Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Kesulitan Bicara - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 16, 2019 Tinjau pada SEP 16, 2019 Waktu baca: 6 menit
Telah dibaca 887.014 orang

Apa yang menyebabkan gangguan bicara?

Gangguan bicara pada orang dewasa biasanya meliputi gejala-gejala yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dengan berkomunikasi. Contohnya seperti cadel, serakgagap, atau bicara cepat. Tergantung pada penyebab dari gangguan bicaranya, Anda mungkin saja akan mengalami beberapa gejala lain, seperti:

  • Keluarnya air liur yang tidak terkendali
  • Otot-otot wajah yang melemah
  • Kesulitan untuk mengingat kata-kata
  • Kesulitan dalam mengutarakan kata-kata
  • Kontraksi tiba-tiba pada otot-otot suara Anda

Jika Anda tiba-tiba mengalami gangguan bicara, segera cari pertolongan medis. Kondisi ini mungkin merupakan suatu pertanda dari kondisi yang serius, seperti stroke.

Jenis-jenis gangguan bicara pada orang dewasa

Ada beberapa jenis gangguan bicara pada orang dewasa seperti:

  • Afasia merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengekspresikan dan memahami bahasa
  • Disartria biasa disebut dengan bicara cadel
  • Dysphonia spasmodik merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan suara Anda menjadi serak, dan kencang
  • Gangguan suara yang berupa perubahan pada suara dan hilangnya suara yang disebabkan oleh faktor-faktor yang dapat mengubah fungsi atau bentuk pita suara Anda

Penyebab gangguan bicara orang dewasa

Beberapa jenis gangguan bicara dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Anda dapat mengalami gangguan bicara karena beberapa hal dibawah ini, seperti:

  • Stroke
  • Trauma cedera otak
  • Gangguan degeneratif neurologis atau motorik
  • Cedera atau penyakit yang mempengaruhi pita suara Anda
  • Demensia

Tergantung pada penyebab dan jenis gangguan bicaranya, kondisi tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba atau berkembang secara bertahap.

Afasia

Jika Anda kesulitan untuk memikirkan suatu kata atau mengucapkannya dengan benar, Anda mungkin mengalami afasia. Kondisi ini mungkin merupakan gejala dari kerusakan otak yang biasanya disebabkan oleh stroke.

Penyebab lain dari afasia termasuk:

  • Trauma kepala
  • Tumor otak
  • Kondisi degeneratif kognitif, seperti penyakit Alzheimer

Disartria

Disartria dapat terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk menggerakkan otot bibir, lidah, pita suara, atau diafragma. Kondisi ini dapat terjadi akibat kondisi otot dan motorik yang menurun, seperti pada multiple sclerosis, distrofi otot, cerebral palsy, atau penyakit Parkinson.

Penyebab lain dari disartria seperti:

  • Stroke
  • Trauma kepala
  • Tumor otak
  • Penyakit Lyme
  • Kelumpuhan pada wajah, seperti Bell's palsy
  • Gigi palsu yang kencang atau longgar
  • Mengkonsumsi alkohol

Disfonia spasmodik

Disfonia spasmodik adalah kondisi yang mengakibatkan gerakan yang tidak terkendali dari pita suara Anda saat berbicara. Kondisi ini merupakan hasil dari fungsi otak yang abnormal. Penyebab pastinya masih tidak diketahui.

Gangguan vokal suara

Pita suara dan kemampuan bicara Anda dapat dipengaruhi oleh berbagai macam aktivitas, cedera, dan kondisi lainnya, seperti:

  • Kanker tenggorokan
  • Polip, nodul, atau pertumbuhan lainnya pada pita suara Anda
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti kafeinantidepresan, atau amfetamin

Menggunakan suara Anda secara tidak tepat atau untuk jangka waktu yang lama juga dapat menghasilkan kualitas vokal suara yang serak.

Mendiagnosis gangguan bicara pada orang dewasa

Jika Anda tiba-tiba mengalami gangguan bicara, segeralah cari bantuan medis. Kondisi ini mungkin merupakan suatu pertanda kondisi yang dapat mengancam jiwa, seperti stroke.

Jika Anda mengalami gangguan bicara lebih secara bertahap, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Kondisi ini mungkin merupakan suatu pertanda dari kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Kecuali jika gangguan bicara Anda disebabkan oleh penggunaan suara yang berlebihan atau karena infeksi virus, hal tersebut mungkin tidak akan membaik dengan sendirinya dan kondisi tersebut dapat bertambah memburuk. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan diagnosis dan memulai pengobatan sesegera mungkin.

Untuk mendiagnosis kondisi Anda, dokter Anda mungkin akan memulai dengan menanyakan riwayat medis na secara lengkap dan mengevaluasi gejala-gejala Anda. Dokter mungkin akan menanyakan serangkaian pertanyaan kepada Anda untuk mendengar Anda berbicara dan menilai cara bicara Anda.

Hal ini dapat membantu dokter untuk menentukan tingkat pemahaman dan kemampuan berbicara Anda. Kondisi ini juga dapat membantu dokter untuk mengetahui apakah kondisi tersebut mempengaruhi pita suara, otak, atau keduanya.

Tergantung pada riwayat dan gejala medisnya, dokter Anda dapat melakukan satu atau lebih pemeriksaan, seperti:

  • Scan otak dengan menggunakan sinar-X, CT scan, atau MRI
  • Pemeriksaan arus listrik
  • Tes darah
  • Tes urin

Pengobatan untuk gangguan bicara pada orang dewasa

Rencana pengobatan yang direkomendasikan dokter Anda akan tergantung pada penyebab mendasar dari gangguan bicara Anda. Hal ini mungkin melibatkan evaluasi oleh spesialis saraf, otolaryngolist atau spesialis patologi bicara dan bahasa.

Dokter Anda mungkin akan merujuk Anda ke spesialis patologi bahasa yang dapat mengajari Anda cara melakukan latihan untuk memperkuat pita suara Anda, meningkatkan kontrol vokal suara, meningkatkan artikulasi, dan komunikasi yang ekspresif dan dapat dipahami.

Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat merekomendasikan penggunaan alat komunikasi bantu. Seperti contoh, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan perangkat elektronik untuk menerjemahkan pesan yang diketik ke dalam komunikasi verbal.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin juga memerlukan tindakan pembedahan atau prosedur medis lainnya.

Afasia

Untuk membantu mengobati afasia, dokter Anda akan mencoba mengatasi penyebab yang mendasari gejala Anda. Jika kondisi tersebut disebabkan oleh stroke, misalnya, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan dan melakukan operasi.

Anda juga akan mendapatkan evaluasi kognitif-linguistik komprehensif oleh spesialis patologi bicara dan bahasa.

Disartria

Jika Anda didiagnosis menderita disartria, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalani terapi wicara. Terapis Anda mungkin akan melakukan latihan untuk membantu meningkatkan kontrol pernapasan dan meningkatkan koordinasi lidah dan bibir Anda.

Penting juga bagi anggota keluarga Anda dan orang lain disekitar Anda untuk berbicara secara perlahan. Mereka perlu memberi Anda cukup waktu untuk menanggapi suatu pertanyaan dan komentar.

Disfonia spasmodik

Tidak ada obat yang dapat digunakan untuk mengatasi disfonia spasmodik. Tetapi dokter Anda mungkin akan meresepkan pengobatan untuk membantu meringankan gejala-gejala Anda.

Misalnya, dokter mungkin meresepkan injeksi toksin botulinum (Botox) atau pembedahan pada pita suara Anda. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi spasme.

Gangguan vokal suara

Jika Anda didiagnosis dengan gangguan vokal suara, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk membatasi penggunaan pita suara Anda dengan tujuan untuk menyembuhkan atau mencegah kerusakan lebih lanjut pada pita suara Anda.

Dokter mungkin juga akan menyarankan Anda untuk menghindari kafein atau obat-obatan lain yang dapat mengiritasi pita suara Anda. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin memerlukan tindakan pembedahan atau pengobatan medis lainnya.

Mencegah gangguan bicara pada orang dewasa

Beberapa jenis dan penyebab gangguan bicara pada orang dewasa tidak dapat dicegah. Tetapi Anda dapat melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk menurunkan risiko terkena jenis gangguan bicara lainnya. Sebagai contoh:

  • Jangan terlalu sering menggunakan suara Anda dengan berteriak atau memberi tekanan pada pita suara Anda.
  • Menurunkan risiko kanker tenggorokan dengan cara menghindari kebiasaan merokok dan menjadi perokok pasif.
  • Menurunkan risiko cedera otak Anda dengan mengenakan helm saat mengendarai sepeda, peralatan pelindung saat berolahraga, dan gunakan sabuk pengaman saat bepergian dengan kendaraan.
  • Mengurangi risiko stroke dengan berolahraga secara teratur, makan makanan yang seimbang, dan menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol darah yang sehat
  • Batasi mengkonsumsi alkohol

Jika Anda mengalami gejala gangguan suara yang tidak biasa, segeralah cari pertolongan medis. Diagnosis dan pengobatan dini dapat meningkatkan harapan jangka panjang dan membantu mencegah komplikasi. Tanyakan kepada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut tentang kondisi tertentu, pilihan pengobatan, dan harapan Anda.

Jika Anda didiagnosis menderita gangguan bicara atau vokal suara, selalu bawa kartu identitas dengan nama yang disertai dengan kondisi Anda. Jangan lupa untuk menyimpan informasi kontak darurat Anda di saku Anda setiap saat. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi saat-saat ketika Anda mungkin tidak dapat mengomunikasikan kondisi dan masalah kesehatan Anda kepada orang lain.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit