otot Anda:

Bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini. Dokter dapat membantu menemukan cara untuk mengelola kesehatan Anda. Penting untuk menjaga otot agar tetap sehat dan kuat.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Slide show: Exercises to improve your core strength. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/multimedia/core-strength/sls-20076575)
Lumbar/core strength stability exercises. (n.d.). (https://uhs.princeton.edu/sites/uhs/files/documents/Lumbar.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app