Kutu Rambut Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 5 menit
Kutu Rambut Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kutu adalah masalah yang sudah ada sejak lama. Anda dan anak mungkin kesal dan malu memiliki kutu. Walaupun kutu sulit ditangani, mereka tidak menyebabkan kerusakan medis pada Anda atau anak.

Terkena kutu tidak berarti bahwa anak kotor, dan itu bukan pertanda buruknya kebersihan pada anak-anak lain ketika mereka terkena kutu. Beritahu anak bahwa siapapun dapat terkena kutu dan itu bukan sesuatu untuk diejek. Mengobati kutu dengan segera dan memeriksa dengan cermat adalah cara terbaik untuk merawat kutu.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Apa itu kutu?

Kutu adalah serangga yang sangat kecil yang berwarna abu-abu, coklat atau hitam. Mereka menetas dari telur yang disebut telur kutu yang menempel pada rambut yang sangat dekat dengan kulit kepala. Telur kutu adalah telur putih atau abu-abu kecil seukuran biji wijen. Sementara ketombe atau kotoran dari bermain di luar dapat dengan mudah disapu keluar dari rambut, telur kutu tidak mudah disapu bersih. Kutu tidak membawa penyakit dan mereka tidak hidup pada hewan peliharaan. Kutu tidak dapat melompat - mereka hanya bisa merangkak. Mereka biasanya menyebar melalui kontak kepala dengan seseorang yang memiliki kutu. Kecil kemungkinannya, tetapi untuk terkena kutu bisa terjadi karena melakukan kontak dengan barang-barang yang disentuh seseorang.

Bagaimana saya tahu kalau anak saya menderita kutu?

Kutu dapat menyebabkan gatal dan meninggalkan benjolan merah di kulit kepala, di belakang telinga atau di belakang leher. Gatal dari kutu dapat bertahan bahkan setelah kutu hilang.

Bagaimana cara memeriksa kutu anak saya?

Cari telur kutu dan kutu yang merayap hidup. Telur kutu adalah bintik-bintik kecil putih, kuning atau abu-abu yang melekat kuat pada rambut yang dekat dengan kulit kepala. Kutu hidup sulit ditemukan karena mereka bergerak sangat cepat dan menghindari cahaya.

Periksa rambut dan kulit kepala anak di ruangan yang cukup terang. Kaca pembesar dapat membantu.

Perhatikan baik-baik kulit kepala di sekitar telinga, rambut di bagian belakang leher dan di garis bagian.

Jika Anda menemukan bahwa anak memiliki kutu, periksa semua anggota rumah tangga untuk menghindari penyebaran kutu.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Bagaimana cara saya menyingkirkan kutu?

Kutu dapat diobati dengan menggunakan bahan kimia atau dengan metode non-kimia. Anda dapat mengobati kutu sendiri, atau, di beberapa daerah, ada layanan pembersihan kutu. Menggunakan layanan bisa lebih mudah, tetapi juga bisa menghabiskan banyak uang.

Jika anak berusia di bawah 2 tahun atau Anda sedang hamil atau menyusui, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan anak sebelum menggunakan produk kimia apa pun untuk mengobati kutu.

Perawatan Kimia

Anda dapat mengobati kutu dengan produk bebas yang mengandung sampo atau bilasan. Produk yang telah terbukti bekerja dengan baik mengandung 1% permethrin (seperti Nix) atau permethrin (seperti Rid).

Kiat untuk menggunakan perawatan kimia

  • Jangan pernah memulai perawatan kecuali Anda tahu pasti bahwa anak memiliki kutu atau telur kutu.
  • Ikuti semua petunjuk pada produk.
  • Jangan gunakan kondisioner atau sampo dan kondisioner gabungan sebelum menggunakan perawatan kimia.
  • Setelah perawatan, bilas rambut anak di atas bak cuci daripada di pancuran atau bak mandi. Ini untuk menghilangkan sida bahan kimia dari tubuh mereka.
  • Jangan gunakan pengering rambut pada rambut anak setelah perawatan. Beberapa produk mengandung bahan yang mudah terbakar.
  • Produk-produk ini mungkin tidak membunuh semua kutu dan telur kutu. American Academy of Pediatrics sekarang merekomendasikan perawatan ulang dalam 9 hari.
  • Jika produk ini tidak berfungsi, ada produk resep yang dapat digunakan untuk mengobati kutu. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan anak.
  • Kulit kepala anak mungkin masih gatal setelah perawatan. anak mungkin juga mengalami kulit kepala terbakar ringan setelah perawatan.
  • Jika anak alergi terhadap bunga krisan, jangan gunakan produk yang mengandung pyrethrin (Rid).
  • Jangan pernah menggunakan gas atau minyak tanah untuk mengobati kutu.
  • Jangan gunakan semprotan insektisida untuk mengobati kutu. Mereka tidak dapat membantu dan dapat menyebabkan anak terkena bahan kimia berbahaya.

Cara Non Kimia untuk Mengobati Kutu

Anda dapat menghilangkan kutu dengan metode menyisir basah dan/atau menggunakan produk yang mencekik kutu, seperti gel khusus.

Untuk menyisir kutu dan telur kutu

  • Letakkan selembar sprei atau handuk besar di lantai. Tempatkan kursi di atasnya. Cuci rambut anak di wastafel. Jaga rambut -tetap basah saat Anda bekerja.
  • Oleskan gel kutu jika Anda memilih untuk menggunakan gel.
  • Bagilah rambut menjadi beberapa bagian dan jepit setiap bagian dengan jepit.
  • Letakkan sisir untuk telur sedekat mungkin dengan kepala dan tarik perlahan melalui lapisan tipis rambut.
  • Bersihkan sisir dengan tisu setelah setiap sisiran melewati rambut. Buang tisu tersebut. 
  • Ulangi dengan bagian lainnya.
  • Sisir telur kutu setiap hari selama 2 minggu, bahkan jika Anda tidak melihat telur kutu.
  • Jangan menyisir atau menyikat rambut kering. Ini bisa menyebarkan kutu.
  • Cuci semua sprei dan handuk yang digunakan. -Cuci semua sisir dan jepit rambut dalam air sabun panas.
  • Sebuah mesin bernama LouseBuster menggunakan udara panas untuk membunuh kutu. Mesin ini memerlukan pelatihan khusus. -Jangan gunakan pengering biasa untuk mencoba mengobati kutu dengan cara ini. Pengering rambut dapat menyebarkan kutu.

Apa lagi yang perlu dilakukan?

Untuk mencegah kutu menyebar ke orang lain atau kembali:

  • Cuci semua pakaian, selimut dan handuk yang digunakan dalam 3 hari terakhir oleh siapa saja yang memiliki kutu. Gunakan air panas (130 ° F, 54,4 ° C), lalu keringkan dengan pengering setidaknya selama 20 menit. Ingatlah untuk mengubah pemanas air panas Anda kembali ke 120 ° F (atau antara "rendah" dan "sedang") untuk mencegah luka bakar.
  • Laundry pakaian, boneka binatang, tempat tidur dan barang-barang yang tidak bisa dicuci. Atau letakkan barang-barang di dalam kantong plastik tertutup selama 2 minggu.
  • Cuci sisir, sikat, dan aksesoris rambut dengan air sabun yang sangat panas.
  • Bersihkan karpet, furniture berlapis kain, kursi mobil, sandaran kepala dan helm sepeda dan olahraga dengan penyedot debu. Buang kantong penyedot debu setelah selesai. 

Bagaimana saya bisa mencegah kutu?

  • Ajari anak untuk menghindari kontak langsung saat di sekolah, selama olahraga, di taman bermain dan ketika bermain dengan anak-anak lain.
  • Periksa rambut dan kulit kepala anak setiap beberapa hari jika mereka memiliki kontak dengan seseorang yang memiliki kutu.
  • Ajari anak untuk tidak berbagi sisir, sikat, handuk, syal, bandana, jepit rambut, topi atau pakaian. Jangan biarkan anak menolak mengenakan helm karena takut kutu. Jika mereka tidak memiliki helm mereka sendiri, lebih baik berbagi daripada tidak memilikinya.
  • Pisahkan mantel anak-anak, topi, dan barang-barang lainnya dari barang-barang anak-anak lainnya di sekolah.

Bisakah anak saya pergi ke penitipan anak atau sekolah?

Periksa dengan penyedia penitipan anak, prasekolah atau sekolah untuk kebijakan mereka tentang kutu. Kutu bukanlah bahaya kesehatan, tetapi beberapa sekolah masih memiliki kebijakan menjaga rumah anak-anak sampai mereka tidak punya telur kutu.

Berapa lama biasanya perawatan berlangsung?

Berurusan dengan kutu bisa melelahkan dan membuat frustrasi. Tetap berusaha dan ketahuilah bahwa menyisir dan binatu tambahan tidak akan bertahan selamanya.

Hubungi penyedia layanan kesehatan anak jika anak masih memiliki kutu setelah 2 minggu perawatan, jika kulit kepala mereka terinfeksi atau jika Anda memiliki pertanyaan.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Parasites: Lice: Head lice. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/parasites/lice/head/treatment.html.
Parasites: Lice: Head lice. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/parasites/lice/head/prevent.html.
Ylang ylang oil. Natural Medicine Comprehensive Database. http://www.naturaldatabase.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app