Umbilical Hernia: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 1, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Umbilical Hernia: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa itu hernia umbilikalis?

Hernia umbilikalis terjadi ketika bagian dari usus menggembung ke pusar melalui titik lemah atau lubang di dinding perut. Biasanya, ini menyebabkan pusar kecil "outie". Tapi terkadang tonjolan tersebut membesar.

Kebanyakan hernia umbilikalis tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lainnya. Hernia umbilikalis adalah satu-satunya jenis hernia yang dapat menutup sendiri. Ini bisa memakan waktu hingga sekitar 5 tahun. Jika anak masih menderita hernia umbilical pada usia 4 atau 5, dokter anak akan berbicara dengan Anda tentang cara memperbaikinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Hernia umbilikalis sangat umum terjadi pada bayi. Sekitar 1 dari 5 bayi di Amerika Serikat akan menderita hernia umbilikalis.

Apakah hernia umbilikalis termasuk keadaan darurat?

Kebanyakan hernia umbilikalis bukanlah keadaan darurat. Tetapi dalam kasus yang sangat jarang, usus terperangkap (disebut hernia yang dikurung) di lubang pada pusar. Ketika ini terjadi, anak mungkin merasakan sakit di perut, pembengkakan atau perubahan warna di lokasi hernia, muntah atau demam. Jika anak mengalami gejala-gejala ini, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda atau segera menuju ruang gawat darurat. anak mungkin perlu operasi darurat.

Darurat karena hernia umbilikalis yang dikurung sangat rendah ketika anak masih muda. Remaja dan orang dewasa lebih mungkin mendapatkan hernia umbilikalis yang dikurung, dengan lemak perut atau usus yang terperangkap di dalam lubang.

Gejala Hernia Umbilikalis

Gejala utama hernia umbilikalis adalah tonjolan di pusar anak. Anda mungkin melihat tonjolan dengan lebih mudah ketika anak duduk, menangis atau tegang. Tonjolan ini mungkin tampak rata ketika anak berbaring.

Sebagian besar anak-anak tidak mengalami rasa sakit atau masalah lain dari hernia umbilikalis. Dalam kasus yang sangat jarang, usus terperangkap (disebut hernia yang dikurung) dalam lubang di pusar, dan bisa tersumbat atau terputus dari darah. Jika ini terjadi, anak mungkin mengalami:

Jika anak mengalami gejala-gejala ini, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda atau pergi ke ruang gawat darurat. anak mungkin perlu operasi darurat.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Mendiagnosis Hernia Umbilikalis

Dokter dapat mendiagnosis hernia umbilikalis dengan memeriksa anak. anak mungkin tidak akan memerlukan tes atau prosedur lain untuk mendiagnosis kondisi tersebut.

Mengobati Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis biasanya tidak berbahaya, tidak menimbulkan gejala dan hilang sendiri. Dokter anak akan berbicara dengan Anda tentang operasi untuk memperbaiki hernia umbilikalis jika salah satu dari ini terjadi:

  • Anak masih memiliki hernia sekitar usia 4 atau 5. Jika hernia belum menutup sendiri pada usia ini, maka kemungkinan tidak akan bisa menutup sendiri.
  • Lubang di perut lebih dari sekitar satu inci. Lubang yang lebih lebar dari ini biasanya tidak menutup sendiri. (Ukuran tonjolan biasanya tidak penting.)

Operasi untuk hernia umbilikalis

Pada saat operasi, rumah sakit akan memberikan obat anak (anestesi umum) untuk membuat mereka tidur tanpa rasa sakit. Dokter bedah anak akan membuat sayatan kecil di bagian perut. Dokter bedah akan mendorong dengan lembut jaringan yang menggembung kembali ke perut anak. Selanjutnya, dokter bedah akan menjahit lubang di dinding perut. Akhirnya, dokter bedah akan menutup sayatan.

Operasi ini memakan waktu sekitar 30 menit. anak akan berada di ruang pemulihan selama satu jam lagi. Biasanya anak bisa pulang pada hari yang sama dengan operasi.

Setelah operasi, bantuan tersedia 24/7

Setelah sampai di rumah, Anda harus menjaga luka dan irisan anak bersih dan kering sampai sembuh. Tim bedah akan mengajarkan Anda cara merawat sayatan. Mereka akan memberitahu Anda jika Anda perlu membatasi aktivitas anak untuk sementara waktu. Sebagai tambahan:

  • rumah sakit akan mengirim obat penghilang rasa sakit yang akan membuat anak nyaman.
  • Anda akan diberi nomor telepon sehingga Anda dapat menghubungi staf rumah sakit. Anda dapat menelepon siang atau malam dengan masalah apa pun.
  • Perawat klinik bedah akan menghubungi Anda 5 hingga 7 hari setelah operasi untuk tindak lanjut telepon. Jika semuanya baik-baik saja, Anda tidak perlu kembali ke klinik. Jika Anda atau perawat mengkhawatirkan kesembuhan anak, rumah sakit akan mengatur kunjungan untuk Anda.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cameron JL, et al. Ventral hernias: Incisional, epigastric and umbilical hernias. In: Current Surgical Therapy. 12th ed. Philadelphia, Pa.: Saunders Elsevier; 2017. https://www.clinicalkey.com.
Appleby PW, et al. Umbilical hernia repair: Overview of approaches and review of literature. Surgical Clinics of North America. 2018; 98:561.
Barreto L, et al. Umbilical hernia. BMJ. 2013;347:f4252.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app