Ventricular Septal Defect: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ventricular Septal Defect: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu cacat septum ventrikel?

Bayi yang lahir dengan cacat septum ventrikel (VSD) memiliki lubang di dinding jantung mereka antara 2 bilik rendah (ventrikel kanan dan kiri) tempat darah meninggalkan jantung. Dinding ini adalah septum ventrikel.

Darah datang dari tubuh ke atrium kanan. Kemudian mengalir ke ventrikel kanan. Ventrikel kanan memompanya ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen. Selanjutnya, darah mengalir dari paru-paru ke atrium kiri. Kemudian mengalir ke ventrikel kiri, yang memompakannya ke seluruh tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Biasanya, darah tidak bisa lewat di antara ventrikel. Tetapi ketika ada lubang antara sisi jantung, beberapa darah kaya oksigen bocor dari ventrikel kiri ke ventrikel kanan dan kembali ke paru-paru.

Lubangnya mungkin kecil dan tidak menimbulkan gejala, atau mungkin besar dan menyebabkan masalah serius dengan aliran darah. Jika lubangnya besar, terlalu banyak darah akan dipompa ke paru-paru, menyebabkan gagal jantung kongestif.

Selain itu, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke tubuh. Sebagai hasil dari kerja ekstra, jantung bisa menjadi lebih besar.

Cacat septum ventrikel pada anak-anak

VSD adalah cacat lahir jantung yang paling umum. Sekitar 3 dari 1.000 bayi memilikinya.

VSD sering disebut sebagai lubang di jantung. Ini terjadi pada awal perkembangan bayi ketika jantung terbentuk.

Beberapa anak dengan VSD memiliki kelainan jantung lainnya, seperti cacat septum atrium. Beberapa memiliki kondisi genetik lain yang meningkatkan risiko VSD, seperti Down Syndrome.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Gejala Cacat Septum Ventrikel

VSD kecil mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali. Cacat yang lebih besar dapat menyebabkan gejala segera setelah lahir.

Anak-anak mungkin memiliki gejala seperti ini:

  • Bernafas cepat atau paru-paru bekerja lebih keras untuk bernafas
  • Aritmia
  • Sering mengalami infeksi pernapasan
  • Kesulitan makan atau menambah berat badan (gagal tumbuh)
  • Kulit pucat

Cacat besar yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko masalah jantung atau darah di kemudian hari, seperti tekanan darah tinggi di paru-paru.

Mendiagnosis Cacat Septum Ventrikel

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter Anda akan memeriksa anak, memeriksa detak jantung mereka dan menggunakan stetoskop untuk mendengarkan jantung mereka. Pada anak-anak dengan VSD, dokter sering dapat mendengar murmur jantung.

Dokter akan menanyakan detail tentang gejala anak, riwayat kesehatannya, dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

anak kemungkinan besar akan membutuhkan ekokardiografi dan elektrokardiogram.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Mereka mungkin memerlukan tes lain yang menyediakan lebih banyak informasi tentang bagaimana jantung mereka terlihat dan bekerja. Ini termasuk rontgen dada MRI jantung, angiografi, dan kateterisasi jantung.

Mengobati Cacat Septum Ventrikel

anak mungkin tidak memerlukan perawatan untuk VSD. Pada beberapa anak, itu tidak menimbulkan masalah. Atau, jika lubangnya kecil, lubang itu bisa menutup sendiri saat anak tumbuh. Jadi dokter Anda dapat merekomendasikan pemantauan kondisi anak.

Beberapa anak memang memerlukan perawatan karena cacat menyebabkan gejala serius atau serius.

Opsi pengobatan untuk cacat septum ventrikel

Beberapa VSD dirawat dengan menggunakan tabung tipis panjang (kateter) untuk menempatkan alat di jantung yang menutup lubang di septum. Ini disebut kateterisasi jantung. Pasien lain membutuhkan pembedahan untuk menutup lubang dengan jahitan atau tambalan dan mendapatkan aliran darah dengan cara yang benar.

Posisi dan ukuran cacat adalah faktor penting dalam memutuskan perawatan mana yang akan digunakan. Jika cacat besar dan dekat dengan katup jantung, dokter mungkin tidak dapat menutupnya menggunakan kateter; sebagai gantinya, anak akan membutuhkan operasi. Selain itu anak-anak perlu mencapai usia dan berat tertentu untuk mendapatkan kateterisasi.

Beberapa anak yang terlalu muda atau kecil untuk kateterisasi standar mungkin dapat menjalani prosedur hibrid untuk menghindari operasi jantung terbuka. Seorang ahli bedah jantung dan ahli jantung bekerja bersama untuk menempatkan alat penutupan dengan meletakkan kateter melalui dinding jantung.

Membantu Transisi anak ke Perawatan Orang Dewasa

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan jangka panjang anak, rumah sakit memiliki Program Penyakit Jantung Bawaan Dewasa khusus untuk mengalihkan anak ke perawatan orang dewasa ketika mereka sudah siap.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ventricular Septal Defects: Background, Anatomy, Pathophysiology. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/892980-overview)
Ventricular Septal Defect (VSD) (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/vsd.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app