Kenali Asma Pada Anak

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Asma Pada Anak

Asma bisa terjadi pada siapapun dan usia berapapun. Akan tetapi asma lebih sering terjadi mulai saat usia anak-anak. Gejala asma yang timbul pada anak-anak dan orang dewasa tidaklah sama. Sehingga cara penngananyapun berbeda..

Saat asma kambuh ini sangat membuat anak-anak merasa tidak nyaman. Mereka sangat terganggu saat bernapas. Biarpun asma tidak bisa disembuhkan Anda bisa melalukan penanganan untuk mengurangi gejala yang timbul dari asma.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kenali aspek pemicu asma

Penanganan asma pada anak-anak tidaklah mudah. Karena pemicu asma pada usia anak-anak bervariasi. Berbeda dengan kondisi orang dewasa yang biasanya disebabkaan oleh hal-hal yang cenderung konsisten.

Ada beberapa faktor yag diketahui dapat menyebabkan asma pada anak-anak. Termasuk diantarannya adalah faktor keturunan atau genetik. Mereka sudah mempunyai bibit untuk terjangkit asma. 

Selain itu asma juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti  misalnya debu, asap rokok, udara dingin atau panas yang terlalu ekstrim. Kondisi tersebut dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan.

Kenali gejala yang muncul pada anak

Untuk penaganan yang cepat dan tepat Anda perlu mengenali gejala yang muncul pada anak. Gejala asma pada anak-anak sangat mirip dengan gejala ganggguan pernapasan lainnya. Hal ini jika Anda tidak jeli dalam mngenali gejalanya Anda tidak akan tahu kalau anak  Anda megalami asma.

Kenali beberapa gejala asma berikut:

  • Batuk yang tidak kunjung sembuh
  • Mudahh kelelahhan
  • Terdapat suara seperti siul saat bernapas
  • Napasnya pendek
  • Merasa ada tekanan di daerah sekitar dada

Setiap anak mempunyai gejala yang bebeda-beda. Ada beberapa dan pada situasi tertentu mengalami gejala yang lebih serius.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Anak berbicara dengan terbata-bata
  • Napas yang teregah-engah
  • Berkeringat tanpa alasan
  • Napas terasa berat sehingga perutnya mengempis

Jika anak mengalami kondsi tersebut segera bawa ke dokteruntuk medapatkan penanganan yang tepat.

Mendiagnosis asma pada anak

Ketika Anda mendapatkan beberapa gejala asma pada anak Anda segerlah berkonsultasi dengan dokter. Diagnosis lebih dini akan lebih bagus sehingga Anda dan dokter dapat melakukan tindakan yang bisa mencegah anak mengalami asma.

Dokter akan mengalami sedikit keusulitan saat mendiagnosis anak di bawah usia 5 tahun. Karena bisanya anak belum bisa berpartisipasi dalam proses pemeriksaan yang dilakukan dokter. Jadi dokter akan mengggunakan informasi dari Anda untuk mendiagnosisnya. 

Ini biasanya akan berjalan agak lama bisa sampai berbulan-bulan karena proses pertumbuhan anak juga diperhaikan untuk membantu proses diagnoisis asma pada anak.

Untuk anak anak usia 5 tahun dokter akan memeriksanya dengan memina anak untuk menghela napas sekuat mungkin pada  suatu alat (spirometer) yang digunakan untuk mendeteksi kapasitas dan fungsi paru-paru.

Merawat dan menangani asma pada anak

Dalam proses pegbatan tiddak bisa diputskan dan dilakukan oleh satu pihak saja. Dalam proses ini Anda perlu bekerja sama dengan dokter dan anak Anda. Dokter akan membantu Anda dalam perancangan penanganan asma pada anak Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Rencana penanganan ini berupa persediaan obat-obatan yang harus diberikan pada anak dan konsep pemberian obat tersebut. Selain itu dokter juga akan memberikan saran tentang aktivitas atau hal-hal yang boleh dilakuan anak.

Pemberian obat-obatann jangka panjang juga dikenal efektif dalam membantu prooses pencegahan gejala asma. Obata-obatan ini dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Oleh karena itu tujuan dari pemberian obat-obatan ini disebut sebagai controllers.

Pada bayi dan anak kecil, corticosteroid akan diberikan melalui nebulizer dengaan melalui masker wajah yang terdapat selang platik (spacer) yang berfungsi sebagai penyimpan volume supaya obat dapat mencapai paru-paru.

Untuk pertolongan pertama saat gejaala asma muncul Anda bisa memberikan Inhaler darurat yang akan bekerja dari dalam dan mencapai saluran pernapasan dengan cepat dan meredakan peradangan.

Apabila gejala asma dipicu oleh factor alergi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis aergi anak. Pemberian obat tambahan dari dokter sppeilis akan membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan dari asma.

Kesimpulan

Asma memang tidak dapat disembuhkan, tetapi Anda bersama dokter dapat mengontrolnya melalui penanganan yang tepat. Perencanaan dalam pemberian obat-obatan dan pertolongan perama saat anak mengalami asma merupakan tidakan yang bagus. 

Mengkondisikan pola aktifitas anak juga sangat membantu mereka dalam menjaga kesehtanya. Anda tidak perlu terlalu cemas dengan kondisi anak Anda, yang perlu Anda lakukan adalah tetap optimis. Tugas Anda menemani dan mendorong anak-anak Anda tumbuh dengan baik.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Natural medicines in the clinical management of asthma. Natural Medicines. https://naturalmedicines.therapeuticresearch.com.
Martin RJ. Complementary, alternative, and integrative therapies for asthma. https://www.uptodate.com/contents/search.
So you have asthma. National Heart, Lung, and Blood Institute. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/asthma.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app