Bagaimana Mengatasi Ketiak Hitam?

Dipublish tanggal: Jun 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Mengatasi Ketiak Hitam?

Ketiak memang merupakan bagian tubuh yang tidak terlalu tereksplorasi jika Anda biasa menggunakan pakaian tertutup. Namun, bukan berarti berbagai permasalahan pada ketiak, seperti semisalnya ketiak hitam bisa begitu saja dibiarkan. 

Sebab kondisi hitamnya ketiak bukan hanya berpengaruh pada tampilan visual yang mengganggu, namun bisa menjadi tanda-tanda penyakit serius pada tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Penyebab kehitaman pada ketiak

Ada berbagai penyebab kenapa ketiak bisa terlihat begitu hitam, pertama adalah karena kebiasaan sederhana seperti mencukur bulu ketiak. Konon cara paling ampuh untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan melakukan waxing

Tapi jika pun Anda tidak terbiasa dengan waxing dan masih mau melakukan proses cukuran bulu ketiak maka sebaiknya mengoleskan krim lebih dulu sebelum mencukur bulu ketiaknya.

Kebiasaan yang tidak disadari kedua sebagai penyebab ketiak hitam adalah sering bergonta-ganti deodorant. Biasanya wanita kerap mengganti deodorant karena berbagai alasan, bisa karena promo, bisa juga karena ada varian baru dari merk lain yang terkesan lebih menarik untuk digunakan. 

Padahal hal sederhana ini bisa menjadi sebab kenapa ketiak Anda mudah menghitam ketika tidak dicukur sama sekali.

Kebiasaan melupakan ketiak untuk dibersihkan secara rutin bisa menimbulkan efek penumpukan daki pada ketiak. Ketika daki sudah menumpuk ini otomatis kulit ketiak akan mudah menghitam, bukan hanya menimbulkan bau, namun juga membuat ketiak menjadi sulit dibersihkan. 

Untuk itu meskipun bagian ketiak adalah bagian tubuh tertutup, namun Anda harus sering melakukan pembersihan pada ketiak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Cara mengatasi ketiak yang hitam

Berbagai penyebab sederhana ketiak hitam di atas bisa Anda atasi dengan cara tidak melakukan kebiasaan tersebut. Lantas bagaimana perawatan yang bagus supaya ketiak tidak tampak hitam dan selalu sehat? 

  • Pertama, Anda bisa menerapkan lemon pada ketiak Anda. Cara paling jitu untuk menggunakan lemon cukup dengan membelah dua dan mengoleskannya pada ketiak selama 15 menit.
  • Bahan alami kedua yang bisa digunakan untuk menyehatkan ketiak serta menghilangkan noda hitam dari ketiak adalah tomat. Cara penggunaan tomat untuk memutihkan ketiak juga sama dengan proses penggunaan lemon. 
  • Kemudian jika Anda ingin hasil yang maksimal Anda bisa mengoleskan jus lemon tentu saja tanpa gula kepada ketiak dan didiamkan selama semalaman penuh demi mencapai hasil maksimal.
  • Bahan berikutnya untuk menghilangkan noda hitam pada ketiak adalah masker kunyit. Untuk membuat masker kunyit ini Anda membutuhkan bantuan air perasan lemon untuk melunakkan bubuk kunyit tersebut. 

Ketika pemakaian selama 12 sampai 15 menit Anda akan disarankan menggunakan kemben karena zat warna dari kunyit dikhawatirkan bisa memengaruhi pakaian Anda jika tidak menggunakan kemben.

Penyakit serius dari hitamnya ketiak

Kondisi ketiak yang hitam tidak hanya berpengaruh pada penampilan sehari-hari Anda, namun juga bisa menimbulkan penyakit serius, seperti diabetes. Konon salah satu ciri-ciri diabetes yang bisa terdeteksi secara kasat mata adalah munculnya bagian-bagian tubuh yang menghitam. 

Noda-noda hitam itu bisa muncul di berbagai tempat, seperti beberapa lokasi lipatan pada kulit seperti halnya noda hitam pada ketiak.Orang dengan diagnose penyakit diabetes jika sudah mengalami kehitaman pada bagian-bagian kulit tertentu dipercayai memiliki kadar gula yang berlebihan. 

Tapi di sini Anda juga harus bisa membedakan kondisi kehitaman yang muncul kepada ibu hamil karena konon kondisi seperti ini tidak termasuk diagnose diabetes. Konsultasi dengan dokter adalah langkah tepat menghadapi kondisi seperti ini. 

Dari mulai penampilan sampai dengan kesehatan yang terganggu bisa dilihat dari ketiak.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Natural Armpit Whitening: home remedies, natural, effective, causes how to whiten dark underarms fast. (http://www.skincareorg.com/skin-whitening/natural-armpit-whitening-causes-remedies-how-effective-underarm-bleaching/)
13 Natural Remedies To Get Rid Of Dark Underarms (http://healthnbodytips.com/natural-remedies-to-get-rid-of-dark-underarms.html/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app