Kenali Ragam 4 Bentuk Tubuh Wanita

Dipublish tanggal: Jul 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kenali Ragam  4 Bentuk Tubuh Wanita

Apakah Anda mengenal bentuk tubuh Anda sekarang? Sebagian besar wanita hanya tahu bentuk badan dibagi menjadi 3 yaitu kurus, sedang, dan gemuk. Anggapan tersebut adalah salah. 

Yang dimaksud bentuk tubuh adalah gambaran tubuh Anda mulai dari bagian atas hingga bawah. Di dunia fashion mengetahui bentuk tubuh akan sangat memudahkan dalam menentukan model baju yang sesuai dengan badan.

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

Tidak hanya itu, bentuk tubuh nyatanya juga berkaitan erat dengan kondisi kesehatan Anda. Memiliki badan ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Namun tidak semua orang terlahir dengan tubuh yang sempurna, malah bisa dikatakan tubuh yang langsing itu sangat mustahil didapatkan. 

Beberapa wanita ada yang memiliki bokong besar, panggul sempit, dada lebar, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin tahu bentuk tubuh Anda, yuk simak ulasan singkatnya dibawah ini.

4 Jenis Bentuk Tubuh Wanita  

Secara umum ada 4 bentuk tubuh wanita yang ada saat ini yaitu apel, segitiga, pir, dan jam pasir. Bentuk tubuh jam pasir dianggap memiliki proporsi tubuh yang bagus dengan pinggul besar, pinggang kecil, dan dada besar.

Nah untuk mengetahui bentuk tubuh Anda, bercerminlah dalam keadaan telanjang tanpa busana. Kemudian fokus pada bentuk torso yaitu apa yang Anda lihat mulai dari tulang rusuk hingga ke pinggang. Berikut ini adalah perbedaan 4 bentuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah:

Bentuk pir

Tubuh dengan bentuk pir memiliki pinggul yang lebar melebihi lingkar dada namun ukuran pinggangnya kecil. Bagian atas tubuh terlihat ramping tapi bagian paha serta bokong tampak padat. Wanita yang memiliki bentuk tubuh pir biasanya mempunyai kaki yang pendek, padat, dan berotot. 

Pemilik bentuk tubuh ini harus bisa mengontrol berat badannya supaya tidak terkena penyakit berbahaya salah satunya seperti sindrom metabolik. Penyakit tersebut disebabkan oleh banyaknya tumpukan lemak yang ada di daerah paha.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Bentuk apel

Lengkungan pinggang tak terlihat karena bentuknya cenderung lurus hampir sejajar dengan lebar panggul. Bagian dada hingga bokong terlihat bulat, tapi bentuk kaki kurus. Ukuran lingkar pinggul, pinggang, dan dada biasanya hampir sama. 

Wanita yang memiliki tubuh ini memiliki banyak timbunan lemak pada tubuh bagian atas. Hal ini bisa memicu risiko berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, penyakit jantung, dan lain-lain.

Bentuk persegi

Bentuk tubuh cenderung rata tanpa adanya lekukan baik di bagian bawah maupun atas tubuh. Kondisi tubuh seperti ini banyak dikatakan tak berisi alias kurus. Karena itulah banyak wanita yang minder jika memiliki bentuk tubuh persegi. Risiko penyakit berbahaya pun bisa dialami terlebih jika tidak bisa mengontrol pola makan yang berlebihan.

Bentuk jam pasir

Banyak wanita yang bermimpi memiliki bentuk tubuh jam pasir. Proporsinya sangat ideal dengan dada yang lebar, pinggang yang ramping, pinggul lebar, serta bentuk kaki yang jenjang dan lurus. Tidak semua wanita bisa mendapatkan bentuk tubuh ini, harus rela bekerja keras agar tubuh terlihat sempurna. 

Mempunyai tubuh dengan bentuk jam pasir memang terlihat indah dan sehat. Namun lagi-lagi masalah kesehatan bisa terjadi jika tidak bisa menjaga pola makannya.

Keempat bentuk tubuh di atas memiliki perbedaan yang cukup mencolok entah itu mengenai proporsi maupun ukuran lingkar pinggang, dada, dan panggul. Apapun bentuk tubuh Anda, sebaiknya tetap jaga kondisi kesehatan agar tidak terkena penyakit berbahaya. Konsumsi makanan yang bergizi dan rajin olahraga supaya berat badan tidak berlebih dan bisa terkontrol.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Simmons K, et al. (2004). Female figure identification technique (FFIT) for apparel part I. (https://textiles.ncsu.edu/tatm/wp-content/uploads/sites/4/2017/11/Istook_full_105_04.pdf)
Moyer AE, et al. (1994). Stress-induced cortisol response and fat distribution in women. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16353426)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app