Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Anak

Infeksi Pinggul Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 619.875 orang

Apa itu infeksi pinggul?

Infeksi pinggul terjadi ketika kuman masuk ke tulang atau sendi dan bereproduksi. Virus, bakteri, jamur, dan parasit semuanya dapat menyebabkan infeksi.

Kulit kita biasanya mengandung bakteri. Kuman inilah yang paling sering menyebabkan infeksi pada tulang dan persendian. Bakteri yang disebut Staphylococcus aureus (staph aureus) menyebabkan sekitar 9 dari 10 infeksi tulang dan sendi pada anak-anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Infeksi pada tulang dan sendi dapat menyebabkan rasa sakit dan cacat. Tetapi dengan perawatan yang tepat, hampir semua infeksi dapat disembuhkan sebelum menyebabkan masalah serius.

Infeksi pinggul pada anak-anak

Infeksi pinggul pada anak-anak tidak terlalu umum.  Anak-anak yang berusia antara 2 dan 5 tahun kemungkinan besar mengalami infeksi pinggul. Anak-anak mendekati usia remaja mereka juga mendapatkannya.

Gejala Infeksi Pinggul

Gejala infeksi di pinggul meliputi:

  • Rasa sakit
  • Pembengkakan
  • Terasa hangat atau timbul kemerahan di sekitar sendi pinggul atau sendi lainnya

Mendiagnosis Infeksi Pinggul

Pertama, dokter akan memeriksa anak, mencari tanda-tanda infeksi. Dokter menggerakkan kaki anak untuk melihat apakah kakinya kaku atau tidak bisa bergerak seperti biasanya. Dokter juga akan memeriksa untuk melihat apakah pinggul anak atau sendi lainnya bengkak, hangat atau merah (meradang).

Dokter akan mengambil radiografi untuk mencari tanda-tanda pembengkakan dan perubahan pada tulang dan sendi anak.

Jika dokter tidak melihat tanda-tanda infeksi pada radiograf, mereka akan meminta anak melakukan pemindaian tulang atau pemindaian MRI (magnetic resonance imaging). Mereka juga dapat mengeluarkan cairan dari sendi panggul menggunakan jarum.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Opsi Perawatan untuk Infeksi Pinggul

Dokter mengobati sebagian besar infeksi tulang dan sendi dengan memberikan obat pada anak-anak yang membunuh bakteri (antibiotik). Jika anak sakit keras, mereka mungkin perlu minum obat melalui jalur infus. Jika anak membutuhkan infus, mereka harus berada di rumah sakit selama 4 atau 5 hari. Selama anak tinggal di rumah sakit, dokter dapat meminta beberapa tes darah yang membantu menunjukkan seberapa baik pengobatan bekerja. Rumah sakit juga dapat meminta anak menjalani pemindaian MRI, sinar-X, ultrasonografi, atau CT (computed tomography) untuk melacak perkembangan.

Operasi invasif minimal untuk infeksi pinggul

Terkadang anak yang sangat sakit harus dioperasi. Ini karena infeksi pinggul dapat menyebabkan nanah terbentuk di sendi, dan nanah biasanya harus dikeringkan. Untuk mengeringkan nanah, dokter biasanya akan membuat sayatan kecil di bagian depan paha tepat di bawah sendi panggul.

.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit